Tips Menjalankan Bisnis dari Jarak Jauh Yang Efektif dan Efisien

Table of Contents

Hai sobat segalaserbaserbi, apakah kalian sudah membaca artikel saya tentang Hal-Hal Yang Perlu Dihindari Bagi Pebisnis Pemula Agar Tidak Bangkrut. Kali ini kita akan melihat tentang bagaimana cara menjalankan bisnis dari jarak jauh yang efektif.

Seperti yang sobat segalaserbaserbi ketahui, banyak peluang bisnis jenis online mudah dilakukan kehususnya dari jarak jauh. Dengan adanya perkembangan teknologi informasi saat ini, banyak peluang-peluang bisnis yang dapat dilakukan dari jarak jauh, seperti pemasaran online yang menciptakan mitra bisnis secara berjauhan, padahal orang-orang ini belum pernah bertatapmuka satu sama lain tapi tetap menjalin hubungan bisnis.

Lalu, mungkin Anda bertanya-tanya, bagaimana caranya orang-orang ini mempertahankan hubungan bisnis dengan orang yang belum pernah ditemuinya sama sekali tapi bisa berjalan awet dan harmonis. Ya, ini merupakan pertanyaan yang bagus, apakah hubungan ini hanya terjalin atas saling kepercayaan?

Jenis bisnis seperti ini, cenderung pelaku usaha mempelajari strategi mengelola bisnis secara efektif maupun dari pengalaman yang masuk selama berhubungan dengan klien hingga rasa kepercayaan tumbuh antar kedua belah pihak. Biasanya hal ini muncul dari daya tarik bisnis yang dijalankan, jika rekan bisnis bagus, tentu daya tarik dan prospek bisnis yang menjanjikan akan terlihat, sama juga dengan peluang usaha online yang saat ini sangat menjanjikan. Dengan adanya usaha online saat ini yang membuka peluang usaha bagi siapa saja yang berpotensi memiliki bisnis sampingan semisal jual-beli barang di online shop, bisnis multi level marketing (MLM) online dan masih banyak lagi.

Baca juga: Jenis Peluang Usaha Menguntungkan di Kawasan Industri Pabrik dan Perumahan

Metode transaksi seperti ini sebenarnya sudah lama dijalankan, hanya saja masih banyak orang-orang yang melek teknologi, sehingga jenis bisnis jarak jauh ini terasa baru hanya karena baru booming. Dalam mengelola bisnis jarak jauh dengan orang baru yang belum kita kenal mungkin akan terasa sulit bahkan resikonya cukup besar. Untuk itu Anda perlu memahami bagaimana melaksanakannya. Dengan adanya kemajuan teknologi internet saat ini, Anda dapat memiliki kreativitas tanpa batas dan mencari berbagai solusi yang tepat untuk memulai bisnis Anda.

Bagi Anda yang saat ini sedang menjalankan bisnis dengan beberapa orang atau karyawan yang jaraknya berjauhan. Anda dapat mencoba tips bagaimana cara menjalin hubungan saling menguntungkan dengan teman bisnis Anda. Yuk, simak penjelasanya di bawah ini.


Menjalankan Bisnis Jarak Tauh Yang Efektif dan Efisien

Apa yang penting diketahui dalam menjalankau bisnis jarak jauh? Mungkin pertanyaan ini pernah Anda lontarkan dalam hati. Tenang disini kita akan membahas permasalah tersebut. Yang utama paling penting dalam menjalankan bisnis jarak jauh adalah dengan menciptakan hubungan baik dengan rekan bisnis Anda. Ada beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk menjalin hubungan baik dengan rekan bisnis Anda, yaitu


Melakukan Komunikasi Yang Baik

Yang pertama adalah melakukan komunikasi yang baik. Tentu saja kita sebagai manusia diberikan kemampuan berbicara untuk dapat memulai komunikasi. Komunikasi yang baik dapat terjalin dengan rekan yang baik pula. Belajar berkomunikasi bisa dimulai dari hal-hal yang sederhana, misalnya percakapan melalui kunjungan atau telpon atau melalu pesan singkat atau SMS.

Untuk pengembangan bisnis saat ini, sudah banyak yang memanfaatkan teknologi multimedia sebagai media untuk berkomunikasi. Sebut saja pada salah satu market place Shopee yang menggunakan media chat, video untuk membangun komunikasi yang baik antara penjual dan pembeli dalam jarang yang terpisah jauh. Teknik ini terbilang cukup efektif, karena dapat membangun komunikasi yang baik dengan customer. Penting untuk rutin melakukan komunikasi dengan konsumen, rekan kerja atau mitra bisnis usaha Anda. Cobalah selalu memberikan tips solusi atau mengarahkan pada sumber yang memberi solusi atau informasi penting kepada mereka. Dengan begit mereka bisa merasakan respect Anda dan lambat-laun akan memberikan kepercayaan kepada Anda. Ada dua tips yang baik kalian ikut untuk memulai komunikasi dengan mitra Anda, pertama adalah menambahkan kata gelar, seperti Bapak atau Ibu pada nama mereka, kedua memberikan kata sapaan sebelum memulai komunikasi, seperti Hi, Selamat Pagi, Assalamualaikum, dan masih banyak lagi.


Kenali Profil Mitra Bisnis Anda

Mengapa kita perlu mengenali profil mitra bisnis? Ini bertujuan untuk lebih akrab dengan klien dan mudah menganalisa informasi tentang client Anda. Banyak orang yang acuh atau mengabaikan hal ini, padahal ini sangat penting untuk menjaga relasi bisnis.

Lalu bagaimana cara kita mengenali profil mitra bisnis kita? Anda dapat manfaatkan sosial media, survey, atau calling untuk saling mengetahui tentang rekan atau mitra bisnis kalian.

Tidak hanya sampai disitu, profil bisnis Anda juga sangat penting untuk membertahukan informasi kepada client Anda bahwa jenis usaha anda apa saja, dimana lokasi usaha Anda, apakah ada penghargaan yang anda pernah peroleh, dan lain sebagainya. Dengan memperlihatkan profil Anda, Anda dapat memperkuat kesan perusahaan anda dan meningkatkan tingkat kepercayaan client Anda.

Baca juga: Mengenal Bisnis Startup, Contoh dan Bagaimana Cara Mengembangkannya

Membangun Kepercayaan

Segala jenis bisnis, harus membangun yang disebut sebagai kepercayaan ini. Tidak ada seseorangpun yang mau bekerja sama dengan orang yang tidak bisa dipercaya. Lalu bagaimana cara membangun kepercayaan usaha bagi mitra dan konsumen. Hal ini dapat anda lakukan dengan memberikan bukti pelayanan baik atau memberikan program yang terencana sehingga customer kalian merasa bahwa perusahaan Anda legal dan terpercaya.

Beberapa hal yang dapat membantu memberikan rasa kepercayaan terhadap customer seperti menyediakan situs portal usaha, memberikan kelangkapan kontak yang dapat dilihat secara online oleh publik, memberikan alamat email yang dapat dihubungi. Anda juga dapat memanfaatkan fitur Google Business yang sangat membantu memberikan profil usaha Anda, jangan lupa juga memberikan logo dan nama perusahaan yang terdaftar untuk izin usaha.

Usaha atau bisnis yang legal juta terdaftar di departemen yang memiliki badan hukum berlaku. Anda cupup mendaftarkan usaha Anda secara online pada laman http://www.dgip.go.id/. Dengan begitu Anda dapat memiliki hak patent Merek Desain Industri Anda sehingga memiliki hak cipta sebagai Indikasi Geografis Rahasia Dagang & DTLST. Tidak hanya disitu saja, jenis bisnis Anda juga harus memiliki sistem yang terorganisasi dengan jelas seperti grafik pelanggan yang menggunakan jasa bisnis Anda serta nota pembayaran online jika mitra bisnis telah sampai pada ketentuan mendapatkan penghasilan produktifitas. Anda dapat juga menyajikan data berbentuk linechart agar lebih mudah dilihat dan dipahami.


Memaparkan Visi dan Misi Bisnis

Setiap usaha pasti memiliki visi dan misi yang mendorong agar tujuan bisnis tersebut dapat dicapai dengan mematuhi aturan-aturan atau norma dalam menjalankan bisnis tersebut. Namun terkadang dalam perusahaan sering kali terjadi kecekcokan pendapat dan keinginan antara penggagas dan mitra apa lagi jika dilakukan secara online dan berjauhan. Agar tepenuhinya visi perusahaan, Anda harus memiliki ketentuan atau prosedur berupa aturan untuk mitra bisnis Anda, misalnya untuk menjadi mitra bisnis harus mengajukan permohonan, melengkapi dokumen pendukung, harus memiliki kode keanggotaan, dan lain sebagainya.


Membuat Komunitas dan Jadwal Pertemuan

Meskipun Anda menjalankan bisnis jarak jauh, sesekali Anda menyisihkan waktu libur untuk berkunjung ke rekan bisnis Anda. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan keakraban antara mitra bisnis selain sering berkomunikasi melalui komunikasi jarak jauh. Ini penting agar Anda dapat menjalin hubungan yang baik dan Anda juga akan mengenal profil rekan bisnis Anda secara lebih baik.


Selalu Jujuru Dalam Berbisnis

Ketidak jujuran sering kita temukan di Internet, terutama karena Anda tidak dapat saling bertemu atau bertatap muka dengan rekan bisnis Anda. Demi menciptakan usaha atau bisnis yang sehat sudah sewajarnya semua mitra menanamkan kejujuran dalam berbisnis, segala hal yang dirasa penting atau berhubungan dengan bisnis Anda wajib disampaikan.

Ingatlah, untuk apa berbohong terhadap orang lain apa lagi sama klien atau rekan kerja jika tidak ada manfaatnya, hanya memberikan rasa tidak tenang. Jadikan sikap jujur terhadap sesama sebagai etika dalam berbisnis Anda. Tidak lupa juga tanamkan rasa tanggung jawab dengan menggunakan Kejuruan dalam hidup Kalian.


Sampaikan Resiko Kegagalan

Tentu kita semua tidak ingin mengalami kegagalan dalam berbisnis. Meski begitu kita tidak dapat menpungkiri, bhawa setiap usaha pasti memiliki resiko kegagalan. Oleh sebab itu penting bagi Anda untuk mengetahuinya resiko tersebut, agar jadi terjadi hal yang tidak Anda inginkan, Anda dapat meminimalisir kerugian yang terjadi. Salah satu cara yang efektif untuk menghindari kegagalan dalam berwirausaha adalah dengan tidak berputus asa. Sampaikan juga kendala-kendala atau tantangan dalam berbisnis yang mungkin dihadapi oleh rekan Anda, agar semua pihak tahu, dan jika terjadi pun tidak ada berdampak besar. Kenali juga faktor yang menyebabkan resiko atau kegagalan tersebut, mungkin saja dengan mengetahui resiko tersebut, Anda dan rekan bisnis dapat mencegah agar tidak terjadi. Ingatlah selalu semangat dan tetap bangkit untuk mencapai tujuan bisnis Anda.

Baca juga: Hal-Hal Yang Perlu Dihindari Bagi Pebisnis Pemula Agar Tidak Bangkrut

Buatlah Tujuan Yang Ingin Dicapai

Sebagian besar dari Kita mungkin berpikir bahwa bisnis hanyalah ladang untuk menghasilkan keuntungan. Padahal jika kita memilah dari pengertiannya lebih bermakna daripada itu. Bisnis dapat diartikan sebagai proses melatih kemampuan dari profes dan mencari makna dari proses penjualan kepada konsumen dan investor. Meski kita tidak dapat mengpungkiri bahwa tujuan bisnis tetaplah mencapai keuntungan. Bagaimana apakah Anda sudah lebih percaya diri untuk memulai bisnis Anda sendiri.