Macam-macam Kata Kerja Kausatif dan Penggunaannya

Table of Contents

Kata Kerja Kausatif

Kata kerja kausatif atau causative verb adalah kata kerja yang memiliki akhiran ~kan. Kata kerja causative juga dikenal sebagai kata kerja yang menyebabkan sesuatu terjadi atau subjek membuat seseorang atau sesuatu melakukan sebuah aksi.



Macam-macam Kata Kerja Kausatif atau Causative Verb

Berikut ini adalah beberapa kata kerja kausatif atau causative verb.
  1. make
  2. get
  3. have
  4. help
  5. let
  6. allow
  7. permit
  8. require
  9. force
  10. hold
  11. cause
  12. keep
  13. motivate
  14. enable
  15. confince

Catatan !!!
Seseorang yang melakukan aksi disebut sebagai agent, dan aksi yang dilakukan disebut action verb atau kata kerja aksi. Action verb dapat berbentuk bare infinitive (kata kerja dasar) atau kata kerja infinitive. Ini tergantung dari kata kerja yang digunakan.

Rumus :
Subjek + Kata Kerja Kausatif + Agent + kata kerja aksi ( bare infinitive, infinitive )

Bare infinitive = have, let, make
Infinitive = allow, cause, enable, force, convince, dan sebagainya

Disini kita hanya akan membahas lima kata kerja kausatif atau causative verb yang paling populer, yaitu make, get, have, help, dan let.



Causative Verb Make

Causative Verb atau kata kerja kausatif make, digunakan untuk memaksa seseorang untuk melakukan sesuatu.


Contoh Penggunaan Make infinitive adalah

She made her children more responsible to something.
Dia(perempuan) memaksa anaknya agar lebih bertanggung jawab terhadap sesuatu

Budi always makes me cry.
Budi selalu membuat saya menangis



Causative Verb Get

Causative Verb atau kata kerja kausatif get, digunakan untuk mengatur seseorang untuk melakukan sesuatu.


Contoh Penggunaan get, kata kerja infinitive adalah

I got my baby to stop crying.
Saya membuat bayi saya berhenti menangis

I got Budi to clean my room every day
Saya membuat budi membersihkan kamar saya setiap hari



Causative Verb have

Causative Verb atau kata kerja kausatif have, digunakan untuk meminta seseorang untuk melakukan sesuatu.


Contoh Penggunaan have, kata kerja infinitive adalah

I will have my assistant alert me for meeting schedule.
Saya akan meminta asisten saya untuk mengingatkan saya jadwal pertemuan.

My bos had his secretary make copies of the document.
Atasan saya meminta sekretarisnya untuk membuat kopian dari dokumen itu.



Causative Verb help

Causative Verb atau kata kerja kausatif help, dapat digunakan baik dengan atau tanpa to. Kata kerja help ini membuat lebih mudah bagi seseorang untuk melakukan sesuatu.


Contoh Penggunaan help, kata kerja infinitive adalah

I will help you (to) fix this problem
Saya akan membantu kamu menyelesaikan masalah ini.

She will help you (to) make chocolate cake.
Dia(perempuan) akan membantu kamu untuk membuat kue coklat.



Causative Verb Let

Causative Verb atau kata kerja kausatif let, digunakan untuk membolehkan atau memberi izin sesuatu untuk terjadi.


Contoh Penggunaan let, kata kerja infinitive adalah

My parents let me choose my University
Orang tua saya memperbolehkan saya memilih universitas saya.

My father let me drive his car, if i have a driver license
Ayah saya memperbolehkan saya mengendarai mobilnya, jika saya memiliki Surat izin mengemudi.