Sistem Produksi Usaha Sistem Teknik

Table of Contents

Aneka Produk Usaha Sistem Teknik

Produk usaha sistem teknik dirancang atau dikembangkan dari aspek-aspek lingkungan, sosial budaya, ekonomi, dan etika masyarakat dalam hal ini sebagai pengguna.


Hemat sumber daya, minim dampak polutif, mudah penggunaan dan perawatannya merupakan bagian terpenting yang menjadi perhatian.


Karya rekayasa inovatif dibuat agar dapat memudahkan dan meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam proses pembuatan produk, seperti
  1. produk pengolahan hasil pertanian
  2. perkebunan
  3. perikanan
  4. limbah perkebunan

Semua bagian di atas merupakan bagian solusi dalam berproduksi.



Contoh Aneka Produk Peralatan Sistem Teknik

Beberapa contoh aneka produk peralatan sistem teknik antara lain adalah sebagai berikut.



a. Alat pencetak arang briket

Alat pencetak arang briket adalah kempa yang berfungsi mencetak tepung arang dengan ukuran mesh tertentu yang telah dicampur dengan perekat kanji, sehingga menjadi briket arang dengan ukuran dan bentuk tertentu seperti: kubus, bulat tabung, dan atau bulat pepat.


Tekanan yang dihasilkan oleh kempa, selain manual dapat juga berasal dari hidraulik, maupun tekanan mekanik menggunakan ulir.



b. Alat pengering hasil pertanian

Alat pengering hasil pertanian, menggunakan bahan seng yang diberi warna hitam dengan tujuan agar menyerap panas, sinar matahari diserap oleh benda seng berwarna gelap dan diteruskan ke dalam ruangan atau oven.


Alat ini dibuat dengan tujuan untuk mengurangi kadar air hasil pertanian dan baki (tray) yang berfungsi sebagai wadah bahan yang dikeringkan di dalam ruang pengering pada proses penjemuran secara alami sehingga mengenai permukaan bahan yang akan dikeringkan.



c. Kompor Batik

Kompor listrik untuk membatik digunakan untuk menggantikan kompor sumbu yang menggunakan minyak tanah yang saat ini sudah jarang didapatkan. Ini dilakukan untuk menghemat biaya produksi untuk memanaskan lilin atau malam untuk membatik.


Kompor listrik didesain menggunakan elemen pemanas yang dibuat spiral yang dialiri arus listrik AC 220 Volt/50 Hz mengkonversi dari energi listrik menjadi energi panas. Kompor dilengkapi oleh saklar atau push button, potensiometer dan lampu indikator.



d. Alat pengambilan zat warna alam indigo

Proses pengambilan zat warna alam indigo secara umum dilakukan dengan cara aerasi pada cairan hasil rendaman daun hasil tanaman Indigofera tinctoria. L.


Proses aerasi berlangsung ketika air dispraykan melalui sprayer. Cairan di tampung pada tangki jika proses aerasi selesai.


Produk peralatan sistem teknik yang lain, diantaranya seperti alat pembuat tepung misalnya alat pembuat tepung, terdiri dari dua komponen utama, yaitu penghalus dan penyaring.


Penghalus dapat berupa grind, yaitu pertemuan dua buah logam yang berputar berlawanan arah dan menghancurkan benda yang hendak dihaluskan.


Penyaring berfungsi mengayak tepung dengan ukuran mesh tertentu. Produk peralatan pres gambir, alat berbentuk kempa (tekanan) yang dihasilkan baik dari tenaga hidrolik maupun mekanik.


Spiner sebagai salah satu alat yang digunakan untuk memisahkan produk olahan dari cairan atau minyak termasuk ke dalam produk peralatan sistem teknik.