Prinsip-Prinsip Dasar Dalam Berenang

Table of Contents

Prinsip Psikologis

Terdapat beberapa unsur yang harus ada pada diri anak dalam belajar berenang sehingga anak dapat menguasainya dengan cepat dan baik. Unsur tersebut diantaranya adalah:

  1. Kesenangan (kegembiraan)
  2. Keberanian
  3. Kepercayaan diri
  4. Keuletan.


Prinsip Mengapung

Teori menyatakan bahwa sebuah kapal yang bermuatan ringan akan mudah ditarik atau didorong di dalam air. Begitu pun, seorang perenang yang ringan akan mudah mengapung di atas air jika dibandingkan dengan perenang yang lebih berat daya mengapungnya. Perenang memiliki bermacam-macam bentuk tubuh, ukuran tulang, perkembangan otot, berat badan, jaringan lemak, dan kapasitas paru-paru, yang semua itu mempengaruhi gaya apung dan posisi apung seseorang.


Untuk perenang pemula, cara mengapung di atas permukaan air sulit untuk dilakukan. Untuk dapat mengapung di atas permukaan air dibutuhkan waktu yang cukup lama dalam berlatih.



Cara-cara Dalam Latihan Mengapung

Untuk dapat mengapung di dalam air, kita dapat melakukan beberapa latihan, ada beberapa cara untuk melatih kemampuan mengapung di dalam air, yaitu sebagai berikut:

Masuk ke Dalam Air

Belajar renang sebaiknya dilakukan di dalam kolam yang dangkal yaitu setinggi kurang lebih satu meter. Untuk dapat berlatih mengapung dengan masuk dalam air, kita dapat lakukan kegiatan berikut ini:

  1. Berlututlah dengan menggerak-gerakkan lengan di bawah permukaan air.
  2. Berpeganglah pada pegangan khusus di sisi kolam dan tariklah tubuh maju mundur serta menjauhi dan mendekati dinding.
  3. Masuk ke dalam air dengan menggunakan tangga masuk kolam yang terendam dalam air, letakkan kedua tangan di atas permukaan tangga dengan menghadap ke bawah dan kepala menghadap ke dinding kolam, kemudian apungkan kakimu terjulur ke belakang sehingga tubuh aka merasakan melayang di permukaan air, kemudian lakukan gerakan naik turun di anak tangga sebanyak 5-6 kali.
  4. Jongkoklah di tangga menghadap kolam. Tolakan kedua kaki pada tangga, kemudian mengambang dengan posisi telungkup, tangan lurus ke depan, dan kepala terangkat dari permukaan air.

Mengapung

Latihan mengapung dapat dilakukan sebagai berikut :

  1. Tangan berpegangan pada tiang atau parit di dinding kolam, angkat kaki hingga tubuh dalam posisi telungkup, dan kedua kaki turun naik berulang-ulang maka tubuh merasakan mengambang di permukaan air.
  2. Berlatih mengapung dengan posisi tangan memegang papan luncur dan masuk ke dalam air. Saat tangan memegang papan luncur, angkatlah kedua kaki hingga mengambang telungkup maka tubuh akan merasakan mengambang di permukaan air.


Prinsip meluncur

Setelah dapat mengapung di atas permukaan air, latihan berikutnya adalah latihan meluncur, untuk dapat melakukan gaya meluncur di dalam air kita dapat melakuakan caranya sebagai berikut :

Meluncur dengan menolakkan kaki pada dinding

Badan berdiri dengan punggung menghadap ke dinding (sisi kolam) dan merapat, kemudian turunkan bahu ke dalam air sehingga hanya kepalanya yang berada di permukaan air. Angkatlah satu kaki dengan menekan ke dinding, dan tolakkan salah satu kaki pada dinding hingga mendorong tubuh ke depan. Kemudian, tarik napas dan kepala ke dalam air, dan tekankan kaki hingga tubuh terdorong ke depan hingga badan terapung dalam posisi tengkurap. Dalam posisi tersebut kaki tidak bergerak.


Meluncur dengan menggunakan papan luncur.

Berlatih menggerakkan kaki dengan menggunakan papan luncur dilakukan dengan cara sebagai berikut. Peganglah papan luncur di depan, di dalam permukaan air, bersamaan dengan mengangkat kedua kaki di permukaan air hingga posisi tubuh berada di permukaan air. Kemudian, gerakan kaki turun naik hingga badan bergerak ke depan meluncur. Perhatikan, gerakan kaki itu bukan pada pergelangan kaki, melainkan dimulai dari pinggul.


Meluncur diawali dengan loncatan

Badan berjongkok di tepi kolam. Kedua lengan lurus di samping telinga, kemudian meloncat dengan menukik ke dalam air hingga posisi tubuh mengambang lurus di permukaan air. Biarkanlah tubuh dengan sendirinya maju atau terdorong ke depan.