Contoh kalimat preposition

Table of Contents

Berikut ini adalah contoh penggunaan preposition


  1. he is angry with me = dia marah kepada saya
  2. i am afraid of the dog = saya takut kepada anjing
  3. she is fond of meat = dua sangat suka akan daging
  4. he goes to school with this friend = dia(laki-laki) pergi ke sekolah dengan temannya
  5. i come here on foot = saya kemari dengan jalan kaki
  6. she went to bali by plane = dia(perempuan) pergi ke bali naik pesawat
  7. i put on my new shoes = saya memakai sepatu
  8. he was born in 1996 = dia(laki-laki) lahir pada tahun 1996
  9. they come here on friday = mereka datang ke sini pada hari jumat
  10. she arrived at 7 o'clock = dia (perempuan) tiba pada pukul tujuh
  11. he will join the test in july = dia(laki-laki) akan mengikuti ujian pada bulan juli
  12. he lives in jakarta = dia(laki-laki) tinggal di jakarta
  13. my uncle lives at maros = paman saya tinggal di maros
  14. come on, the bus will leave soon! = mari mendekat, bus akan berangkat segera
  15. come in, the lesson will begin! = mari masuk, pelajaran akan dimulai
  16. i sit on the table = saya duduk di atas meja
  17. the book is on the table = buku itu berada di atas meja
  18. the dog sleeps under the table = anjing itu tidur di bawah meja
  19. the boys stand round the table = para anak laki-laki itu berdiri memutari meja
  20. i look for my pen, it was lost = saya mencari pulpen saya, pulpen itu menghilang
  21. i look at the blackboard = saya memandang ke papan tulis itu
  22. the nurse looks after the patient = perawat itu menjaga pasien itu
  23. she believes in god = dia(perempuan) percaya kepada Tuhan
  24. i translate into english = saya menerjemahkan ke dalam bahasa inggris
  25. she changer it into positive = dia mengubah itu mejadi positif
  26. i write of in pencil = saya menulis dengan pinsil
  27. money is in my pocket = uang berada dalam saku-ku
  28. i put the book into my bag = saya meletakkan buku itu ke dalam tas-ku
  29. the lesson is written by budi = pelajaran itu ditulis oleh budi
  30. i talk to by friend = saya berbicara kepada teman
  31. she talks about mathematics = dia(perempuan) membicarakan tentang matematika
  32. she lives in jalan irian = dia tinggal di jalan irian
  33. they fight against me = mereka berkelahi melawan saya
  34. he speaks in a loud voice = dia(laki-laki) berbicara dengan suara lantang
  35. the plane takes off at seven = pesawat itu lepas landas pukul tujuh
  36. she turns(switches) on the tv = dia(perempuan) menyalakan televisi
  37. he sprang into the water = dia melompat ke dalam air
  38. john sits between ani and budi = john duduk diantara ani dan budi
  39. they is an englishman among the people in the street = mereka adalah orang berkebangsaan inggris diantara orang-orang di jalanan
  40. you may sit next me = kamu boleh duduk disamping-ku
  41. the lamp is above the table = lampu berada di atas meja
  42. the picture is over the chair = gambar/lukisan berada di atas kursi
  43. the picture is on the wall = lukisan berada di atas tembok
  44. the cloud in the sky = awan berada di atas langit
  45. we have breakfast in the morning = kami sudah sarapan pagi ini
  46. the ball is outside the line = bola itu berada di luar garis
  47. they stand in the classroom = mereka berdiri di dalam kelas
  48. he stands behind me = dia(laki-laki) duduk di belakang-ku
  49. the pen is in front of me = pulpen itu berada di depan-ku
  50. where is the knife? it is in front of the ball = dimana pisau itu ? itu berada di depan bola
  51. where is the ball ? it is among the bucket and the box = dimana bola itu ? itu berada diantara keranjang dan kotak
  52. where is the pencil ? itu is in the box = dimana pinsil itu? itu berada di dalam kotak
  53. where is the spoon? it is behind the ball = dimana sendok itu ? itu berada di belakang bola