Laporan Kegiatan Usaha

Table of Contents

Pengertian Laporan Kegiatan Usaha

Laporan kegiatan usaha adalah laporan kegiatan yang berhubungan dengan setiap kejadian, lancar tidaknya kegiatan usaha, dan apakah ada kemajuan atau kemunduran terhadap usaha tersebut.


Dari sebuah laporan kegiatan usaha, seorang pimpinan perusahaan akan dapat mengetahui semua kejadian dalam perusahaannya dan dapat mengendalikan jalannya perusahaan dengan melihat laporan kegiatan usaha.



Pengertian dan Manfaat Laporan Kegiatan Usaha

Laporan kegiatan usaha dibuat dan disusun harus secara sistematis, cermat, dan logis.


Penyusunan laporan kegiatan usaha, merupakan penyampaian informasi tentang maju mundurnya pengelolaan usaha, sehingga melalui laporan kegiatan usaha akan tercipta komunikasi antara yang melaporkan dengan pihak yang diberi laporan.


Penyusunan laporan kegiatan usaha, hendaknya bersifat komunikatif. Komunikatif disini artinya adalah jelas dan mudah dipahami oleh semua pihak.


Tujuan Penyusunan Laporan Kegiatan Usaha

Tujuan penyusunan laporan kegiatan usaha adalah untuk memberi keterangan tentang masalah kegiatan usaha sehingga dapat diketahui oleh pemimpin atau bagian yang menyusun laporan kegiatan usaha.


Atau dapat kita simpulkan bahwa penyusunan laporan kegiatan usaha ialah untuk mengetahui
  1. posisi tenaga kerja
  2. keuangan
  3. peralatan
  4. bahan baku
  5. produksi
  6. pemasaran
  7. penjualan
  8. pendistribusian
  9. promosi
  10. likuiditas
  11. solvabilitas
  12. rehabilitas usaha