Macam-macam Cara Panggilan Hormat Orang Jepang

Table of Contents

Akhiran Di belakang Nama Orang Jepang

Tentu kalian pasti pernah mendengar akhiran-akhiran yang ditambahkan pada nama orang jepang. Seperti kata ~kun, ~chan, dan masih banyak lagi. Penggunaan akhiran-akhiran tersebut ternyata memiliki arti dan kegunaan. Berikut ini adalah daftar akhiran nama orang di jepang.



Macam-macam Akhiran Panggilan Orang Dalam Bahasa Jepang

Berikut ini adalah akhiran yang digunakan pada nama orang jepang.


  1. ~ sama
    Penggunaan akhiran ~ sama, merupakan bentuk kata sopan yang digunakan kepada orang yang peringkat paling tinggi dan kita hormati. Kata ~ sama dapat digunakan pada laki-laki maupun perempuan. Contohnya kita gunakan pada orang yang lebih tua atau lebih tinggi derajatnya dari kita.
  2. ~ shi
    Penggunaan akhiran ~ shi, sudah jarang didengar. Dulu digunakan untuk menunjuk Bapak atau Ibu yang memiliki nama clan dan digunakan untuk menunjuk pada sekelompok orang.
  3. ~ dono
    Penggunaan akhiran ~ dono, sering kita dengar pada film atau anime-anime yang bertema samurai. Kata akhiran ~ dono berada setingkat dibawah akhiran ~ sama. Kata akhiran ~ dono menandakan rasa hormat yang mengarah pada pengertian "tuan..".
  4. ~ sensei
    Penggunaan akhiran ~ sensei, sudah sering kita dengar, namun hanya sebatas pada guru saja. Sebenarnya penggunaan kata ~ sensei, ditujukan pada seseorang yang menguasai profesi dan bidang ilmunya. Penggunaan kata sensei sendiri dapat digunakan untuk menunjuk pada guru, dokter, dokter, kaligrafer, penilai lukisan, dan masih banyak lagi.
  5. ~ senpai / ~ sempai
    Penulisan kata senpai dibaca sebagai sempai. Penggunaan akhiran ~ senpai, sendiri sangat tidak asing. ~ senpai menunjuk pada seseorang yang lebih tua dari kita dalam tingkatan ukur tertentu seperti kelas, atau urutan pengalaman. Senpai bisa diartikan sebagai senior. Kata akhiran ~ senpai tidak cocok digunakan pada kakak kita atau seseorang yang memiliki hubungan keluarga dengan kita.
  6. ~ san
    Penggunaan akhiran ~ san, juga sering kita dengar. Akhiran ~ san merupakan bentuk kata normal, yang digunakan kepada orang yang baru kita temui atau kita masih belum kenali baik atau akrab.
  7. ~ chan
    Penggunaan kata ~ chan, menunjuk pada anak kecil atau orang yang udah akrab dengan kita
  8. ~ kun
    Penggunaan kata ~ kun, menunjuk pada pria yang usianya tidak beda jauh dari kita atau yang di bawah kita. Perhatikan akhiran ~ kun menunjuk hanya kepada laki-laki.
  9. langsung nama
    Kita dapat memanggil seseorang dengan hanya menyebut namanya atau nama depannya jika sudah akrab. Memanggil nama langsung hanya dilakukan untuk orang yang derajatnya dibawah kita atau teman sebaya yang memperbolehkan. Memanggil nama langsung pada orang yang baru kita kenal dapat dianggap sebagai sebuah sifat tidak sopan.


Baca Juga