Penggunaan Kata dore ( どれ ) Dalam Bahasa Jepang

Table of Contents

Penggunaan Kata dore ( どれ ) Sebagai Kata Tunjuk

Sebelumnya kita telah mengenal ada tiga jenis kata tunjuk yang digunakan untuk menunjuk kata benda. Kali ini kita akan belajar bagaimana kata dore ( どれ ) ini digunakan, khususnya apa kaitan-nya dengan ketiga kata tunjuk tersebut ( kore これ, sore それ, are あれ).



Pengertian Dore Dalam Bahasa Jepang

Sebelumnya kita harus mengetahui apa itu dore ( どれ ) ? Karena sebelumnya kita telah mengenal ketiga kata tunjuk yang digunakan untuk benda dalam bahasa jepang dengan cukup baik maka harus-nya kata dore ( どれ ) ini lebih mudah untuk dipahami. Karena kata tunjuk dore ( どれ ) ini, merupakan kata tunjuk tidak langsung yang dapat dipadukan dengan ketiga kata tunjuk benda tersebut ( kore これ, sore それ, are あれ).


Dore digunakan untuk memberikan pertanyaan atau melontarkan pertanyaan yang mana kita menanyakan tentang suatu benda yang dapat digolongkan kedalam dua buah pilihan atau bahkan bisa lebih dari dua dan kita ingin mengetahui kepastian yang mana dari benda-benda tersebut yang ditanyakan oleh si pembicara. Untuk lebih mudahnya mari kita lihat bagaimana penggunaan-nya.


Secara umum kata dore ( どれ ) dalam bahasa Indonesia dapat diterjemahkan menjadi kata "yang mana ? "


Penggunaan

Pada Studi kasus kali ini saya akan memberikan sebuah contoh yang dalam hal ini harus-nya mudah untuk di pahami.


Saya sedang menuju ke pasar swalayan dan ingin membeli ikan salmon. Saat saya sampai disana, saya bertemu dengan penjual ikan. Saya melihat ada banyak jenis ikan yang dijual-nya, tapi saya tidak mengetahui yang mana yang merupakan ikan salmon.


Karena tidak mengetahui yang mana merupakan ikan salmon, saya pun bertanya kepada penjual ikan tersebut.


Permisi, yang mana yang merupakan iklan salmon ?
Sumimasen, sake wa dore desu ka ?
すみません、 さけ は どれ ですか


* Sake adalah ikan salmon
鮭 = さけ = sake = Ikan salmon


Perhatikan pada konteks di atas, pada saat kita bertanya tentang yang mana merupakan ikan salmon. Penjual tersebut akan menjawab " kore wa sake desu " atau " sore wa sake desu " atau " are wa sake desu ". Mudah bukan ?



Baca Juga