Analisis Keterampilan Gerak Renang Gaya Kupu-kupu

Table of Contents

Mengenal Aktivitas Gerak Renang Gaya Kupu-kupu

Gaya kupu-kupu adalah salah satu gaya berenang dengan posisi dada menghadap permukaan air dan kedua lengan ditekan secara bersamaan ke bawah dan digerakkan ke arah luar sebelum diayunkan ke depan. Sementara kedua kaki secara bersamaan menendang ke bawah dan ke atas menyerupai gerakan sirip ekor ikan atau lumba-lumba. Udara dihembuskan kuat-kuat dari mulut dan hidung sebelum kepala muncul dari air, dan udara dihirup lewat mulut ketika kepala berada di luar air.


Merupakan gaya yang paling baru dan paling sukar serta membutuhkan waktu yang cukup untuk dipelajari. Berbeda dengan gaya renang lainnya, berenang dengan gaya kupu-kupu memerlukan kekuatan yang besar dari perenang. Jadi diharapkan akan lebih baik hasilnya untuk belajar renang gaya kupu-kupu jika siswa sudah menguasai renang gaya bebas, gaya dada, dan gaya punggung. Perenang tercepat gaya kupu-kupu dapat berenang lebih cepat dari pada perenang dengan gaya bebas. Kecepatan renang gaya kupu-kupu diperoleh dari ayunan kedua tangan secara bersamaan.


Berbeda dengan gaya bebas, gaya dada, dan gaya punggung yang dapat mudah untuk dikuasai, pemula perlu waktu lebih lama untuk mempelajari koordinasi gerakan tangan dan kaki dalam gaya kupu-kupu. Sebagian besar pemula menganggap gaya kupu-kupu adalah gaya renang tersulit untuk dipelajari. Dibanding ke-tiga gaya berenang lainnya, teknik gerakan yang buruk pada gaya kupu-kupu tidak dapat ditutupi oleh besar tenaga yang dikeluarkan perenang.



Analisis Keterampilan Gerak Renang Gaya Kupu-kupu

Gerakan Kaki Pada Gerak Renang Gaya Kupu-kupu

  1. Posisi awal, kaki dan paha dalam posisi lurus. Lutut tidak boleh ditekuk. Kedua telapak kaki dalam posisi agak berdekatan atau rapat satu sama lainnya.
  2. Kemudian gerakan kedua kaki secara bersamaan sedikit ke atas permukaan air.
  3. Kemudian jatuhkan ke dua kaki secara bersamaan ke bawah, sehingga memunculkan dorongan ke depan, pinggul akan terdorong dan naik ke depan.
  4. Ulangi langkah b dan c di atas. Perhatikan juga pinggul dan pantat agak bergerak ke atas, sehingga akan memberikan gaya dorong ke depan yang lebih besar. Kesimpulannya kekuatan sebenar-nya adalah di gerakan pinggul, dan bukan di kaki.

Gerakan Kaki Pada Gerak Renang Gaya Kupu-kupu

Gerakan Tangan Pada Gerak Renang Gaya Kupu-kupu

  1. Posisi awal, kedua tangan lurus di atas kepala atau kedua telapak tangan dalam posisi berdekatan, tapi tidak perlu menempel satu dengan yang lainnya
  2. Kemudian tarik kedua tangan ke bawah secara bersamaan. Terus tarik sampai ke belakang.
  3. Kemudian angkat kedua tangan secara bersamaan keluar dari permukaan air dan ayunkan kembali depan.
  4. Ulangi langkah ketiga langkah di atas

Perhatikan:

Ketika menjatuhkan tangan ke air, maka seolah-olah ibu jari menyentuh permukaan air lebih dulu (telapak tangan agak menghadap ke luar).


Gerakan Tangan Pada Gerak Renang Gaya Kupu-kupu

Gerakan Kombinasi Tangan, Kaki dan Mengambil Nafas

Gerakan kaki seperti yang telah di jelaskan di atas, kemudian gerakan kedua tangan ke bawah secara bersamaan. Pada waktu gerakan tangan ke bawah kita sedikit menaikkan kepala ke atas untuk mengambil nafas dan gerakkan kaki dan tangan secara bergantian.



Tips Belajar Renang Gaya Kupu-kupu

  1. Lakukan latihan dengan melakukan 2 putaran atau pukulan gerakan kaki, baru kemudian diikuti 1 kayuhan atau pukulan gerakan tangan.
  2. Setelah cukup lancar, kita mulai perbaiki gaya ini dengan memperbaiki start awal gaya kupu. Kepala ditekuk agak ke bawah atau dagu agak menempel ke dada dan gerakan pinggul lebih dulu, sehingga kaki terangkat dan lecutkan atau tendangkan kaki dengan posisi lurus sejauh mungkin ke belakang. Gerakan kaki juga jangan dilakukan secara berlebihan. Setelah itu baru gerakan tangan. Berikutnya, gerakan kaki selalu dimulai dari pinggul. Untuk membantu gerakan pinggul agak naik ke atas, kepala bisa ditekuk ke bawah dagu agak ditempelkan ke dada.
  3. Posisikan tubuh selalu di permukaan air, jangan terlalu dalam.
  4. Agar lebih cepat dan gerakan lebih stabil, lakukan 2 hingga 3 set gerakan kaki dan tangan baru kemudian menaikkan kepala untuk mengambil nafas.
  5. Kesempatan kepala untuk naik ke atas permukaan air sangatlah sedikit dan sebentar hal ini berbeda dengan teknik renang gaya dada, jadi manfaatkanlah sebaik mungkin.
  6. Ketika kepala sedang tidak ke atas permukaan air untuk bernafas, pastikan posisi dagu agak menempel ke dada. Ini dapat menambah daya luncur pada renang gaya kupu menjadi lebih kuat.
  7. Seringkali ketika tangan berada di dalam air, gerakan tangan membentuk seperti huruf "S". Hal ini dimaksudkan untuk memberikan dorongan yang lebih kuat ke depan.


Kesalahan Yang Sering Dilakukan Pada Renang Gaya Kupu-kupu

Perhatikan setiap gerakan dalam gerak renang gaya kupu-kupu, kemudian perhatikan pula kesalahan-kesalahan yang sering terjadi. Kesalahan yang sering terjadi ketika gerak renang gaya kupu-kupu adalah sebagai berikut

  1. Sikap badan kaku
  2. Badan tidak streamline
  3. Gerak anggota badan yang miring ke kanan dan ke kiri
  4. Cara ayunan tangan atau kaki yang kurang pas
  5. Kaki atau badan kurang rileks dan seimbang dan tidak diikuti gerak lanjut.