Pemakaian atau Perbedaan a, dan an

Table of Contents

Perbedaan a dan an

a dan an, memiliki pengertian yang sama yaitu sebuah, satu, se... Penggunaan kata a dan an ini pada kata benda yang umum. Penting untuk di ingat bahwa kata a dan an hanya digunakan pada kata benda yang dapat dihitung.



Penggunaan a

a digunakan di muka kata benda tunggal yang dimulai dengan bunyi huruf mati (selain a, i, u, e, dan o) dan untuk kata benda yang jamak tidak boleh memakai a di depannya.


Contoh :

dogs
a dog
money
water
wild cats



Penggunaan an

an digunakan pada muka kata benda tunggal yang dapat dihitung yang dimulai dengan huruf hidup yaitu a, i, u, e, dan o. atau bunyi huruf hidup


Contoh :

  1. this is an island
  2. that is an egg
  3. this is an ocean
  4. he has been here for a hour
  5. i am a student
  6. he is a university student



Contoh latihan soal penggunaan a dan an

Berikut ini adalah beberapa contoh penggunaan kata a atau an

  1. i drink a milk = saya membeli sebuah susu
  2. she needs a pen = dia(perempuan) membutuhkan sebuah pulpen
  3. i see a old men = saya melihat seorang pria tua
  4. i have an son = saya memiliki seorang putra
  5. he needs a water = dia(laki-laki) membutuhkan sebuah air
  6. i have a children = saya memiliki seorang anak
  7. he buys an orange = dia(laki-laki) membeli sebuah jeruk
  8. she wants an apple = dia(perempuan) ingin sebuah apel
  9. it is a money = itu sebuah uang
  10. i see a cow = saya melihat seekor sapi
  11. i buy an orange = saya membeli sebuah jeruk
  12. i need a wine = saya membutuhkan sebuah anggur
  13. it is an ocean = itu adalah sebuah lautan
  14. he has a teeth = dia(laki-laki) memiliki sebuah gigi
  15. john buys a buffalo = john membeli sebuah lembu/kerbau
  16. budi is an abroad student = budi adalah seorang siswa pindahan dari luar negeri
  17. i have a radio = saya mempunyai sebuah radio
  18. she takes a rice = dia(perempuan) mengambil nasi
  19. i open a window = saya membuka sebuah jendela
  20. jack eats a bread = jack memakan sebuah roti
  21. ani sells an apple = ani menjual sebuah apel
  22. i eat an apple = saya memakan sebuah apel
  23. it is an island = itu adalah sebuah pulau
  24. you are a boy = kamu adalah seorang pria