Kata Tunjuk Tempat Kochira ( こちら ), Sochira ( そちら ), Achira ( あちら ) - Bahasa Jepang

Table of Contents

Sebelum-nya kita telah melihat banyak jenis kata tunjuk mulai dari kata tunjuk koko ( ここ ), soko ( そこ ), asoko ( あそこ ), lalu kata tunjuk kono ( この ), sono ( その ), ano ( あの ), kemudian kata tunjuk kore ( これ ), sore ( それ ), are ( あれ ). Pada artikel kali ini kita akan melihat kata tunjuk tempat yang lain-nya yaitu kata tunjuk "kochira ( こちら ), sochira ( そちら ), achira ( あちら ), dan dochira ( どちら )".

Mengenal kata tunjuk kochira (こちら), sochira (そちら), achira (あちら)

Mungkin ini memang sedikit memusingkan, pada umum-nya kata tunjuk kochira (こちら), sochira (そちら), achira (あちら) sama dengan kata tunjuk kore ( これ ), sore ( それ ), are ( あれ ). Untuk menyederhanakan-nya kalian dapat melihat terjemahan dari ketiga kata tersebut.

  • Kochira (こちら) = di sebelah sini
  • Sochira (そちら) = di sebelah situ / di sebelah sana
  • Achira (あちら) = di sebelah situ / di sebelah sana
  • Dochira (どちら) = di sebelah mana


Bagaimana Membedakan Penggunaan kochira ( こちら ) dan kore ( これ ), sochira (そちら) dan sore ( それ ), atau achira ( あちら ) dan are ( あれ )

Perhatikan bahwa kata kore ( これ ) yang artinya di sini dan kochira ( こちら ) yang artinya di sebelah sini pada umum-nya memiliki terjemahan yang hampir sama. Sebagai contoh disini ada kue dan di sebelah sini ada kue. Namun jika kita perhatikan secara seksama kata disini ada kue bersifat menginformasikan tanpa ada ajakan, sedangkan di sebelah sini ada kue memiliki pengertian untuk mengajak ke arah (sini) yang memiliki kue. Untuk lebih jelas-nya kita dapat melihat contoh kalimat penggunaan kochira (こちら), sochira (そちら), achira (あちら) di bawah ini.



Contoh Penggunaan kata kochira (こちら), sochira (そちら), achira (あちら)


Penggunaan kata kochira (こちら)

kochira ( こちら ) yang artinya "di sebelah sini", digunakan untuk memberitahukan arah suatu tempat yang lokasi-nya dekat dengan subjek atau si pembicara.


Rumus :

Kalimat + kochira ( こちら ) + ni / he ( に / へ ) + Kata Kerja~masu

Contoh :

かのじょ が こちら へ きます
彼女 が 此方 へ 来ます
kanojo ga kochira he kimasu
Dia(Perempuan) datang di sebelah sini.



Penggunaan kata sochira ( そちら )

sochira (そちら) yang artinya "di sebelah situ/ di sebelah sana", digunakan untuk memberitahukan arah suatu tempat yang lokasi-nya dekat dengan pendengar atau lawan bicara dan jauh dari si pembicara.


Rumus :

Kalimat + sochira ( そちら ) + ni / he ( に / へ ) + Kata Kerja~masu

Contoh :

わたし は あした に 、そちら へ きます 。
私 は 明日 に、 其方 へ 来ます。
watashi ha(wa) ashita ni, sochira he kimasu.
saya akan datang kesana besok.



Penggunaan kata achira ( あちら )

achira ( あちら ) yang artinya "di sebelah situ/ di sebelah sana", digunakan untuk memberitahukan arah suatu tempat yang lokasi-nya jauh dari pembicara maupun pendengar atau lawan bicara. Selain itu kata achira ( あちら ) juga dapat digunakan untuk menyebut sesuatu yang tidak terlihat tapi dipahami maksud-nya oleh pembicara dan lawan bicara.


Rumus :

Kalimat + achira ( あちら ) + ni / he ( に / へ ) + Kata Kerja~masu

Contoh :

トイレ は あちら に あります
toire ha(wa) achira ni arimasu.
Toilet ada di sebelah sana.



Penggunaan kata dochira (どちら)

dochira (どちら) memiliki pengertian "di sebelah mana, ke arah mana, dari mana dan dimana". Kata dochira (どちら) ini digunakan untuk menanyakan tempat yang belum kita ketahui. Umumnya kata dochira (どちら) digunakan pada kalimat tanya dan sering diakhiri dengan kata ます か ( masu ka )


Rumus :

Kalimat + dochira (どちら) + ni / he ( に / へ ) + Kata Kerja~masu + ka ( か )

Contoh :

あなた は どちら の しゅっしん ですか。
貴方 は どちら の 出身ですか。
anata ha(wa) dochira no shusshin desu ka .
Anda berasal dari mana ? (aslinya orang mana)



Selain kata di atas, ada juga terkadang kita mendengar kata kocchi ( こっち ), socchi (そっち ), dan acchi ( あっち ). Ketiga kata ini artinya adalah kesini, kesana, kesana. umum-nya kata tersebut berasal dari kata kochira (こちら), sochira (そちら), dan achira (あちら). Kata kochira ( こちら ) mengalami perubahan menjadi kocchi (こっち), yang artinya "sebelah sini". Secara penerapan kata tersebut dianggap kurang sopan dan lebih bersifat perintah.


Contoh :

こっち へ こい
こっち へ 来い
kocchi he koi
datang ke sini! (kalimat perintah)



Baca Juga