Pengertian Makanan Khas Daerah

Table of Contents

Indonesia merupakan negara yang terdiri dari berbagai suku bangsa di mana memiliki keanekaragaman olahan masakan yang menjadi ciri khas daerah tersebut atau sering disebut makanan khas daerah.


Makanan khas daerah adalah makanan yang biasanya di konsumsi di suatu daerah tersebut. Karakter suatu masakan daerah biasanya mencerminkan karakter masyarakatnya.


Misalnya di daerah pegunungan, karena iklim pegunungan yang dingin dan menghasilkan bahan pangan berupa sayur-mayur, umumnya olahan masakannya berbahan dasar sayur yang disajikan dalam suhu panas dengan rasa pedas identik dengan daerah tersebut, karena tujuan untuk menghangatkan badan. Atau di daerah pantai olahan makanannya banyak menggunakan hasil laut.


Seiring dengan perkembangan jaman, kontak dengan orang dari luar daerah semakin tinggi sehingga melahirkan banyak masakan campuran yang ikut memperkaya produk makanan khas daerah.


Makanan khas daerah memiliki kandungan gizi serta manfaat yang beragam, sesuai dengan bahan baku, bahan racikan tambahan, dan teknik pengolahan yang digunakan.


Bahan utama dari suatu produk makanan khas daerah adalah bahan nabati atau hewani, kandungan nutrisi utamanya terdiri dari karbohidrat, mineral, vitamin, protein, lemak, dan air.


Jumlah komponen-komponen itu berbeda-beda pada masing-masing bahan, tergantung dari susunan, kekerasan, tekstur, cita rasa, dan warna.



Makanan Bahan Dasar Karbohidrat

Karbohidrat adalah sumber kalori utama bagi manusia. Umumnya karbohidrat terdapat pada bahan pangan golongan serelalia seperti beras, gandum, dan umbi-umbian.


Contoh makanan khas daerah yang terdapat karbohidrat adalah getuk, nasi liwet, nasi jamblang,dan lain-lain.



Makanan Bahan Dasar Protein

Protein memiliki fungsi utama sebagai zat pembangun. Umumnya terdapat pada hasil hewani seperti pada daging, ikan, telur, susu, dan hasil nabati seperti kacang-kacangan dan hasil olahannya.


Contoh makanan khas daerah yang banyak mengandung protein diantaranya adalah telur asin, ayam betutu, bebek songkem, ayam lodho, dan lain sebagainya.



Makanan Bahan Dasar Lemak

Lemak adalah sumber tenaga kedua setelah karbohidrat. Lemak dapat melarutkan vitamin A, D, E, dan Vitamin K.


Lemak dibedakan menjadi lemak yang dapat dilihat dan lemak yang tidak dapat dilihat.
  1. Lemak yang dapat ditemukan pada mentega, margarin, minyak goreng.
  2. Lemak yang tidak dapat dilihat seperti lemak dari kacang tanah, lemak kemiri, kuning telur, susu.

Contoh makanan khas daerah yang banyak mengandung lemak adalah seperti rendang daging, bika ambon, karena pada proses pembuatannya menggunakan santan kental.



Makanan Bahan Dasar Vitamin

Vitamin berfungsi sebagai memperlancarkan metabolisme, menjadi daya tahan dan kekebalan tubuh.


Sumber vitamin dan mineral yang terdapat pada hasil hewani seperti pada daging, susu, telur, dan sumber vitamin dari hasil nabati seperti sayur-sayuran dan buah-buahan.


Contoh makanan khas daerah yang mengandung vitamin seperti keripik pisang, karedok, gado-gado, keripik sanjay, dan lain sebagainya.