Menentukan Strategi Promosi Produk Hasil Usaha
Strategi Promosi Produk Hasil Usaha
Fungsi strategi promosi penjualan adalah untuk mencapai tujuan komunikasi.
Dalam mengembangkan strategi promosi penjualan perlu dilakukan pengidentifikasi tugas-tugas komunikasi yang diharapkan dapat dicapai dalam program promosi penjualan tersebut.
Ketika kita melakukan promosi agar dapat efektif perlu adanya bauran promosi, seperti kombinasi yang optimal bagi berbagai jenis kegiatan atau pemilihan jenis kegiatan promosi yang paling efektif dalam meningkatkan penjualan.
Jenis-jenis Kegiatan Promosi
Menurut Kotler, 2001:98-100, terdapat empat jenis kegiatan promosi, yaitu antara lain
a. Periklanan (Advertising)
Periklanan atau Advertising adalah bentuk promosi non personal dengan menggunakan berbagai media yang ditujukan untuk merangsang pembelian.
b. Penjualan Tatap Muka (Personal Selling)
Penjualan tatap muka atau Personal Selling adalah bentuk komunikasi promosi yang dilakukan dengan cara personal atau dengan presentasi lisan dalam suatu percakapan dengan calon pembeli yang ditujukan untuk merangsang pembelian.
c. Publisitas (Publisity)
Publisitas atau Publisity adalah termasuk dalam promosi non-personal tentang, pelayanan atau kesatuan usaha tertentu dengan jalan mengulas informasi atau berita tentangnya. Pada dasarnya publisity bersifat ilmiah.
d. Promosi Penjualan (Sales promotion)
Promosi penjualan atau Sales promotion adalah suatu bentuk promosi diluar ketiga bentuk diatas yang ditujukan untuk merangsang pembelian.
e. Pemasaran Langsung (Direct marketing)
Pemasaran Langsung atau Direct marketing adalah suatu bentuk penjualan perorangan secara langsung ditujukan untuk mempengaruhi pembelian konsumen.
Baca Juga
- 1 Sistem Produksi dan Manfaat Usaha Kerajinan dari Bahan Limbah Berbentuk Bangun Datar
- 2 Potensi Kerajinan dari Bahan Limbah Berbentuk Bangun Datar
- 3 Perencanaan Produksi Kerajinan Bahan Limbah Berbentuk Bangun Datar
- 4 Alat dan Bahan yang Dibutuhkan dalam Memproduksi Kerajinan dari Limbah Berbentuk Bangun Datar
- 5 Proses Produksi Kerajinan Bahan Limbah Berbentuk Bangun Datar
- 6 Pengemasan Produk Kerajinan Bahan Limbah Berbentuk Bangun Datar
- 7 Perhitungan Titik Impas (Break Event Point) Usaha
- 8 Evaluasi Hasil Perhitungan Titik Impas (Break Even Point)
- 9 Strategi Promosi Produk Hasil Usaha
- 10 Menentukan Strategi Promosi Produk Hasil Usaha
- 11 Melakukan Promosi Produk Hasil Usaha
- 12 Melakukan Promosi Usaha Secara Online
- 13 Laporan Kegiatan Usaha
- 14 Menganalisis Laporan Kegiatan Usaha
- 15 Pembuatan Laporan Kegiatan Usaha