Perbedaan Kata More, Fewer, Less

Table of Contents

More, Fewer dan Less

Dalam penulisan maupun percakapan bahasa inggris, kita sering mendengar tentang kata ini, more, fewer, dan less.


Ketiga kata yang saya sebutkan di atas ini adalah kata yang menyatakan jumlah suatu benda baik yang dapat dihitung maupun yang tidak dapat dihitung. Biasanya untuk sesuatu benda yang dapat dihitung dan tidak dapat dihitung dikenal sebagai count nouns dan noncount nouns.


Untuk lebih mudah mengenali tentang more, less, dan fewer perhatikan penjelasan di bawah ini.



More

Kata more memiliki ciri-ciri sebagai berikut ini. Kata more memiliki ciri-ciri adalah merupakan kata yang dapat digunakan pada kata benda yang dapat dihitung atau countable nouns dan kata benda yang tidak dapat dihitung atau uncountable nouns.


Sedangkan untuk pengertian atau terjemahan dari kata more ini adalah "lebih banyak".


Rumus :
more + count nouns + than

more + noncount nouns + than

Contoh :

he need more water(noncount nouns) than i = dia(laki-laki) membutuhkan lebih banyak air daripada saya
he pays more $50 than me = dia(laki-laki) membayar lebih banyak dari 50 dollar daripada saya.



Fewer

Fewer adalah kata yang digunakan untuk benda yang dapat dihitung jumlahnya atau count nouns.


Sedangkan untuk pengertian atau terjemahan dari kata fewer ini adalah "lebih sedikit".


Rumus :
fewer + count nouns + than


Contoh :

he buys fewer books to read than me = dia(laki-laki) membeli lebih sedikit buku untuk dibaca daripada saya.



Less

Less adalah kata yang digunakan untuk benda yang tidak dapat dihitung jumlahnya atau noncount nouns.


Sedangkan untuk pengertian atau terjemahan dari kata less ini adalah "lebih sedikit".


Rumus :
less + count nouns + than


Contoh :

she drinks less soda than me = dia meminum lebih sedikit soda daripada saya



Untuk lebih memahami penggunaan kata more, fewer, dan less. Perhatikan contoh kalimat di bawah ini.

I bring Rp 5.000,-. Budi Brings Rp 7.000,- (saya membawa Rp 5.000,-. Budi membawa Rp 7.000,-)
I bring less money than budi (saya membawa lebih sedikit uang daripada budi)
Budi brings more money than me(budi membawa lebih banyak uang daripada saya).


she eats two apples. I eat three apples (dia memakan dua apel. saya memakan tiga apel)
i eat more apples than she does (saya memakan lebih banyak apel daripada dia)
she eats fewer apples than i do (dia memakan lebih sedikit apel daripada saya)