Tujuan dan Manfaat Membaca Peta

Table of Contents

Tujuan Pembuatan Peta

Ada banyak kegunaan peta, semua itu tergantung dari tujuan dibuatnya peta.


Misalnya kita akan membuat peta yang memperlihatkan fenomena alam atau budaya yang telah kita amati. Untuk dapat ditafsirkan dan asosiasikan keterkaitannya maka kita membuat peta.


Peta yang banyak memperlihatkan pegunungan atau perbukitan akan dicirikan dengan ketampakan garis kontur yang rapat sampai sangat rapat.


Ketampakan garis kontur yang rapat menunjukkan kemiringan lereng yang terjal hingga lereng yang sangat curam atau diatas empat puluh lima derajat (>45°).


Disamping itu, lembah-lembah di lereng-lereng biasanya dalam yang diakibatkan pengikisan air hujan dan sangat mudah ditemukan sumber air di lembahnya.


Pada umumnya fenomena pegunungan atau perbukitan ditumbuhi oleh kategori hutan rapat sehingga sangat memungkinkan untuk terjadinya air larian di bagian lembahnya.


Untuk permukiman dengan pola menyebar dapat ditunjukkan dengan ketampakan garis kontur yang jarang.



Manfaat Membaca Peta

Begitu banyak manfaat yang dapat kita peroleh dengan membaca sebuah peta. Berikut ini saya tuliskan manfaat yang kita dapat dari membaca peta.
  1. Dapat mengetahui jarak lurus antara dua buah tempat di permukaan Bumi. Dengan menggunakan penggaris, kita dapat menentukan jarak antara dua tempat dan kemudian hasilnya dikalikan dengan penyebut yang terdapat pada skala peta.
  2. Dapat mengetahui kondisi alami pada suatu wilayah tanpa Anda mengunjungi tempat yang bersangkutan. Sebagai contoh, masyarakat pedalaman yang tinggal di hutan Kalimantan rata-rata terisolasi dari daerah lainnya.
    Interprestasinya, adalah daerah tersebut berada di wilayah pegunungan sehingga menyusahkan pemantauannya melalui sarana transportasi.
  3. Menginterpretasi bentuk suatu wilayah menggunakan bantuan garis kontur.
  4. Mengetahui penyebaran lokasi pemukiman dengan cirikan dari ketampakan fisik pada peta. Dari ketampakan inilah, kita dapat menginterpretasi keadaan lahannya.

Dapat dikatakan cukup mudah, kita dapat melakukannya sendiri-sendiri. Saat ini kebanyakan aplikasi peta terdiri atas beberapa subjek dengan analisis singkat. Kalian hanya harus terus berlatih untuk mempelajarinya.