Perbedaan Until dan By

Table of Contents

Penggunaan kata until dan by terkadang dapat membingungkan.


Kata until dan by digunakan secara berbeda dan setelah sedikit pemahaman kalian akan dapat mengetahui cara menggunakan kata until dan by ini.


Until dan by dapat diartikan dengan kata hingga atau sampai. Untuk lebih mudah memahami penggunaan until dan by, perhatikan penjelasan dan contoh di bawah ini.



Mengenal Penggunaan Until

Penggunaan kata until secara umum digunakan untuk menunjuk pada waktu ketika suatu aksi berhenti atau dinyatakan telah selesai.



Contoh Penggunaan Until

  1. I work until 10:00 pm very day
    Saya berkerja hingga pukul sepuluh malam setiap hari.
  2. I will be in Tokyo until saturday, then i will got to china
    Saya akan berada di Tokyo hingga hari sabtu, kemudian saya akan pergi ke cina.
  3. Father will late home until the meeting over.
    Ayah akan terlambat pulang hingga pertemuan selesai.
  4. I will wait until my father home for dinner.
    Saya akan menunggu hingga ayah pulang ke rumah untuk makan malam.
  5. The bus will not arrive until storm over.
    Bus itu tidak akan tiba hingga badai berlalu.


Mengenal Penggunaan By

Kata "by" digunakan untuk menunjuk pada batas waktu ketika sebuah aksi harus dihentikan. Dalam artian bahwa sesuatu itu selesai atau tidak selesai tetap harus di hentikan hingga batas waktu tersebut.


By dapat juga digunakan untuk mengekspresikan "by the time..." yang artinya sama dengan ketika "when".



Contoh Penggunaan Until

  1. You can borrow my homework, but please give it back to me by the end of this week.
    Kamu dapat meminjam pr saya, tapi tolong kembalikan kepada saya sebelum akhir minggu ini.
  2. The project must be finished by saturday, December 25th.
    Projek ini harus di selesaikan hari sabtu, tanggal 25 desember.
  3. I had already finished my homework by the time mother called me for lunch.
    Saya sudah menyelesaikan pr saya ketika Ibu memanggil saya untuk makan siang.
  4. By the time i got to the classroom, the test was finished.
    Ketika saya sampai di kelas, ujainnya sudah selesai.
  5. You can borrow my book, but please give it back to me before next lesson.
    Kamu dapat meminjam buku saya, tapi tolong kembalikan kepada saya sebelum pelajaran berikutnya.