Perbedaan dare ( 誰 ) dan donata ( 何方 ) – Bahasa Jepang

Table of Contents

Sebelumnya telah kita lihat tentang bagaimana perbedaan antara nani ( なに ) dan nan ( なん ). Pada kali ini kita akan melihat perbedaan dari dare ( 誰 ) dan donata ( 何方 ).


Jika kita terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, keduanya memiliki arti yang serupa, yaitu: "siapa ?". Tapi jika kita melihat secara penulisan huruf kanji nya, maka penulisan-nya akan berbeda. Kata dare jika ditulis kedalam huruf kanji menjadi yang artinya "siapa", dan kata donata memiliki tulisan kanji 何方 yang artinya juga sama "siapa".



Dimana perbedaan donata ( 何方 ) dan dare ( 誰 ) ?

Setelah kita melihat penulisan kanji dari dare ( 誰 ) dan donata ( 何方 ) ternyata penulisan-nya berbeda. Tentu saja kita pasti berpikir apakah pengertian hurufnya memang berbeda ? .


Secara umum penggunaan kata dare ( 誰 ) dianggap memiliki tingkat kespontanan yang sedang, atau bisa dibilang sering digunakan secara umum tapi tidak bisa dibilang kasar untuk pengertiannya. Jika kita mengibaratkan maka kata dare ( 誰 ) bisa di ucapkan (digunakan) untuk orang yang lebih muda dari kita, untuk orang yang seusia dengan kita, dan untuk orang yang lebih tua dari kita. Tanpa mengurangi tingkat menghormati. Lalu bagaimana dengan kata donata ( 何方 ) ?. Kata donata ( 何方 ) memiliki pengertian yang lebih sopan di bandingkan dare ( 誰 ). Jika kita berbicara dengan orang yang lebih tua, lebih baik kita menggunakan kata donata ( 何方 ) dari pada dare ( 誰 ). Apalagi jika kita berbicara dengan orang yang memiliki posisi atau derajat lebih tinggi dari kita.


Untuk menggunakan kalimat tanya dare ( 誰 ) dan donata ( 何方 ), umumnya kita akan menggunakan kata desu ka ( です か ) pada akhir kalimat-nya. Hal ini menandakan bahwa kalimat tersebut merupakan bentuk kalimat tanya.



Rumus :

Subjek + dare / donata ( 誰 / 何方 ) + Desu ka ( です か ) ?


Contoh :

1. A: みって みって、 この しゃしん。
mitte mitte, kono shashin.
lihatlah, foto ini.


B: これ は だれですか
kore ha(wa) dare desu ka ?
ini siapa ?


A: あ。。。あれ は ビルさん ですよ。 おもいませんか
a.... are ha(wa) biru-san desu yo. omoimasen ka
a……… itu biru-san loh. Apakah tidak ingat ?



2. A: しつれいですがどなたですか
shitsurei desu ga donata desuka ?
Maaf sebelumnya, dengan siapa ya?


B: わたしは べんごしです
Watashi ha (wa) bengoshi desu.
Saya adalah pengacara.



Menanyakan Kepemilikan dengan dare / donata (誰 / 何方)

Kata dare/donata (誰 / 何方) , selain digunakan untuk menanyakan siapa, bisa juga digunakan untuk menanyakan kepemilikian suatu benda. Umumnya diterjemahkan sebagai "miliki siapa ?".


Jika kita ingin menanyakan tentang kepemilikian suatu benda, maka umumnya kita akan menggunakan partikel no (の) untuk menanyakan benda miliki siapa. Untuk pola rumusnya dapat dilihat pada rumus di bawah ini.



Rumus

dare/donata (誰 / 何方) + no (の) + K. Benda


Berikut adalah beberapa contoh kalimatnya :

この みせ だれ/どなた のですか
Kono mise dare / donata no desu ka ?
Toko ini milik siapa ? (menyatakan siapa pemilik toko tersebut)


このしけんのゼロてん、 だれのですか
Kono shiken no zero ten, dare no desu ka ?
Hasil ujian yang mendapat nilai nol ini, milik siapa?


Kosakata:

みる ( 見る ) = miru = melihat
おもい ( 思い ) = omoi = mengingat
しつれい ( 失礼 ) = shitsurei = permisi (ketidaksopanan)
べんごし ( 弁護士 ) = pengacara
みせ = ( 店 ) = toko
ゼロ てん ( 零点 ) = zero ten = nilai nol
しけん ( 試験 ) = shiken = ujian




Baca Juga