Perbedaan can you, could you, dan would you

Table of Contents

Perbedaan Penggunaan can you, could you, dan would you

Ketiga kata can you, could you, dan would you memiliki arti yang sama yaitu dapatkah, bisakah, dan sebagainya.


Dalam bentuk kalimat formal kata "can you" paling sering digunakan dan sudah termasuk ke dalam bentuk formal atau sopan.


Bagaimana dengan kata could you dan would you ?

Kata "could you" lebih sopan dari kata "can you", dan kata "would you" lebih formal dan sopan dari kata could you.


Secara umum, tidak ada perbedaan besar antara pengertian kata "can you" dan "could you", kecuali kata "could you" lebih sopan. Meskipun begitu, ada perbedaan nuansa antara kata "could you" dan "would you".



Mengenal Kata Can you, Could You, Would You

Kata "could you" lebih fokus pada kesanggupan atau ability untuk melakukan sesuatu, berbeda dengan kata "would you" yang lebih fokus pada keinginan untuk melakukan sesuatu.


Agar lebih mudah membedakan penggunaan "could you" dan "would you" perhatikan contoh di bawah ini.


Can you help me with my homework tonight ?
Dapatkah kamu membantu saya mengerjakan PR nanti malam (percakapan ini merupakan hubungan antar teman dengan teman)


Could you tell me how to get to the bus station ?
Dapatkah kamu memberitahukan saya bagaimana ke stasiun bus ? (percakapan ini hubungan antar seseorang yang tidak kita kenal dan kita memperlihatkan rasa hormat - bentuk percakapan lebih sopan)


Can you help me to shopping ?
Dapatkah kamu membantu saya berbelanja ? (Percakapan ini bukan bentuk formal dan dilakukan antar teman atau anggota keluarga)


Could you take me to hospital ?
Bisakah kamu membawa saya ke rumah sakit ? (Percakapan kepada orang asing yang tidak kita kenal di jalan - bentuk percakapan formal atau bentuk sopan )


Would you lend me 300 dollars ? I will pay back latter
Bisakah kamu meminjamkan saya 300 dollar ? Saya akan menggantinya nanti. (bentuk percakapan ini antara teman atau anggota keluarga, tapi polanya sangat sopan karena kita mengharapkan sesuatu dari orang tersebut)


Mungkin kalian masih sulit membedakan antara "could you" and "would you", tapi disini saya akan memberikan satu contoh kalimat yang sangat membantu kalian memahaminya.


Jika seorang pria bertanya kepada seseorang, "maukah kamu menikah dengan saya ?", kalimat apa yang akan dia(pria) ucapkan ?


Di bawah ini adalah dua jawaban, tulisan yang berwarna biru merupakan jawaban yang benar, sedangkan yang berwarna merah merupakan jawaban yang salah.


Would you marry me ?
Could you marry me ?

Jawaban yang berwarna biru merupakan jawaban yang tepat digunakan, kalian tidak boleh sekali-skali menggunakan jawaban yang berwarna merah, karena akan terasa kurang sopan.


Dengan berkata, "Would you marry me ?", sama saja dengan laki-laki itu berkata "Are you willing to marry me ?".


Tapi, Jika laki-laki itu berkata "Could you marry me ?", itu sama saja dengan laki-laki itu berkata "Do you have the ability to marry me ?". Tentu itu terdengar aneh dan sangat tidak romantis.