Cara Menentukan Struktur Atom Berdasarkan Tabel Periodik

Table of Contents

Pengenalan Partikel Dasar Penyusun Atom

Atom adalah bagian terkecil dari sebuah unsur yang masih memiliki sifat dari unsur yang bersangkutan tersebut. Secara umum struktur atom memperlihatkan bagaimana partikel-partikel dalam atom tersusun. Atom tersusun dari inti atom serta dikelilingi elektron-elektron yang tersebar dalam kulit-kulitnya.

Secara sistematis partikel-partikel subatom dapat ditampilkan seperti tabel di bawah ini

Partikel-Partikel dalam Atom
Partikel Penemu Massa (sma) Muatan (sma) Lambang
Elektron J.J. Thomson ≈ 0 -1 0-1e
Proton Goldstein 1 +1 11p
Neutron J. Chadwick 1 0 10n

Sebagian besar atom tersusun atas ruang hampa yang di dalamnya merupakan inti yang sangat kecil di mana massa dan muatan positif dipusatkan serta dikelilingi dengan elektron-elektron yang bermuatan negatif.

Inti atom tersusun dari sejumlah proton dan sejumlah neutron. Jumlah proton yang terdapat dalam inti atom menentukan muatan inti atom tersebut, sedangkan massa inti dari suatu atom ditentukan oleh banyaknya proton dan neutron di dalamnya. Disamping itu ketiga partikel subatom, baik proton, neutron, dan elektron dengan kombinasi tertentu dapat membentuk atom atau suatu unsur yang lambangnya dituliskan dengan: AZX.
  • X : lambang suatu unsur
  • Z : nomor atom
  • A : nomor massa



Susunan Sebuah Atom

Ada beberapa tahap yang dapat kita lakukan untuk memahami susunan dari sebuah atom, yaitu sebagai berikut.
  1. Pertama, lihatlah nomor atom dari tabel periodik. Faktanya bahwa nomor atom selalu memiliki nilai yang lebih kecil dari nomor massa.
  2. Kedua, nomor atom adalah kumpulan jumlah proton. Tapi karena atom bersifat netral, maka nomor atom sama dengan jumlah elektron.
  3. Susunlah elektron-elektron yang terdapat pada level-level energi, selalu mengisi level terdalam dahulu sebelum mengisi level luar.



Contoh cara mencari atau menentukan susunan Atom

Disini yang akan kita lakukan adalah mencari susunan dari atom klor.
Faktanya:
Dalam tabel periodik klor memiliki nomor atom 17. Itu artinya atom klor memiliki 17 proton dan 17 elektron. Dan susunan dari elektron-elektron atom klor tersebut adalah 2,8,7 (2 di level pertama, 8 di level kedua, dan 7 di level ketiga).

Cara pengisian elektron dapat ditampilkan seperti gambar di bawah ini.

alur pengisian elektron berdasarkan level kulitnya
Alur pengisian elektron mengikuti anak panah, dimulai dari: 1s2 – 2s2 – 2p6 – 3s2 – 3p6 – 4s2 – 3d10 dan seterusnya.

Keterangan:
keterangan gambar pengisian elektron
Terdapat dua hal penting yang perlu diperhatikan dalam melihat susunan dalam tabel periodik. Berikut penjelasannya.
  1. Jumlah elektron di tingkat terluar atau kulit terluar sama dengan nomor golongan. Tapi hal ini tidak berlaku untuk helium yang hanya memiliki 2 elektron dan Gas Mulia biasa disebut sebagai golongan 0 atau bukan golongan 8. Hal ini berlaku di seluruh golongan unsur pada tabel periodik kecuali unsur-unsur transisi. Jadi, jika kalian melihat bahwa barium terletak pada golongan 2. Itu artinya barium memiliki 2 elektron pada tingkat terluar, bagaimana dengan iodium ? iodium merupakan golongan 7 yang artinya iodium memiliki 7 elektron pada tingkat terluar.
  2. Gas mulia memiliki elektron penuh di tingkat terluar


gambar tabel priodik