Menentukan Strategi Promosi Produk Hasil Usaha

Table of Contents

Strategi Promosi Produk Hasil Usaha

Fungsi strategi promosi penjualan adalah untuk mencapai tujuan komunikasi.

Dalam mengembangkan strategi promosi penjualan perlu dilakukan pengidentifikasi tugas-tugas komunikasi yang diharapkan dapat dicapai dalam program promosi penjualan tersebut.


Ketika kita melakukan promosi agar dapat efektif perlu adanya bauran promosi, seperti kombinasi yang optimal bagi berbagai jenis kegiatan atau pemilihan jenis kegiatan promosi yang paling efektif dalam meningkatkan penjualan.



Jenis-jenis Kegiatan Promosi

Menurut Kotler, 2001:98-100, terdapat empat jenis kegiatan promosi, yaitu antara lain



a. Periklanan (Advertising)

Periklanan atau Advertising adalah bentuk promosi non personal dengan menggunakan berbagai media yang ditujukan untuk merangsang pembelian.



b. Penjualan Tatap Muka (Personal Selling)

Penjualan tatap muka atau Personal Selling adalah bentuk komunikasi promosi yang dilakukan dengan cara personal atau dengan presentasi lisan dalam suatu percakapan dengan calon pembeli yang ditujukan untuk merangsang pembelian.



c. Publisitas (Publisity)

Publisitas atau Publisity adalah termasuk dalam promosi non-personal tentang, pelayanan atau kesatuan usaha tertentu dengan jalan mengulas informasi atau berita tentangnya. Pada dasarnya publisity bersifat ilmiah.



d. Promosi Penjualan (Sales promotion)

Promosi penjualan atau Sales promotion adalah suatu bentuk promosi diluar ketiga bentuk diatas yang ditujukan untuk merangsang pembelian.



e. Pemasaran Langsung (Direct marketing)

Pemasaran Langsung atau Direct marketing adalah suatu bentuk penjualan perorangan secara langsung ditujukan untuk mempengaruhi pembelian konsumen.