Cara Mengukur Tekanan Udara dan Peristiwa-peristiwa Akibat Tekanan Udara

Table of Contents

Permukaan bumi ini secara langsung ditekan oleh udara dan dikarenakan udara memiliki massa, maka akan timbul beberapa peristiwa terkait tekanan udara di bumi ini.


Peristiwa-peristiwa Yang Disebabkan Oleh Tekanan Udara

Karena udara memiliki wujud sebagai benda gas yang menyelubungi bumi dan mempunyai massa, maka dapat terjadi peristiwa-peristiwa akibat tekanan udara seperti bawah ini.
  1. Massa udara menumpuk di permukaan bumi dan udara di atas menindih udara di bawahnya, tekanan ini dinamakan tekanan udara
  2. Massa udara dipengaruhi oleh gaya gravitasi bumi. Hal ini menyebabkan semakin dekat dengan bumi udara semakin mampat dan semakin ke atas semakin renggang, atau semakin dekat dengan bumi tekanan udara semakin besar dan sebaliknya.
  3. Massa udara jika mendapatkan panas akan memuai dan jika mendapatkan dingin akan menyusut.


Mengukur Tekanan Udara


Apakah alat pengukur tekanan udara ?

Tekanan udara dapat kita ukur menggunakan alat yang bernama barometer.

Seorang ilmuan bernama Toricelli pada tahun 1643 menciptakan barometer air raksa. Barometer ini digunakan untuk mengukur tekanan udara, namun karena barometer air raksa tidak mudah dibawa ke mana-mana, makan dibuatlah penggantinya yang disebut sebagai barometer aneroid.


Tekanan udara akan berbanding terbalik dengan ketinggian suatu tempat sehingga semakin tinggi tempat dari permukaan laut semakin rendah tekanan udarannya. Ini artinya makin tinggi tempat akan makin berkurang udara yang menekannya.


Apakah satuan hitung yang digunakan untuk menyatakan tekanan udara ?

Satuan hitung yang digunakan untuk menentukan tekanan udara adalah milibar.

Tahukah kamu !!!
Garis pada peta yang menghubungkan tempat-tempat yang memiliki tekanan udara sama disebut dengan isobar.


Mengukur Ketinggian Tempat Dari Permukaan Laut

Ketinggian suatu tempat dari permukaan laut dapat juga diukur menggunakan barometer.


Dimana kenaikan 10 m suatu tempat akan menurunkan permukaan air raksa dalam tabung sebesar 1 mm.


Dalam satuan milibar (mb), setiap kenaikan 8 m pada lapisan atmosfer bawah, tekanan udara turun sebesar 1 mb, sedangkan pada atmosfer atas dengan kenaikan akan menjadi > 8 m tekanan udara akan turun 1 mb.


Barometer aneroid adalah alat pengukur ketinggian tempat dinamakan juga altimeter yang biasa digunakan untuk mengukur ketinggian kapal udara yang sedang terbang


Barometer, alat untuk mengukur tekanan udara