12 Tenses Dasar Bahasa Inggris yang Sering Digunakan

Table of Contents

Untuk artikel kali ini akan dijelaskan 12 struktur tenses bahasa inggris dasar yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.


Untuk mempelajari kedua belas tenses dasar ini, kita akan melihat kedua aspek yaitu struktur bagaimana tenses tersebut digunakan dan kapan atau bagaimana kita menggunakan tenses tersebut.



12 Tenses Dasar Dalam Bahasa Inggris

Berikut ini adalah dua belas tenses dasar yang sering digunakan dalam bahasa inggris


1. Simple Present Tense

Simple present tense adalah tenses yang sering digunakan. Umumnya simple present tenses digunakan untuk menyatakan fakta, kebiasaan. atau kejadian yang terjadi pada saat ini.


Kata waktu yang digunakan pada simple present tenses adalah always, every, never, normally, often, sometimes, usually, dan seldom.


Untuk kalimat aktif, kita menggunakan kata kerja 1 (V1) + s/es, sedangkan untuk kalimat negatif atau interogatif kita menggunakan kata do atau does.


Contoh :

Budi helps me (+) = budi menolong saya (+)

Budi doesn't help me (-) = budi tidak menolong saya (-)

does Budi help me ? (?) = apakah budi menolong saya (?)


2. Simple Present Continuous Tense

Simple Present Continuous Tense adalah tenses yang menyatakan aksi yang sedang berlangsung saat pembicaraan sedang berlangsung, selain itu tenses ini juga dapat digunakan untuk membuat rencana di masa depan.


Kata waktu yang digunakan pada simple present continuous tense adalah at the moment, just now, now, right now, listen!, dan look!.


Untuk kalimat aktif dari tenses ini kita dapat menggunakan am/is/are + Kata Kerja 1 (V1)-ing, sedangkan untuk kalimat negatif dan interogatif kita menggunakan am/is/are sebelum kata not atau subjek. Perhatikan contoh di bawah ini


Contoh :

Budi is playing a game right now (+) = budi sedang bermain game sekarang (+)

Budi isn't playing a game right now (-) = budi tidak sedang bermain game sekarang (-)

is Budi playing a game right now ? (?) = apakah budi sedang bermain game sekarang (?)


3. Present Perfect Tense

Present perfect tense adalah tenses yang digunakan untuk menekankan hasil, selain itu tenses ini dapat digunakan untuk menunjukkan aksi yang masih sedang berlangsung atau baru saja selesai.


Kata watu yang digunakan pada simple perfect tense adalah already, every, just, never, not yet, so far, till now, dan up to now.


Untuk kalimat aktif pada present perfect tense kita menggunakan kata Have/has + Kata Kerja Ke-3 (V3), sedangkan untuk kalimat negatif dan interogatif kata has/have yang diletakkan sebelum not (untuk bentuk negatif) dan sebelum subjek untuk interogatif


Contoh :

Budi has already finished his homework (+) = budi sudah menyelesaikan prnya

Budi hasn't already finished his homework (-) = budi belum menyelesaikan prnya

has Budi already finished his homework ? (?) = apakah budi sudah menyelesaikan prnya ?


4. Present Perfect Continuous Tense

Present Perfect Continuous Tense adalah tenses yang digunakan untuk menyatakan aksi yang telah selesai pada satu titik waktu di masa lampau atau bisa juga aksi tersebut telah dimulai di masa lampau dan masih terus berlanjut hingga saat ini.


Kata waktu yang digunakan pada present perfect tenses adalah for the last N (Number) hours, for the past N(Number) years, How long ... ?, The whole week, Since Y


Untuk bentuk kalimat aktif kita menggunakan kata has/have + Been + Verb I (V1)-ing. Dan untuk kalimat negatif kita dapat menambahkan kata not setelah have/has dan memindahkan kata has/have sebelum subjek pada kalimat interogatif.


Contoh :

Budi have been living here since 1995 (+) = budi telah tinggal disini sejak 1995 (+)

Budi haven't been living here since 1995 (-) = budi tidak tinggal disini sejak 1995 (-)

have Budi been living here since 1995 ? (?) = apakah budi sudah tinggal disini sejak 1995 ? (?)


5. Simple Past Tense

Simple past tense adalah tenses yang digunakan untuk menyatakan suatu kejadian yang terjadi pada masa lampau. Bentuknya sangat sederhana dan mudah di pahami, kita hanya perlu mengubah kata do/does dari present tense menjadi kata did + Kata Kerja Bentuk ke dua (V2) untuk kalimat interogatif dan negatif. Sedangkan untuk bentuk kalimat aktif kita hanya perlu mengubah kata kerja pertama menjadi bentuk ke dua.


Kata waktu yang digunakan pada simple past tense adalah yesterday, N(Number) minuts ago, in Y(Year), last D(Day), this morning.


Contoh :

Last Monday, Budi went to school (+) = senin lalu, budi pergi ke sekolah (+)

Last Monday, Budi didn't go to school (-) = senin lalu, budi tidak pergi ke sekolah (-)

Did Budi go to school, Last Monday (?) = apakah budi pergi ke sekolah, senin lalu ? (?)


6. Simple Past Continuous Tense

Simple past continuous tense adalah tenses yang digunakan untuk menyatakan aksi yang sedang terjadi pada suatu waktu tertentu di masa lalu, atau bisa juga ada dua kejadian di masa lampau yang mana salah satu kejadian menginterupsi kejadian yang lain.


Kata waktu yang digunakan pada simple past continuous tense adalah kata when, while, as long as, at this time yesterday, at N o'clock yesterday, dan sebagainya.


Untuk kalimat aktif pada simple past continuous tense kita menggunakan kata was/were + Kata Kerja 1 (V1)-ing. Sedangkan untuk kalimat negatif kita meletakkan kata not setelah kata was/were dan untuk interogatif kita memindahkan kata was/were ke depan sebelum subjek.


Contoh :

Budi was playing pokemon go when i went to his house yesterday(+) = budi sedang bermain pokemon go ketika saya pergi ke rumahnya kemarin

Budi wasn't playing pokemon go when i went to his house yesterday (-) = budi tidak sedang bermain pokemon go ketika saya pergi ke rumahnya kemarin

was Budi playing pokemon go when i went to his house yesterday ? (?) = apakah budi sedang bermain pokemon go ketika saya pergi ke rumahnya kemarin


7. Past Perfect Tense

Past perfect tense adalah tenses yang penggunaannya merujuk pada sebuah kejadian yang terjadi sebelum suatu waktu tertentu di masa lampau (penanda kejadian). Pola past perfect tense ini lebih menekankan pada fakta dibanding durasi.


Kata waktu yang digunakan dalam past perfect tense adalah before yesterday, till N days ago, until that day, dan sebagainya.


Untuk kalimat aktif dari past perfect tense ini kita menggunakan kata bantu Had + Kata Kerja bentuk ke tiga (V3). Sedangkan untuk kalimat negatif kita dapat menambahkan kata not setelah kata had dan untuk kalimat interogatif kita hanya perlu memindahkan kata had ke depan sebelum subjek.


Contoh :

Budi had absent till three days ago (+) = budi telah absen sampai tiga hari lalu (+).

Budi hadn't absent till three days ago (-) = budi tidak absen sampai tiga hari lalu (-).

had Budi absent till three days ago ? (?) = apakah budi absen sampai tiga hari lalu ? (?).


8. Past Perfect Continuous Tenses

Past Perfect tense adalah tenses yang penggunaan-nya hampir sama dengan past perfect tenses. Bedanya pas perfect tenses digunakan untuk menyatakan aksi yang terjadi di masa lalu dan telah selesai pada suatu waktu di masa lalu. Penting di ingat bahwa past perfect tense menekankan pada durasi atau lama suatu kejadian berlangsung.


kata waktu pada past perfect tense adalah for, since, the whole day, all day, dan sebagainya


Untuk bentuk kalimat aktif dari past perfect tense, kita dapat menuliskan dengan kata subjek + Had + been + V1-ing. Sedangkan untuk kalimat negatif kita hanya perlu menambahkan kata not setelah kata had dan untuk kalimat interogatif kita hanya perlu memindahkan kata had di depan sebelum subjek


Contoh :

Budi had been working on insurance company for three years (+) = budi telah berkerja di perusahaan asuransi selama tiga tahun (+)

Budi hadn't been working on insurance company for three years (-) = budi tidak sedang bekerja di perusahaan asuransi selama tiga tahun (-)

had Budi been working on insurance company for three years (?) = apakah budi sudah bekerja di perusahaan asuransi selama tiga tahun ? (?)


9. Simple Future Tense

Simple future tense adalah tenses yang menandakan suatu aksi yang akan terjadi di masa yang akan datang dan tidak dapat di pengaruhi. Selain itu simple future juga dapat digunakan untuk mengambil keputusan di masa yang akan datang.


Kata waktu yang sering digunakan pada future tenses adalah kata in a year, next.., tomorrow, next week, dan sebagainya.


Untuk kalimat aktif pada simple future kita menuliskan dengan will/shall((am/is/are) going to) + V1 . Sedangkan untuk kalimat negatif kita dapat menambahkan kata not setelah kata will atau shall atau am/is/are (not)+going to. Untuk kalimat interogatif kita hanya perlu memindahkan kata will atau shall ke depan sebelum subjek atau am/is/are ke depan sebelum subjek.


Contoh :

Budi will marry me next year (+) = budi akan menikahi saya tahun depan (+)

Budi won't marry me next year (-) = budi tidak akan menikahi saya tahun depan (-)

Will Budi marry me next year ? (?) = apakah budi akan menikahi saya tahun depan ? (?)


10. Future Continuous Tense

Futer continuous tense adalah tenses yang menyatakan aksi yang terjadi pada waktu tertentu di masa yang akan datang atau aksi yang pasti akan terjadi di waktu yang akan datang.


Kata waktu future continuous tense adalah Tomorrow, tomorrow morning, in one year, dan masih banyak lagi.


Untuk bentuk kalimat aktif kita hanya perlu menambahkan kata will/shall+ be + Kata Kerja 1(V1)-ing atau am/is/are + going to + be + Kata Kerja 1(V1)-ing. Untuk kalimat negatif kita dapat meletakkan kata not setelah kata will/shall atau setelah to be (am/is/are). Dan untuk kalimat interogatif kita dapat memindahkan kata will/shall ke depan sebelum subjek atau kata am/is/are ke depan sebelum subjek untuk pola to be going to.


Contoh :

Budi will be eating him birthday cake, tomorrow (+) = budi akan memakan kue ulang tahunnya besok (+)

Budi will not be eating him birthday cake, tomorrow (-) = budi tidak akan memakan kue ulang tahunnya besok (-)

will Budi be eating him birthday cake, tomorrow ? (?) = apakah budi akan memakan kue ulang tahunnya besok (?)


11. Future Perfect Tense

Future perfect tense adalah tenses yang menyatakan penekanan pada aksi yang sudah berakhir pada waktu tertentu di masa yang akan datang. Lebih mudahnya mungkin bisa di umpamakan sebagai sebuah janji, misalnya besok setelah saya menyelesaikan PR baru saya pergi bermain.


Kata waktu yang digunakan masih sama seperti tenses future seperti tomorrow, by next D (Day), in a week (dalam minggu ini), dan sebagainya.


Untuk kalimat aktif kita dapat menuliskan dengan subjek + Will/Shall + Have + Kata Kerja 3 (V3). Untuk kalimat negatif kita dapat meletakkan kata not setelah kata will/shall. dan untuk kalimat interogatif kita dapat meletakkan kata will/shall di depan subjek. Untuk lebih mudahnya perhatikan contoh di bawah ini.


Contoh :

Budi will have finished his homework, before playing game tomorrow (+) = budi akan menyelesaikan prnya, sebelum bermain game besok (+)

Budi will not have finished his homework, before playing game tomorrow (-) = budi tidak akan menyelesaikan prnya, sebelum bermain game besok (-)

will Budi have finished his homework, before playing game tomorrow ? (?) = apakah budi akan menyelesaikan prnya, sebelum bermain game besok (?)


12. Future Perfect Continuous Tense

Future Perfect Continuous Tense adalah tenses yang berisi serangkaian aksi atau kejadian yang terjadi sebelum suatu waktu tertentu di masa yang akan datang.


Kata waktu yang digunakan pada future perfect continuous tense adalah for the last day, for the last couple of hours, all day long, dan sebagainya.


Untuk kalimat aktif kita dapat menuliskan dengan subjek + will/shall((am/is/are)going to) have been + V1-ing. Untuk kalimat negatif kita dapat menuliskan dengan menambahkan kata not setelah shall/will atau setelah am/is/are. dan untuk bentuk interogatif kita dapat menuliskan dengan memindahkan will/shall/am/is/are di depan sebelum subjek.

Contoh :

Budi will have been studying all day long (+) = budi akan belajar sepanjang hari (+)

Budi will not have been studying all day long (-) = budi tidak akan belajar sepanjang hari (+)

will Budi have been studying all day long ? (?) = apakah budi akan belajar sepanjang hari (+)