Perencanaan Usaha Kerajinan dengan Inspirasi

Table of Contents

Sebagian besar seorang yang berpikir untuk memulai usaha adalah dengan memanfaatkan objek atau benda.



Budaya Non-benda dan Budaya Tradisional sebagai Sumber Inspirasi

Negara Indonesia diketahui sangat kaya dengan budaya tradisionalnya, baik yang merupakan adat istiadat yang berlaku pada setiap kelompok etnik atau suku bangsa.


Terdapat lebih dari tiga ratus (300) kelompok etnik atau suku bangsa di Indonesia atau tepatnya 1.340 suku bangsa menurut sensus Badan Pusat Statistik tahun 2010.


Indonesia memiliki jumlah suku bangsa terbanyak di Asia Tenggara. Ini berarti, Indonesia memiliki keragaman budaya tradisional yang merupakan potensi luar biasa yang dapat dijadikan sumber inspirasi.


Budaya tradisi dapat dikelompokkan ke dalam dua jenis, yaitu
  1. Budaya non-benda
  2. Artefak atau objek budaya

Budaya non-benda ada beberapa jenis, seperti
  1. Pantun
  2. Cerita rakyat
  3. Tarian
  4. Upacara adat

Sedangkan artefak atau objek budaya diantaranya seperti
  1. Pakaian daerah
  2. Wadah tradisional
  3. Senjata dan rumah adat

Dalam kehidupan sehari-hari, produk budaya tradisional non-benda maupun artefak tidak dipisah-pisahkan melainkan menjadi satu kesatuan dan saling melengkapi.


Sebuah tarian tradisional bisa saja membawakan cerita tradisional, dengan menggunakan pakaian tradisional dan ditarikan pada sebuah upacara yang merupakan ritual tradisional.


Contoh tarian tradisional Indonesia adalah tarian Burung Enggang dari suku Dayak. Tarian Burung Enggang menceritakan tentang seekor burung enggang. Burung enggang bagi masyarakat Dayak merupakan simbol dewata.


Burung enggang merupakan wujud nenek moyang yang turun ke bumi. Penari Burung Enggang mengenakan pakaian tradisional Dayak, dan diiringi dengan musik tradisional yang dimainkan dengan alat musik tradisional.


Tarian, pakaian, simbol, musik dan alat musik dapat menjadi sumber inspirasi dari pembuatan kerajinan. Simbol, tarian, dan musik merupakan produk budaya non-benda, sedangkan pakaian, perlengkapan tari dan alat musik merupakan artifak atau objek budaya.


Setiap jenis budaya tradisi baik non-benda maupun artefak atau objek budaya dapat menjadi sumber inspirasi untuk dikembangkan menjadi produk kerajinan.


Hingga saat ini, tercatat kurang lebih 4.156 warisan budaya non-benda yang terdapat di seluruh Indonesia. Setiap daerah dapat mengembangkan kerajinan khas daerah yang mengambil inspirasi dari budaya tradisi daerahnya masing-masing. Kekayaan budaya tradisi Indonesia adalah kearifan lokal (local genius) yang dapat menjadi sumber inspirasi yang tidak ada habisnya.