Karakteristik Kewirausahaan

Table of Contents

Asal Kata Wirausaha

Sebelum kita melihat tentang karakteristik kewirausahaan, kita akan belajar terlebih dahulu tentang pengertian Wirausaha.


Wirausaha menurut asal katanya, terdiri dari kata wira dan usaha.


Wira, sendiri artinya pejuang, manusia unggul, pahlawan, berbudi luhur, teladan, gagah berani dan berwatak agung.


Dan Usaha, artinya perbuatan amal, bekerja, berbuat sesuatu.



Pengertian Wirausaha

Ada beberapa pengertian tentang wirausaha.


Apa Pengertian Wirausaha Menurut KBBI ?

Berdasarkan kamus besar bahasa Indonesia (KBBI), pengertian wirausaha adalah orang yang pandai atau memiliki bakat dalam mengenali produk baru, menyusun kegiatan untuk mengadakan produk baru, menentukan cara produksi baru, mengatur permodalan operasinya serta memasarkannya.


Pelaku wirausaha sering disebut juga sebagai wirausahawan atau entrepreneur. Tapi tahukah kamu apa arti Entrepreneur itu ?


Entrepreneur adalah seseorang yang memiliki kualitas jiwa kepemimpinan dan inovator pemikiran dalam melakukan usaha. Entrepreneur dapat diartikan juga sebagai orang yang mampu atau dapat mewujudkan ide-idenya ke dalam sebuah inovasi yang sukses.

Sedangkan kewirausahaan atau entrepreneurship, memiliki pemahaman yang lebih luas lagi.


Pada lampiran Keputusan Menteri Koperasi dan Pembinaan Pengusahan Kecil Nomor 961/KEP/M/XI/1995, dikatakan bahwa Kewirausahaan adalah semangat, perilaku, sikap serta kemampuan seseorang dalam menangani usaha atau kegiatan yang mengarah sebagai upaya mencari, menciptakan dan menerapkan teknologi, cara kerja, dan produk baru dengan meningkatkan efisiensi dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik dan atau memperoleh keuntungan yang lebih besar.


Sedangkan Entrepreneurship merupakan sikap serta perilaku yang melibatkan keberanian dalam mengambil risiko, kemampuan berpikir kreatif serta inovatif.