Melakukan Promosi Produk Hasil Usaha

Table of Contents

Dalam melakukan promosi agar tetap efektif diperlukan bauran promosi, yaitu kombinasi yang optimal untuk berbagai jenis kegiatan atau pemilihan jenis kegiatan promosi yang paling efektif sebagai meningkatkan penjualan.



Jenis-jenis Kegiatan Promosi

Terdapat beberapa jenis kegiatan promosi, diantaranya adalah sebagai berikut.



a. Periklanan (Advertising)

Periklanan atau Advertising adalah bentuk promosi non personal dengan menggunakan berbagai media yang ditujukan untuk merangsang pembelian.



b. Penjualan Tatap Muka (Personal Selling)

Penjualan Tatap Muka atau Personal Selling adalah bentuk promosi antara penjual dengan calon pelanggan untuk memperkenalkan suatu produk kepada calon pelanggan dan membentuk pemahaman pelanggan terhadap produk sehingga pelanggan kemudian akan mencoba dan membelinya.


Sifat-sifat Penjualan tatap Muka

  1. Personal atau adanya kontak langsung dengan konsumen
  2. Tanggapan langsung atas pertanyaan atau reaksi konsumen
  3. Mempererat hubungan dengan konsumen, apabila sikapnya memuaskan
  4. Biaya operasional cukup tinggi


c. Publisitas (Publisity)

Publisitas atau Publisity termasuk salah satu usaha untuk merangsang permintaan terhadap suatu produk secara non-personal dengan memuat berita komersial yang menarik tentang produk itu pada media cetak atau sebagainya, maupun hasil wawancara yang disiarkan dalam media tersebut.



d. Promosi Penjualan (Sales promotion)

Promosi Penjualan Sales promotion adalah suatu bentuk promosi di luar ketiga bentuk diatas yang ditujukan untuk merangsang pembelian oleh konsumen dan efektifitas penyalur, melalui pameran, pertunjukan, demonstrasi, peragaan.


Jenis-jenis promosi penjualan adalah

  1. Promosi konsumen, seperti barang contoh dan kupon hadiah pembelian demonstrasi
  2. Promosi dagang, seperti kredit pembelian dan periklanan bersama
  3. Promosi bisnis, seperti sponsor pertunjukan dan kontes penjualan


e. Pemasaran Langsung (Direct marketing)

Pemasaran Langsung atau direct marketing adalah suatu bentuk penjualan perorangan secara langsung ditujukan untuk mempengaruhi pembelian konsumen.


Sifat-sifat pemasaran langsung

Sifat-sifat pemasaran langsung adalah sebagai berikut.
  1. Nonpublik
    Nonpublik adalah pesan yang biasanya diarahkan kepada orang tertentu, seperti pengiriman surat melalui layanan pos atau email, itu berarti yang mengetahui pesan tersebut hanya pihak terkait saja, publik tidak mengetahui.
  2. Disesuaikan
    Disesuaikan artinya pesan dapat disiapkan dan dirancang dengan sebaikbaiknya terlebih dahulu sebelum dikirimkan kepada orang yang bersangkutan agar ia tertarik.
  3. Terbaru
    Terbaru artinya pesan dapat disiapkan dengan sangat cepat sesuai dengan kondisi terkini.
  4. Interaktif
    Interaktif artinya pesan dapat diubah sesuai tanggapan orang yang berkaitan sehingga menimbulkan suatu komunikasi yang interaktif.