Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Harmoni dan Notasi Wilayah Suara Manusia


Ilmu Harmoni

Ilmu harmoni yang akan kita lihat kali ini ada dua, yaitu harmoni konvensional dan harmoni modern.

Bagaimana perbedaan antara harmoni konvensional dan harmoni modern ?

Perbedaan harmoni konvensional dan harmoni modern adalah bahwa pada Harmoni konvensional mempelajari bagaimana membuat aransemen untuk paduan suara (vokal) berdasarkan pengelompokan jenis suara seperti sopran, alto, tenor, dan bass atau lebih sering disebut dengan SATB. Sedangkan untuk harmoni modern adalah ilmu harmoni yang mempelajari masalah tangga nada dan akor, baik untuk musik vokal maupun instrumental. Harmoni modern banyak digunakan sebagai dasar improvisasi dalam musik jazz maupun musik pop.


Harmoni SATB

Pada dasarnya suara manusia dapat kita bagi menjadi 4 jenis, yaitu sopran, alto, tenor dan bass. Berikut ini adalah perbedaan antara alto, tenor, sopran, dan bass:
  1. sopran adalah jenis suara wanita dengan wilayah nada tinggi
  2. alto adalah jenis suara wanita dengan wilayah nada rendah
  3. tenor adalah jenis suara pria dengan wilayah nada tinggi
  4. bass adalah jenis suara pria dengan wilayah nada rendah

Sebenarnya masih ada pembagian jenis suara yang lebih detail lagi, misalnya
  1. mezzo sopran, adalah jenis suara wanita yang wilayah suaranya lebih rendah dari sopran tetapi lebih tinggi dari alto.
  2. Bariton adalah jenis suara pria yang wilayah suaranya lebih rendah dari tenor dan lebih tinggi dari bass.

Paduan suara atau koor merupakan kesatuan dari sejumlah penyanyi dari beberapa jenis suara yang berbeda dan memadukannya dibawah pimpinan seorang dirigen.

Dirigen atau conductor adalah seorang yang memimpin sekelompok pemain musik baik musik vokal, instrumen atau gabungan antara vokal dan instrumen.

Untuk dapat melaksanakan tugas sebagai dirigen diperlukan beberapa persyaratan antara lain
  1. memiliki jiwa kepemimpinan
  2. memiliki pengetahuan dan kemampuan
  3. memiliki ketrampilan dalam bidang musik

Salah satu kemampuan yang diperlukan oleh seorang guru musik adalah dapat membuat aransemen paduan suara SATB. Agar dapat membuat aransemen paduan suara, pengetahuan yang harus dimiliki adalah dapat menentukan wilayah suara manusia sesuai dengan jenisnya. Ini penting karena aransemen tersebut nantinya akan dinyanyikan sesuai dengan wilayah suara masing-masing jenis suara.


Notasi Wilayah Suara Manusia

Berikut ini notasi wilayah suara manusia

sopran c1 sampai a 2, alto f sampai d2
tenor c sampai a1, bass F sampai d 1
Penting diketahui bahwa masing-masing jenis suara memiliki wilayah nada dan karakter yang berbeda-beda. Setiap wilayah nada dari masing-masing jenis suara memiliki register suara dada, tengah, dan kepala. Suara dada terdapat pada nada-nada bawah, suara tengah pada nada-nada tengah, dan suara kepala pada nada-nada atas.

Seperti yang telah dijelaskan sebeluhmnya pada dasarnya dikenal ada empat jenis suara yaitu sopran, alto, tenor, dan bass. Suara-suara tersebut dapat dipadukan dalam bermacam-macam kombinasi, seperti berikut:


Sopran dan alto (SA)

Untuk aransemen Sopran dan alto (SA), biasanya dinyanyikan oleh paduan suara atau koor wanita atau anak-anak. Suara yang rendah tidak selalu dipandang sebagai suara bass oleh karena itu paduan suara ini sebaiknya diiringi dengan instrumen untuk memperkuat nada-nada yang rendah.


TTBB (Tenor, Tenor, Bass, dan Bass)

TTBB atau bisa dibilang Tenor, Tenor, Bass, dan Bass adalah paduan suara yang dinyanyikan oleh suara pria. Pada TTBB lebih sering kita jumpai adalah paduan suara pria untuk 3 suara yaitu TTB.

Jenis paduan suara TTBB disebut paduan suara sejenis, yang artinya hanya dinyanyikan oleh suara wanita atau pria saja. Aransemen TTBB ini kurang sempurna karena wilayah suaranya yang cukup terbatas, oleh karena itu lagu-lagu yang memiliki wilayah nada yang luas tidak tepat untuk diaransir untuk paduan suara jenis ini.

Karena keterbatasan wilayah nada maka dalam aransemen TTBB diperbolehkan suara rendah berpindah lebih tinggi dari suara pertama tetapi masing-masing suara menjadi kabur. Dalam paduan suara sejenis akor-akornya tidak perlu lengkap sehingga aransemennya menjadi miskin harmosisasi.


SATB (Sopran, Alto, Tenor, dan Bass)

SATB atau Sopran, Alto, Tenor, dan Bass adalah aransemen yang dinyanyikan oleh suara pria dan wanita atau sering disebut juga dengan paduan suara campuran.

Aransemen SATB dianggap paling sempurna karena wilayah nada yang dapat dijangkau lebih luas, setiap suara dapat memperlihatkan semua registernya.