Mengenal Sifat-sifat dan Karakteristik Metanol

Table of Contents

Secara umum, metanol memiliki keunggulan dalam banyak hal dibanding hidrogen. Metanol dapat dihasilkan dari bahan bakar lain, seperti batu bara dan minyak bumi.


Metanol mudah disimpan dalam tangki bahan bakar dan tidak hanya dapat dikirim melalui kereta tangki, namun dapat juga dikirim melalui pipa minyak dan bahan kimia.


Satu hal yang terpenting dari metanol adalah fakta bahwa metanol dapat ditambahkan pada bensin komersial dalam mobil sampai 15%, tanpa mengubah konstruksi mesin. Kalian tentu tahu ini sebelumnya sudah dijelaskan pada pengenalan unsur alkohol.


Campuran bensin metanol dapat membuat penggunaan bahan bakar lebih ekonomis dan yang terbuang lebih sedikit dengan tenaga mesin lebih, dibandingkan menggunakan bensin saja. Diperkirakan bahwa bensin yang ada dapat diubah untuk bisa menggunakan metanol murni dengan biaya serendah mungkin per kendaraan.


Penggunaan metanol dalam suatu mesin standar menghasilkan sisa bahan bakar seperduapuluhnya atau 1/20, karbon monoksida sepersepuluhnya atau 1/10, dan oksida-oksida nitrogen kira-kira sama dibandingkan dengan bensin.


Metanol dapat dibakar dengan bersih untuk kebutuhan energi. Jika dikelola secara baik, cairan metanol dapat menjadi bahan baku yang bersih dan aman, serta dapat dibakar dalam pembangkit tenaga listrik dengan pencemaran udara yang sangat kecil.


Metanol merupakan salah satu bahan bakar yang cocok untuk digunakan dalam sel bahan bakar.


Berdasarkan fakta di atas, dapat simpulkan bahwa metanol merupakan bahan bakar alternatif yang lebih ramah lingkungan dan dapat dimanfaatkan sebagai pengganti bensin. Namun metanol yang ada tidak cukup tersedia. Penelitian-penelitian terbaru diharapkan dapat memperoleh metode-metode yang efisien untuk memproduksi metanol dari bahan kasar, selain minyak bumi.