Hal-Hal Yang Perlu Dihindari Bagi Pebisnis Pemula Agar Tidak Bangkrut

Table of Contents

Hai sobat segalaserbaserbi, Anda mungkin pernah mendengar istilah bangkrut. Istilah ini digunakan untuk menyatakan bahwa suatu bisnis atau usaha tidak mengalami kemajuan dan terus mengalami karugian. Tentu saja setiap pebisnis pasti menginginkan keberhasilan, namun hal itu tidaklah gampang. Banyak sekali kendala dan rintangan yang harus dilalui untuk dapat menuju kesuksesan tersebut.

Bagi seorang pebisnis muda, tentu Anda memiliki kesempatan untuk dapat sukses dan berhasil. Oleh sebab itu jangan dulu pesimis akan diri Anda. Dalam memulai bisnis sebaiknya Anda mengetahui apa saja faktor yang dapat menyebabkan kegagalan yang berakibat kehancuran usaha.

Sebuah buku dengan judul Seorang Pengusaha Wiralaba Sukses Indonesia karya Ippho Santosa, menyebutkan bahwa terdapat 5 tipe pebisnis jika dilihat berdasarkan tingkat kesuksesanya. Teori ini dibuat oleh Beliau selama menjadi pebisnis, penulis dan pembicara.

Baca juga: Tips Menjalankan Bisnis dari Jarak Jauh Yang Efektif dan Efisien
Kelima tipe pebisnis, menurut Ippho Santosa dipaparkan sebagai berikut
  1. Pebisnis yang ulet hingga sukses
  2. Pebisnis yang hanya ingin berkembang
  3. Pebisnis yang hanya coba-coba dulu
  4. Pebisnis yang tiba-tiba melonjak lalu bangkrut
  5. Pebisnis yang bangkrut lalu bangkit lagi

Kelima tipe pebisnis ini, tentu banyak disekitar kita. Jika saya harus menjelaskan bahwa keberhasilan bisnis sendiri tidak dapat dapat ditentukan hanya dari lima hal di atas. Umumnya ada pebisnis yang sudah memiliki kecukupan finansial yang kita sebut sebagai Pebisnis Sukses, dan ada juga pebisnis yang sudah lama menjalankan usaha namun belum juga dapat dikatakan berhasil yang kita sebut sebagai Pebisnis Berkembang.

Menyadari akan hal tersebut, maka Bapak Ippho Santosa menggolongkan 4 kategori bisnis yang dapat dikatakan menguntungkan di Indonesia. Keempat kategori itu adalah
  1. Bisnis Rintisan (Start-Up)
    Jenis bisnis ini dinilai sangat cocok untuk pemula karena bisa secara online dilakukan dari rumahan.
  2. Business Opportunity (Gabungan)
    Jenis bisnis ini adalah dengan menjual keahlian dalam mengoperasikan bisnis tanpa pemilik bisnis terlibat didalamnya, dan tidak menyangkut masalah kekayaan intelektual yang dimiliki bisnis awal
  3. Business Franchise
    Bisnis Franchise termasuk wiralaba dimana pemilik bisnis memberikan hak penggunaan merek dagang, sistem operasi, dan dukungan kepada pihak lain untuk menjalankan bisnis dengan menggunakan merek dagang tersebut.
  4. Business Auto-pilot
    Bisnis jenis ini merupakan sistem usaha yang dapat berjalan sendiri bahkan tanpa operator. Bisnis ini biasanya bekerjasama join dengan agen seperti Trading forex, Online shop, mini martket dan lain sebagainya.

Jika kita melihat secara keseluruhan, maka untuk seorang pemula yang memulai merintis usaha atau bisnisnya, maka yang paling sesuai adalah bisnis jenis Startup. Alasanya karena cocok untuk bisnis pribadi dan rumahan. Saya tidak menyebutkan bahwa bisnis yang lainnya tidak menguntungkan. Tentu semua jenis bisnis yang telah disebutkan di atas memiliki peluang keberhasilan masing-masing. Namun keberhasilan tiap orang tidak dapat ditentukan dari hal tersebut. Banyak pengusaha khususnya pemula yang sering mengalami kegagalan dalam berbisnis, yang paling umum disebakan karena salah dalam memilih kategori atau terlalu percaya akan keberhasilan dan tidak paham akan resiko dari kegagalan. Oleh karena itu perhatikanlah bisnis yang sesuai untuk Anda.

Baca juga: Mengenal Bisnis Startup, Contoh dan Bagaimana Cara Mengembangkannya

Pada kesempatan kali ini, team segalaserbaserbi akan memberikan beberapa hal yang menjadi kesalahan fatal dalam memulai suatu usaha atau bisnis.


Tidak Sabaran

Ini merupakan salah satu hal yang paling sering kita temukan. Dimana seorang pebisnis tidak sabaran untuk memperoleh keuntungan. Perlu Anda tahu bahwa jika Anda ingin mencapai kesuksesan, maka lakukanlah dengan ikhlas dan penuh kesabaran. Konsep kesabaran ini sebenarnya sudah sering kita temui, misalnya seorang anak yang baru lahir tidak akan bisa berjalan, tentu harus memlaui proses merangkak. Begitu juga sama dengan manusia, kita sudah diajarkan kesabaran sedari dulu. Ingatlah kesabaran merupakan pelajaran yang sangat penting dalam mencapai kesuksesan yang tidak terlihat oleh pandangan orang lain.


Berjuang Sendiri Tanpa Kerjasama Tim

Anda mungkin bertanya, kalau ini bisnis saya, bukannya lebih baik jika saya berusaha sendiri. Eitss.. jangan salah. Berjuang sendiri hanya akan memakan banyak waktu dan bisa-bisa penghasilan Anda akan terbatas pada kemampuan yang Anda dimiliki. Coba tanyakan pada diri Anda sendiri, apakah anda dapat hidup sendiri? Contoh sederhana saja, bangunan yang anda tinggali tidak serta-merta hanya terdiri dari batu saja, tentu saja ada semen, air, cat, besi beton, dan lain sebagainya. Fondasi-fondasi inilah yang memperkuat struktur bangunan Anda. Jadi bisakah bisnis Anda berhasil hanya dengan Anda sendiri saja?

Meski sadar akan hal tersebut, nyatanya masih banyak orang memilih untuk bekerja sendiri atau ingin sukses sendirian. Ada banyak contoh perusahaan yang telah sukses dan menjadi perusahaan raksasa dengan melibatkan banyak mitra bisnis. Ya, tidak terkecuali untuk perusahaan raksasa Google. Itulah bukti bahwa kesuksesan kebanyakan orang lebih efektif membangun bisnis secara tim dan pastinya akan lebih besar kekuatannya dalam menggapai kesuksesan. Tidak dapat dipungkir juga bisa jadi, jika bekerja secara tim namun antar tim tidaklah kompak dapat menjadi bumerang, ataukah orang yang tetap sukses dengan berjuang sendir selama tetap sabar, tekun dan berjuang keras.


Jangan Fokus Pada Satu Bidang Usaha

Ini juga merupakan salah satu hal yang menjadi pertanyaan sebagian besar pebisnis muda. Mengapa berwirausaha harus fokus, apakah banyak pengusaha gagal akibat tidak fokus?

Perumpamaan ini sama seperti seseorang yang berjalan tanpa memiliki tujuan yang jelas. Dia tidak akan tahu sampai kemana langkahnya itu, Dia mengabaikan segala peringatan yang Dia temukan, sehingga Dia juga tidak tahu bahaya apa yang menantinya di depan sana. Bayangkan jika seseorang ini fokus, maka Dia akan tahu kearah mana Dia melangkah dan tentunya Dia dapat mempersiapkan diri untuk perjalanannya. Jadi masihkan kalian mempertanyakan tentang pentingnya sikap fokus ini?

Jadi penting untuk kita fokus akan usaha atau bisnis kita. Lalu, apasih manfaat fokus?

Dengan fokus, Anda dapat mengasah keahlian kalian pada bidang tertetu menjadi lebih matang, disamping itu dapat juga mengetahui dan memecahkan masalah jika terjadi kesalahan pada kasus bidang tersebut. Faktor utama yang dapat menyebabkan tidak fokus adalah kurangnya ide, pengetahuan atau bisa juga karena terlalu banyak ide yang bagus, sehingga sulit untuk melihat tawaran peluang usaha yang menjanjikan. Terkadang dengan banyaknya inisiatif dan ide dapat membuat pikiran jadi tidak terarah dan membingungkan, meski begitu dengan sekali niat Anda fokus pada satu keahlian, maka Anda akan semakin produktif dalam kerja. Dengan fokus juga, Anda dapat menambah sikap profesionalitas.

Kesuksesan itu datang dari mana saja, dengan fokus pada satu bidang usaha atau banyak cabang keahlian tertentu, maka Anda dapat sedikit lebih maju. Jangan takut, karena segala hal bergantung pada kemampuan dan keberuntungan. Anda dapat fokus pada satu dulu cabang keahlian dulu hingga mengetahui apa yang paling menguntungkan bagi usaha atau bisnis Anda. Ingatlah, bangun bisnis melalui kerjasama, tetap berpegang pada kesabaran, dan tinggal Anda jalankan.

Baca juga: Jenis Peluang Usaha Menguntungkan di Kawasan Industri Pabrik dan Perumahan

Usaha Tanpa Diikuti dengan Doa

Segala hal yang dimulai harus disertai dengan Doa. Sama halnya seperti Admin yang memulai tulisan ini, tentu saja Saya berdoa agar pengunjung website saya cukup banyak dan banyak yang menyukai artilek saya ini. Setiap orang yang memulai bisnis yang dijalankannya tentu ingin mendapatkan hasil yang baik. Dalam mencapai hasil yang baik ini, tentu saja banyak rintangan yang akan dilalui. Ketika mencapai keberhasila, sering kali orang akan melupakan usaha dan perjuangan yang dilaluinya, banyak yang menjadi sombong dan melupakan bahwa keberhasilan yang diperolehnya itu merupakan pemberian dari Allah SWT semata. Kesuksesan usaha tanpa dibarengi dengan berdoa bagaikan seorang manusia yang di kendalikan oleh nafsu mencari uang saja. Sama halnya dengan doa tanpa usaha nol besar hasilnya. Doa dapat membantu Anda dalam berpikiran tenang dan melatih kesabaran Anda dalam perjalanan proses usaha Anda.