Perbedaan Tell dan Say dan Kapan Menggunakannya

Table of Contents

Perbedaan Tell dan Say

Kalian mungkin sudah sering mendengar kata tell dan say ini, tapi tahukah kamu apa perbedaan jelas antara tell dan say ?


Sederhananya kalian bisa memikirkannya sendiri, saya akan memberikan sebuah deskripsi singkat dulu.


Kuncinya adalah sebagai berikut:
you say something to someone
you tell someone something

Berikut ini akan saya jelaskan perbedaan say dan tell secara terpisah.



Pengertian Say

Say digunakan untuk mengatakan sesuatu hal kepada seseorang. Jadi sesuatu hal di ucapkan terlebih dahulu sebelum subjek atau objek yang di beritahukan.


Dalam keadaan tertentu penggunaan kata say dapat TIDAK memiliki objek atau subjek penerima.


Beberapa kosa kata yang sering menggunakan kata say
  1. Hello
  2. Thank You
  3. Please
  4. Sorry
  5. Happy New Year
  6. Good Morning
  7. A Word
  8. Happy Birthday
  9. Excuse Me
  10. Good Luck
  11. See you Soon
  12. Congratulation


Contoh Penggunaan Kata Say

  1. Be sure to say 'hello' to your people you meet.
    Pastikan untuk mengucapkan 'hai' kepada orang yang kamu temui
  2. The children ignore everything i say.
    anak itu menolak segala sesuatu yang saya katakan
  3. how to say 'love' in chinese
    bagaimana cara mengatakan 'cinta' dalam bahasa mandarin
  4. He says interesting things about you
    Dia(laki-laki) berkata hal menarik tentang kamu
  5. How strong you say "I love You"
    Seberapa kuat kamu berkata "Saya Mencitai Kamu"


Pengertian Tell

Tell digunakan untuk memberitahukan subjek atau objek tentang sesuatu hal, bisa berupa peristiwa, kejadian, atau hal-hal lainnya.


Beberapa kosa kata yang biasa digunakan berpasangan dengan tell adalah
  1. a secret
  2. the truth
  3. your name
  4. a lie
  5. the difference between
  6. a story
  7. how to do something
  8. a joke
  9. the time
  10. the way to the station


Contoh Penggunaan Kata Tell

  1. The girl refused to tell me his name
    Gadis itu menolak untuk memberitahukan saya namanya
  2. Tell me what do you think of me
    Katakan pada saya apa yang kamu pikir tentang saya
  3. tell me the way to the station
    Beritahu kepada saya jalan ke stasiun
  4. tell me your secret, i will not tell anyone
    Beritahukan saya rahasianmu, saya tidak akan menceritakan kepada orang lain
  5. Budi is good at telling a story
    Budi bagus dalam menceritakan sebuah cerita.