Pembuatan dan Kegunaan Unsur Logam dan Senyawanya Natrium

Table of Contents

Pembuatan Unsur dan Senyawa Natrium

Pembuatan natrium dapat dilakukan melalui proses Castner dan proses Down.


Apa yang dimaksud Proses Castner ?

Proses Castner, adalah proses pembuatan natrium dengan cara elektrolisis leburan NaOH. Proses castner kini tidak digunakan lagi karena efisiensi arus sangat rendah.

Apa yang dimaksud Proses Down ?

Proses Down, adalah proses pembuatan natrium dengan cara elektrolisis leburan NaCl (titik lebur 800°C) yang ditambahkan kalsium klorida 58% dan sedikit kalium fluorida untuk menurunkan suhu lebur menjadi 500°C.

Pada elektrolisis dalam proses down, potensial reduksi ion Ca2+ lebih negatif daripada ion Na+, sehingga hanya terjadi reduksi ion Na+.


NaCl(l) → Na+(l) + Cl-(l)
Katode: 2Na+(l) + 2e- → 2Na(l)
Anode: 2Cl-(l) → Cl2(g) + 2e-
Natrium cair yang timbul di katode mengapung di atas cairan NaCl, selanjutnya dikumpulkan pada kolektor.

Sel Down untuk pembuatan Natrium

Kegunaan Natrium dan Senyawa Natrium

1. Kegunaan Natrium

Penggunaan terpenting dari natrium saat ini adalah sebagai cairan pendingin atau coolant pada reaktor nuklir.


Sebagai reduktor kuat, natrium digunakan dalam pengolahan logam seperti Li, K, Zr, dan logam alkali yang lebih berat.


Natrium juga digunakan pada reduksi titanium (IV) klorida menjadi logam Ti.


Natrium juga dimanfaatkan untuk membuat senyawa natrium yang tidak dapat dibuat dari NaCl, seperti natrium peroksida. Sedikit natrium digunakan dalam lampu natrium yang digunakan untuk penerangan jalan.



2. Kegunaan Natrium hidroksida (NaOH)

Natrium hidroksida dihasilkan melalui elektrolisis larutan NaCl. NaOH digunakan untuk pembuatan beberapa senyawa natrium, seperti NaOCl, NaClO3, dan NaCO3.


Natrium hidroksida juga digunakan dalam industri pulp, kertas, sabun, tekstil, pengolahan bauksit, detergen, pemurnian minyak bumi serta untuk rayon dan serat lainnya.



3. Kegunaan Natrium klorida (NaCl)

Natrium klorida merupakan senyawa natrium yang paling banyak diproduksi.


Natrium klorida dibuat dari air laut atau garam batu. Kegunaan natrium klorida antara lain untuk bahan baku pembuatan natrium, klor, dan senyawa-senyawa natrium serta digunakan dalam industri susu, pengawetan ikan dan daging, mencairkan salju, pengolahan kulit, dan sebagai bumbu masak atau garam dapur.



4. Kegunaan Natrium karbonat (Na2CO3)

Natrium karbonat berasal dari sumber alam yaitu trona. Trona dapat juga diperoleh melalui NaCl. Penggunaan utama senyawa trona adalah untuk pembuatan kaca, pembuatan bahan-bahan kimia, industri pulp dan kertas, serta bahan pelunak air.



5. Kegunaan Natrium bikarbonat (NaHCO3)

Natrium bikarbonat biasanya kita kenal soda kue. Digunakan dalam industri kue dan makanan. Baking powder adalah merupakan campuran serbuk NaHCO3 dengan zat yang bersifat asam.