Mengenal Perbedaan Antara Nomor Atom dan Nomor Massa

Table of Contents

Pengenalan

Sebelumnya kita telah mengetahui bahwa, nomor atom memiliki nilai yang lebih kecil dari nomor massa. Dan nomor atom adalah kumpulan proton atau elektron. Jika suatu atom memiliki sifat dan massa yang khas satu sama lain, maka dapat kita pastikan bahwa partikel penyusun atom memiliki dua variabel yang khas, yaitu nomor atom (Z) dan nomor massa (A).


Berdasarkan pemahaman tersebut, kita dapat menuliskan lambang atom unsur dengan menyertakan nomor atom dan nomor massa. Sebagai berikut ini.


AZX
A = nomor massa
Z = nomor atom
X = lambang unsur


Nomor Massa (A) = Jumlah proton + Jumlah neutron
Jumlah Neutron = Nomor massa – Nomor atom
Nomor Atom (Z) = Jumlah proton


Nomor Atom (Z)

Nomor atom (Z) adalah jumlah proton atau muatan positif atau jumlah elektron dalam atom tersebut. Nomor atom merupakan ciri khas dari suatu unsur. Oleh karena atom bersifat netral maka jumlah proton akan sama dengan jumlah elektron yang dimilikinya, sehingga nomor atom juga menunjukkan jumlah elektron. Letak nomor atom ditulis di bagian bawah sebelum lambang unsur.


Elektron yang paling menentukan sifat dari suatu unsur.


Nomor Massa (A)

Massa elektron nilainya sangat kecil dan bahkan dianggap nol sehingga massa atom ditentukan oleh inti atom atau ditentukan oleh jumlah proton dan neutron.


Nomor massa (A) artinya banyaknya jumlah proton dan neutron yang menyusun inti atom suatu unsur. Nomor massa ditulis di bagian atas sebelum lambang unsur.