Pengertian Citra dan Wahana

Table of Contents

Citra

Citra adalah sebuah gambaran yang tampak dari suatu objek yang sedang diamati sebagai hasil liputan atau rekaman suatu alat pemantau.


Sebagai contoh, kita memotret sebuah bunga di taman. Citra taman di halaman rumah yang berhasil kita buat merupakan citra taman tersebut.


Proses pembuatan citra dengan cara memotret objek dapat dilakukan dengan arah horisontal maupun vertikal dari udara atau penampakan atas.


Hasil citra secara horisontal tampak sangat berbeda jika dibandingkan dengan hasil pemotretan dari atas atau udara.


Gambar yang dicitra dengan arah horisontal menghasilkan citra tampak samping, sedangkan dengan arah vertikal menghasilkan citra tampak atas baik tegak maupun miring atau obliq.


Contoh Citra Foto

Menurut Hornby, citra adalah gambaran yang terekam oleh kamera atau terekam oleh alat sensor yang lain. Sedangkan, menurut Simonet dkk., citra adalah gambar rekaman suatu objek, biasanya berupa gambaran pada citra yang diperoleh melalui cara optik, elektro-optik, optikmekanik, atau elektro-mekanik.



Wahana

Wahana adalah kendaraan yang membawa alat pemantau.


Wahana sering pula dinamakan mediator.


Jenis Wahana Berdasarkan Ketinggian Peredarannya

Ditinjau berdasarkan tinggi peredarannya, posisi wahana dapat diklasifikasikan menjadi tiga kelompok, yaitu sebagai berikut.
  1. Pesawat terbang rendah sampai medium atau low to medium altitude aircraft ketinggian antara 1.000–9.000 meter dari permukaan bumi.
    Citra yang dihasilkannya adalah citra foto atau foto udara.
  2. Pesawat terbang tinggi atau high altitude aircraft dengan ketinggian sekitar 18.000 meter dari permukaan bumi.
    Citra yang dihasilkannya adalah citra udara dan multispectral scanner data.
  3. Satelit dengan ketinggian antara 400 km sampai 900 km dari permukaan bumi.
    Citra yang dihasilkan adalah citra satelit.