Teknik Promosi atau Pemasaran Penjualan

Table of Contents

Promosi penjualan atau sales promotion merupakan kegiatan yang sangat penting dan merupakan bagian integral dari proses pemasaran.


Berbagai cara dilakukan untuk mempromosikan produk yang dibuat. Lingkungan bisnis makanan internasional saat ini telah menjadi sangat kompetitif karena meningkatnya jumlah warung makan atau restoran yang menawarkan produk mereka.


Seorang wirausahawan harus tahu secara betul beberapa strategi penjualan yang dapat digunakan untuk meningkatkan popularitas produk yang dihasilkannya.



Teknik-Teknik Promosi Untuk Meningkatkan Strategi Penjualan

Beberapa teknik promosi yang dapat digunakan untuk meningkatkan penjualan, diantaranya adalah sebagai berikut.



a. Memberikan kupon (Coupons)

Cara ini dilakukan dengan memberikan sertifikat yang memberi hak kepada pemegangnya supaya mendapat pengurangan harga seperti yang tercetak untuk pembelian produk tertentu.


Kupon dapat dikirim, disertakan atau dilampirkan pada produk, atau diselipkan dalam iklan di majalah dan Koran. Kupon akan sangat efektif jika memberikan potongan harga sekitar 15% sampai 20%



b. Price-of Deals/Discount (Potongan harga)

Teknik Price-of Deals atau Discount atau pemberian potongan harga dilakukan dengan memberikan potongan harga langsung di tempat pembelian, biasanya potongan harga berkisar dari 10% -25%.



c. Premium and advertising specialties (Promosi special)

Teknik Premium and advertising specialties dilakukan dengan memberikan barang dengan biaya yang relatif rendah atau gratis sebagai insentif untuk membeli produk tertentu.



d. Contest and sweepstakes (Kontes dan Undian)

Teknik promosi yang dilakukan adalah melalui pemberian hadiah berupa tawaran kesempatan untuk memenangkan uang tunai, perjalanan atau barangbarang karena membeli sesuatu.


Teknik Contest and sweepstakes dapat juga dilakukan dengan cara memberikan kontes tentang membuat jingle atau logo produk makanan internasional yang akan dibuat.



e. Sampling and trial ofers (pemberian contoh produk)

Sampling adalah teknik promosi dengan memberikan penawaran gratis untuk sejumlah produk atau jasa. Sampel tersebut dapat dikirim melalui rumah ke rumah, dikirim melalui pos, diambil di toko, disertakan pada produk lain atau dipajang dalam suatu penawaran iklan.


Pemberian sample merupakan cara yang paling efektif dan paling mahal untuk memperkenalkan suatu produk baru.


Beberapa teknik yang dipergunakan pada teknik sampling adalah sebagai berikut:
  1. In-store sampling adalah metode sampling dengan pemberian contoh produk di dalam took
  2. Door-to-door sampling yaitu pemberian contoh produk dengan mendatangi konsumen satu per satu.
    Teknik Door-to-door lumayan mahal karena besarnya biaya tenaga kerja, tetapi dapat efektif jika pemasar mempunyai informasi lokasi yang sesuai dengan segmentasi dan target yang akan dicapai pada area geografi tertentu.
  3. Mail sampling adalah teknik sampling mengirimkan contoh produk melalui jasa pos.
    Teknik ini merupakan alternatif dari distribusi door-to-door.
  4. Newspaper sampling adalah teknik sampling pengiriman contoh produk melalui surat kabar
  5. On-Package sampling yaitu teknik dimana contoh barang disisipkan pada kemasan produk lain, sangat berguna untuk brands targeted.
    Contoh On-Package sampling adalah pembelian makanan utama berhadiah ice cream.
  6. Mobile sampling yaitu membawa keluar logo untuk menghiasi mall, area rekreasi, jalan raya dan pusat perbelanjaan.
  7. Brand atau Product placement adalah teknik promosi untuk mencapai pasar dengan memasukan produk pada sebuah acara televisi atau film.
    Contoh brand placement adalah artis melakukan adegan makan atau minum dengan menggunakan produk makanan internasional atau di warung makan atau restoran.
  8. Rebates (Rabat atau tawaran pengembalian tunai) adalah memberikan pengurangan harga setelah pembelian terjadi.
    Konsumen mengirim bukti pembelian tertentu kepada produsen. Dikenal dalam tawaran barang konsumsi sebagai beli tiga, dapat gratis satu.
  9. Frequency atau Continuity programs adalah teknik promosi yang mengarah kepada program-program yang berkelanjutan, artinya seperti menawarkan konsumen discount atau hadiah produk gratis untuk mencapai terjadinya pengulangan dalam pembelian atau langganan dari merk atau perusahaan yang sama.
  10. Event Sponsorship adalah menjadi spronsor pada suatu event besar yang banyak didatangi oleh konsumen. Misalnya pada pertandingan balap mobil atau pada konser musik atau acara amal. Ini dapat membantu membuat merk sangat ditonjolkan pada acara tersebut sehingga membuat kredibilitas merk meningkat bersamaan dengan para penonton di acara tersebut.