Analisis Keterampilan Gerak Renang Gaya Dada

Table of Contents

Mengenal Aktivitas Gerak Renang Gaya Dada

Renang gaya dada atau chest stroke atau gaya katak adalah berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air. Kedua belah kaki menendang ke arah luar sementara kedua belah tangan diluruskan di depan. Kedua tangan dibuka ke samping seperti gerak membelah air agar badan maju lebih cepat ke depan. Gerakan tubuh meniru gerakan katak yang sedang berenang oleh karena itu disebut renang gaya katak. Pernapasan dilakukan ketika mulut berada di dalam permukaan air, setelah satu kali gerakan tangan-kaki atau dua kali gerakan tangan-kaki. Gaya dada termasuk gaya berenang paling populer untuk renang rekreasi. Posisi tubuh seimbang dan kepala dapat berada di luar air dalam waktu yang lama. Dalam pembelajaran berenang, biasanya perenang pemula diajarkan gaya dada atau gaya bebas.

variasi gerak renang gaya dada

Analisis Keterampilan Gerak Renang Gaya Dada

Untuk dapat melakukan gerak renang gaya dada, kita dapat berlatih dengan beberapa bentuk latihan gerak renang seperti di bawah ini.

Gerakan Kaki Pada Gerak Renang Gaya Dada

Untuk dapat melatih gerak kaki pada renang gaya dada, kita dapat melakukan langkah-langkah di bawah ini
  1. Mula-mula Kaki ditekuk atau lutut dibengkokkan ke arah dalam.
  2. Kemudian luruskan kaki dengan posisi kedua kaki terbuka dan kaki kiri dan kaki kanan saling berjauhan.
  3. Masih dalam posisi kaki lurus, kaki dirapatkan sampai telapak kaki kiri dan kanan agak bersentuhan, ini dapat membantu untuk menambah daya dorong.
  4. Ulangi langkah di atas dengan urutan tekuk, tendang, rapatkan, tekuk, tendang, rapatkan. Sehingga urutan gerakan kaki pada renang gaya dada ini : tekuk, tendang, rapatkan

gerak kaki latihan renang gaya dada

Gerakan Tangan Pada Gerak Renang Gaya Dada

Untuk dapat melatih gerak tangan pada renang gaya dada, kita dapat melakukan langkah-langkah di bawah ini
  1. Posisi awal, kedua tangan lurus di atas kepala (kedua telapak tangan saling bertemu dan menempel).
  2. Kemudian tarik tangan ke arah samping kanan dan kiri. jangan terlalu ke samping, cukup tarik selebar bahu dan selebihnya tarik ke bawah.
  3. Luruskan tangan kembali.
  4. Dan ulangi dengan urutan luruskan tangan di atas kepala, gerakan tangan ke samping kiri dan kanan,

Jadi urutan gerakan tangan gaya dada ini adalah dimulai dengan luruskan tangan di atas kepala, gerakan tangan ke samping kiri dan kanan. Gerakkan kombinasi kaki, tangan, dan pengambilan nafas dilakukan ketika gerakan tangan ke samping kiri dan kanan, kemudian kepala mendongak ke atas sambil mengambil nafas

variase gerak tangan gaya dada

Mengambil Nafas Pada Renang Gaya Dada

Setelah cukup lancar, maka mulailah belajar mengambil nafas. Ketika tangan digerakkan ke samping, maka naikkan kepala sedikit ke atas permukaan air dan langsung ambil nafas. Lakukan sampai lancar. Gerakan tangan dan kaki dilakukan bergantian.

Kemudian berlatihlah lebih ke tengah kolam dan berenang untuk mencapai pinggir kolam. Lakukan terus sampai bisa selebar kolam renang. Setelah lancar, mulailah perbaiki renang gaya dada Anda. Gerakkan kaki dan tangan bergantian yaitu 1 kali gerakan kaki, 1 kali gerakan tangan dan ambil nafas. Gerakan tangan jangan terlalu lebar, melainkan agak ke bawah (hal ini akan memberikan dorongan yang lebih kuat sekaligus memudahkan pengambilan nafas).


Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menambah kecepatan pada renang gaya dada

Untuk menambah speed atau kecepatan dalam renang gaya dada, beberapa hal yang dapat kita perhatikan adalah seperti berikut ini.
  1. Gerakan tangan jangan terlalu ke samping, melainkan cukup selebar bahu dan ditarik ke bawah. Setelah siku tangan sampai sekitar tulang rusuk, kedua tangan langsung diluruskan kembali ke depan dengan posisi telapak tangan kanan dan kiri menempel.
  2. Gerakan kaki ketika menendang cukup lebar dan ketika kaki diluruskan, usahakan telapak kaki kanan dan kiri agak menyatu atau menempel.
  3. Yang juga tidak kalah penting adalah gerakan tangan dan kaki harus bergantian. Ketika tangan bergerak mendayung ke bawah, telapak kaki kanan dan kiri dalam kondisi diam sejenak (lurus). Demikian juga ketika kaki ditekuk dan ditendangkan, kedua tangan lurus ke depan (dengan posisi telapak kanan dan kiri menyatu).
  4. Yang sangat berpengaruh dalam speed atau kecepatan dalam renang gaya dada adalah:
    1. Ketepatan gerakan kaki.
    2. Koordinasi gerakan kaki dan tangan yang harus saling bergantian.


Beberapa Kesalahan Yang Sering Dilakukan Dalam Renang Gaya Dada

Kesalahan yang sering terjadi ketika kita berenang dengan menggunakan gerak renang gaya dada adalah sebagai berikut
  1. Sikap badan kaku
  2. Badan tidak streamline
  3. Cara ayunan tangan atau kaki yang kurang pas
  4. Kaki atau badan kurang rileks dan seimbang dan tidak diikuti gerak lanjut


Tips-Tips Untuk Melakukan Renang Gaya Dada

Berikut ini adalah beberapa tisp yang dapat kalian jadikan acuan dalam melakukan renang gaya dada
  1. Ketika memulai belajar renang gaya dada, tangan berpegangan pada pinggir kolam, kemudian gerakan kaki seperti penjelasan di atas. Lakukan sampai lancar.
  2. Kemudian kita bisa meminta seorang teman untuk memegangi tangan kita, sehingga bisa menyeberangi kolam dengan menggerakan kaki dan tangan tetap dipegangi.
  3. Hal ini sering terjadi dimana kaki seringkali tidak mengapung di atas permukaan air, melainkan terlalu ke bawah, ini dikarenakan kepala tidak masuk ke dalam air. Oleh karena itu saat berlatih kaki ini sekaligus dijadikan sebagai sarana untuk berlatih gerakan kepala untuk mengambil nafas nantinya. Hal ini dilakukan dengan cara memasukkan kepala ke dalam air selama belajar gerakan kaki dan menaikkan kepala hanya bila mau mengambil nafas.
  4. Setelah lancar, maka sekarang kita dapat berlatih ke tengah kolam. Kemudian kita mengapungkan badan (seperti posisi meluncur) dan gerakan kaki gaya dada lakukan sampai lancar.
  5. Setelah itu sekarang mulai belajar menggerakan tangan. Lakukan 2 sampai 3 kali gerakan kaki, kemudian baru gerakan tangan gaya dada. Begitu seterusnya, lakukan sampai lancar.