Melakukan Promosi Usaha Secara Online
Ada banyak pilihan yang dapat kita lakukan untuk memasarkan produk kerajinan. Salah satunya adalah dengan melakukan pemasaran produk kerajinan lewat internet secara online.
Sebuah website akan makin berarti dan bisa mendatangkan profit jika website tersebut dikunjungi oleh banyak pengunjung.
Jika banyak orang yang mengunjungi website, maka apa yang di jual lewat website tersebut bisa dibeli. Akan tetapi, bagi sebagian pemula mendatangkan traffic website bukanlah perkara mudah, sebab tak jarang kita sering bingung harus melakukan apa agar website kita kebanjiran pengunjung.
Strategi Promosi Secara Online
Terdapat beberapa strategi promosi yang dapat kita lakukan secara online, diantaranya adalah sebagai berikut.
a. Mulai dari Facebook
Facebook adalah cara terbaik membangun komunitas di sekitar bisnis. Saat ini sudah dapat kalian lakukan dengan mudah, salah satunya dengan memanfaatkan fanpages facebook dan periklanan milik facebook. Namun jika kalian masih sebagai permulaan, mulailah mengupload foto sampul menarik yang menampilkan produk pada fanpages facebook. Logo merek produk bisa dijadikan profil gambar.
b. Berbagi foto di Pinterest
Pinterest mengambil alih ruang internet. Di sini kita dapat berbagi foto-foto menarik di pinterest. Pinterest sudah menjadi salah satu media promosi yang mumpuni dan unggul. Banyak orang memanfaatkan pinterest untuk mendapatkan traffic ke website mereka.
c. Selalu aktif di situs media sosial
Tidak cukup hanya memulai akun di Facebook atau Twitter. Kita juga harus menjalankannya secara aktif. Caranya cukup mudah, kita cukup posting jajak pendapat, foto atau kutipan menarik yang berhubungan dengan bisnis. Atur agar orang bisa berkomentar dan berbagi. Secara bertahap hal tersebut akan mendorong produk bisnismu.
d. Membuat blog
Buatlah blog tentang bisnismu. Setelah menulis posting baru segeralah posting ke Facebook dan Twitter. Dan kirimkan juga ke email teman-temanmu, atau memanfaatkan layanan subscribe pada website kalian. Hindari kesalahan teknis dengan memposting tulisan yang terlalu panjang.
e. Buat jaringan sesama pebisnis
Kita dapat juga membuat jaringan antar sesama pebisnis, seperti jika kamu memiliki bisnis kerajinan tas, bergaul dengan pengrajin tas baik kecil maupun besar yang terhubung melalui Linkedln atau mengirimkan pesan ke Facebook.
Pelajarilah berbagi pekerjaan dapatkan wawasan bagaimana cara menjalankan bisnis, lalu minta mereka mempromosikan produk atau jasa di blog dan situs mereka.
f. Blogwalking
Blogwalking adalah suatu istilah di mana kita mendatangkan traffic web dengan cara berkomentar pada website atau blog lain. Misalnya kalian berkomentar di blogdetik, kompasiana, artikel di website atau portal berita, maka kita bisa menyertakan link websitemu pada bagian nama pemberi komentar.
Jika ada orang yang menekan namamu maka orang tersebut akan diarahkan ke websitemu. Dan dari sanalah traffic bisa kamu dapatkan.
Untuk melakukan kegiatan Blogwalking ini caranya sangat mudah, kamu hanya perlu mengunjungi suatu website atau blog, baca salah satu artikelnya, lalu berikan komentar positif dan membangun, jangan mengkritik, sertakanlah link websitemu pada bagian nama pemberi komentar.
Selain gratis, Blogwalking tidak hanya bermanfaat untuk mendatangkan traffic, tapi juga untuk kepentingan kerjasama dengan blogger lain. Berikanlah komentar pada blog lain, dengan begitu ada memungkinkan blog kita juga akan dikunjungi oleh pemilik blog lain, sehingga dari sana hubungan antar blogger pun dapat tercipta.
Dalam melakukan kegiatan Blogwalking, usahakan untuk jangan sampai melakukan tindakan spamming, seperti menebar link secara sembarangan, berkomentar tidak berkualitas, dan berbagai tindakan mengganggu lainnya.
g. Mengirimkan Alamat Web Kita di Status Facebook
Cara yang satu ini sangat praktis, dan cukup ampuh. Kalian hanya perlu mengirimkan alamat website kita ke status Facebook-mu.
Misalnya kamu baru saja membuat posting artikel baru di blog, maka alamat url posting tersebut bisa dikirimkan ke Facebook. Dari sana teman-teman Facebook bisa tahu keberadaan website kamu, barangkali saja mereka tertarik membuka dan mengunjunginya. Bukan tidak mungkin, mereka akan menjadi pengunjung setia untuk website mu.
Promosi web dengan status Facebook juga dapat menciptakan efek viral, ketika ada teman kalian yang melakukan like atau memberi komentar di status Facebookmu, maka aktivitas teman itu akan muncul dan bisa dilihat oleh teman-teman mereka yang lain, dan ketika temannya teman melakukan like link tersebut, maka dia akan menjadi friend kita, dan seterusnya. Hasilnya makin banyak orang yang akan tahu alamat website-mu.
h. Menggunakan Iklan.
Iklan termasuk media pemasaran yang cukup ampuh di internet, selain ampuh pemasaran dengan iklan juga relatif praktis dan mudah. Hanya saja, jelas kita harus membayar bila ingin beriklan.
Ada banyak metode periklanan yang dapat kalian coba untuk mengiklankan website-mu, contohnya adalah sebagai berikut.
- Beriklan di jaringan PPC lokal Indonesia.
- Beriklan di Facebook.
- Beriklan di Google Adwords.
- Memasang iklan banner di website lain.
- Iklan dalam bentuk artikel review dari blog lain.
i. Menulislah di Media Online Lain
Sudah banyak artikel yang membahas beberapa cara agar tulisanmu bisa dibaca banyak orang di internet. Nah selain mengembangkan hobi menulis juga bisa menjadi sarana mendatangkan traffic ke website kamu.
Misalnya kita bisa menulis di forum, lalu dalam tulisanmu ada mengandung satu link yang menuju website-mu, dari sana ada banyak orang yang bisa datang ke website kamu dari tulisan yang kamu buat di forum tersebut.
Baca Juga
- 1 Sistem Produksi dan Manfaat Usaha Kerajinan dari Bahan Limbah Berbentuk Bangun Datar
- 2 Potensi Kerajinan dari Bahan Limbah Berbentuk Bangun Datar
- 3 Perencanaan Produksi Kerajinan Bahan Limbah Berbentuk Bangun Datar
- 4 Alat dan Bahan yang Dibutuhkan dalam Memproduksi Kerajinan dari Limbah Berbentuk Bangun Datar
- 5 Proses Produksi Kerajinan Bahan Limbah Berbentuk Bangun Datar
- 6 Pengemasan Produk Kerajinan Bahan Limbah Berbentuk Bangun Datar
- 7 Perhitungan Titik Impas (Break Event Point) Usaha
- 8 Evaluasi Hasil Perhitungan Titik Impas (Break Even Point)
- 9 Strategi Promosi Produk Hasil Usaha
- 10 Menentukan Strategi Promosi Produk Hasil Usaha
- 11 Melakukan Promosi Produk Hasil Usaha
- 12 Melakukan Promosi Usaha Secara Online
- 13 Laporan Kegiatan Usaha
- 14 Menganalisis Laporan Kegiatan Usaha
- 15 Pembuatan Laporan Kegiatan Usaha