Perbedaan Antara British English dan American English

Table of Contents

Perbedaan Antara British English dan American English

Bahasa inggris tidak hanya digunakan di negara inggris saja, banyak negara lain juga menjadikan bahasa inggris sebagai bahasa pokok mereka seperti Amerika, Australia, dan Singapura. Kali ini kita akan mengenal tentang British English di Negara Inggris dan American English di Amerika. Kali ini kita akan mempelajari perbedaan bahasa inggris di Inggris dan di Amerika.


Banyak orang berpendapat bahwa awalnya bahasa inggris pertama kali di negara Inggris yang kemudian menyebar hingga ke Amerika. Menurut salah satu sumber Differences between British and American English mengatakan bahwa hal ini terjadi ketika abad ke 16 sampai abad ke 17. Pada saat itu pengucapan bahasa masih belum memiliki standarisasi dan Orang-orang menulis kamus pertama menggunakan batu, disana awal dikenalnya huruf-huruf.


Bentuk pengucapan yang berbeda antara Amerika dan Inggris sebenarnya telah dimulai sejak penghuni pertama tiba di amerika. Mereka menggunakan istilah rhotic speech, dimana bunyi huruf "r" dilafalkan. Sementara itu orang bangsawan Amerika ingin membedakan cara pengucapan dengan Inggris dan membuat pengucapan dari bunyi "r" ini lebih terdengar, berbeda dengan British English yang huruf "r" hampir tidak terdengar.



Perbedaan pengucapan American English dan British English

Inggris dan Amerika memang memiliki beberapa perbedaan dalam pengucapan seperti pada tabel di bawah ini.


Perbedaan British English dan American English
Britist English
American English
-oe-/-ae- (anaemia, diarrhoea, encyclopaedia) -e- (anemia, diarrhea, encyclopedia)
-t (burnt, dreamt, leapt) -ed (burned, dreamed, leaped)
-ence (defence, offence, licence) -ense (defense, offense, license)
-ell- (cancelled, jeweller, marvellous) -el- (canceled, jeweler, marvelous)
-ise (appetiser, familiarise, organise) -ize (appetizer, familiarize, organize)
-l- (enrol, fulfil, skilful) -ll- (enroll, fulfill, skillfull)
-ogue (analogue, monologue, catalogue) -og (e.g. analog, monolog, catalog) * Ada beberapa warga amerika yang membaca dengan -ogue
-ou (colour, behaviour, mould) -o (color, behavior, mold)
-re (metre, fibre, centre) -er (meter, fiber, center)
-y- (tyre) -i- (tire)


Perbedaan Kosa Kata British English dan American English

Selain pengucapan atau pelafalan yang berbeda, terdapat juga beberapa kata yang berbeda kosa katanya pada British English dan American English.


Britist English
American English
trousers
pants
flat
apartment
bonnet (the front of the car)
hood
boot (the back of the car)
trunk
lorry
truck
university
college
holiday
vacation
jumper
sweater
crisps
chips
chips
french fries
trainers
sneakers
fizzy drink
soda
postbox
mailbox
biscuit
cookie
chemist
drugstore
shop
store
football
soccer
waistcoat
vest
peckist
hungry
colour
color
aeroplane
airplane
cheque
check
theatre
theater
grey
gray
courgette
zucchini
aubergine
eggplant
runner bean/string bean
string bean
ground floor
first floor/ground floor
first floor
second floor
underground
subway
chemist's
drugstore/pharmacy
phone box
phone booth
queue
line
autumn
fall, autumn
high street
main street
takeaway
takeout
timetable
schedule
rubber
eraser
post
mail


Perbedaan Tata Bahasa (Grammar) British English dan American English

Selain perbedaan pada pengucapan dan kosa kata, ada juga perbedaan tata bahasa pada British English dan American English.


Perbedaan Kosa Kata

Perbedaan paling mendasar dan paling mencolok dari English British dan American English adalah dari kosa katanya. Ini sudah ditampilkan pada tabel di atas. Sebagai contoh British English menyebut kap mobil dengan sebutan bonnet, sedangkan American English menyebutnya dengan hood.


Kata Benda dengan Arti Majemuk (Collective nouns)

Kita biasanya menggunakan collective nouns untuk menyatakan sesuatu yang merujuk pada sekumpulan individu. Sebagai contoh kata staff merujuk pada sekumpulan pegawai. Untuk American English akan menyebutnya dengan "the staff is dilligent" (American english mempertimbangkan kata benda sebagai bentuk tunggal atau singular), sedangkan British English menyebutkan dengan the staff are dilligent (British english mempertimbangkan kata benda sebagai bentuk jamak atau plural).


Auxiliary Verb atau Pembantu Kata Kerja

Disini British Noun lebih seperti menggunakan formal speech atau bentuk sopan, seperti 'shall', sedangkan American menggunakan jenis tidak formal seperti will atau should. Contoh British English menggunakan kata "shall i go now ?" sedangkan pada American English menggunakan "should i go now ?"


Past Tense

Disini pada American English cenderung menggunakan akhiran ~ed pada kata kerja, sedangkan British English cenderung menggunakan akhiran ~t. Contoh Dreamed (American English) dan Dreamt (British English). Pada bentuk past participle, American English cenderung menggunakan akhiran ~en pada akhir irregular verb(kata kerja tidak beraturan) sedangkan pada British English lebih sering menggunakan past tense. Contoh pada American English menggunakan 'gotten' sebagai bentuk past participle dari 'get', dan pada British English lebih sering menggunakan 'got'.


Question Tag

Untuk pola question tag yang bertanya benarkan atau betulkan, seperti kalimat "You like him, do you?". Biasanya untuk pola kalimat tersebut pada American English lebih dapat menggunakan kata too seperti "yes i do too", sedangkan untuk British English hanya "yes i do".


Lainnya

Kata 'Needn't' sudah biasa digunakan pada British English, sedangkan jarang digunakan pada American English, mereka lebih sering menggunakan 'don't need to'.


Pada British English menggunakan kata "going to" menyatakan "akan melakukan" sedangkan pada American English menggunakan kata "gonna".




Referensi :
Differences between British and American English
Grammar Differences Between American and British English
Six Differences Between British and American English