Strategi Promosi Produk Hasil Usaha

Table of Contents

Untuk mengomunikasikan usaha kerajinan yang telah diproduksi perlu disusun strategi yang disebut dengan strategi promosi.


Promosi tidak hanya berbicara tentng produk, harga produk, atau pendistribusian produk, melainkan juga terhadap bagaimana cara mengomunikasikan produk ini kepada konsumen agar produk dikenal dan pada akhirnya dibeli.



Pengertian Promosi Usaha

Pandangan Tjiptono (2001:219), beranggaan bahwa promosi pada hakikatnya adalah suatu komunikasi pemasaran, artinya aktifitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi atau membujuk, dan atau mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar mau menerima, membeli dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan.


Pandangan Sistaningrum (2002:98), beranggaan bahwa promosi adalah suatu upaya atau kegiatan perusahaan dalam mempengaruhi konsumen aktual maupun konsumen potensial agar mau melakukan pembelian terhadap produk yang ditawarkan, saat ini atau dimasa yang akan datang.


Konsumen aktual adalah konsumen yang secara langsung membeli produk yang ditawarkan sesaat setelah promosi produk tersebut diluncurkan perusahaan.


Konsumen potensial adalah konsumen yang berniat melakukan pembelian produk yang ditawarkan perusahaan dimasa yang akan datang. Jadi bukan dimasa sekarang.


Promosi termasuk salah satu bagian dari rangkaian kegiatan pemasaran suatu barang. Promosi adalah suatu kegiatan marketing yang bertujuan untuk melakukan komunikasi yang dilaksanakan perusahaan kepada pembeli atau konsumen yang memuat pemberitaan, membujuk, dan mempengaruhi segala sesuatu mengenai barang yang dihasilkan untuk konsumen.


Segala kegiatan berkaitan dengan promosi bertujuan untuk meningkatkan volume penjualan dengan menarik minat konsumen dalam mengambil keputusan untuk membeli di perusahaan tersebut.


Tujuan dari promosi penjualan sangat beraneka ragam seperti
  1. Merangsang permintaan
  2. Meningkatkan hasrat konsumen untuk mencoba produk
  3. Membentuk goodwill atau kehendak baik
  4. Meningkatkan pembelian konsumen
  5. Juga dapat mendorong konsumen untuk membeli lebih banyak serta
  6. Meminimalisir perilaku berganti-ganti merek
  7. Mendorong konsumen untuk mencoba pembelian produk baru.

Tujuan lainnya dari promosi adalah untuk mendorong pembelian ulang produk, dapat menarik pelanggan baru, mempengaruhi pelanggannya untuk mencoba produk baru.


Dalam promosi, tidak hanya ada komunikasi atau hanya sekedar menyampaikan informasi, tetapi juga timbul keinginan komunikasi yang dapat menciptakan suasana atau keadaan dimana para pelanggan bersedia memilih dan memiliki produk.


Dengan begitu, promosi yang akan dilakukan haruslah selalu berdasarkan atas beberapa hal sehingga tujuan yang diharapkan dapat tercapai.


Secara umum tujuan dari promosi penjualan sebagai berikut.
  1. Meningkatkan permintaan dari para pemakai industri dan/atau konsumen akhir.
  2. Meningkatkan kinerja perusahaan.
  3. Mendukung dan mengkoordinasikan kegiatan personal selling dan iklan