Mengenal Bisnis Startup, Contoh dan Bagaimana Cara Mengembangkannya

Table of Contents

Saat ini perkembangan teknologi sudah semakin berkembang pesat, yang dulunya harus dilakukan secara manual kini sudah dapat dilakukan secara online. Banyak masyarakat yang sudah semakin cerdas untuk memanfaatkan teknologi saat ini, sehingga timbul banyak jenis bisnis startup yang berkembang saat ini. Bisnis startup saat ini sangat terkenal, karena memberikan banyak kemudahan layanan digital seperti website dan aplikasi hingga pembayaran melalui transaksi Payment Gateway atau transfer.

Baca juga: Jenis Peluang Usaha Menguntungkan di Kawasan Industri Pabrik dan Perumahan

Apa sih bisnis Startup itu?

Mungkin ada dari Anda yang sedang melakukan bisnis digital atau online. Kalian tentu tidak asing dengan bisnis Startup ini, tapi mungkin sebagaian pebisnis pemula boleh juga mengetahui bisnis jenis startup, apakah jenis kategori bisnis ini memiliki potensial yang mudah untuk di kembangkan oleh wirausaha muda atau sebuah bisnis yang perlu modal besar atau sebaliknya?

Diambil dari asal katanya start adalah mulai dan up artinya naik atau diatas. Definis startup adalah suatu usaha atau bisnis baru, dimana pada masa rintisannya sangat berpotensi untuk dikembangkan. Istilah startup sendiri tidak berlaku untuk semua jenis bisnis atau usaha. Lalu apakah jenis usaha yang dapat dikategorikan sebagai startup?

Yang dapat digolongkan sebagai usaha kategori startup adalah suatu perusahaan yang bergerak dengan memanfaatkan teknologi informasi sebagai media untuk memperoleh capital gain. Sebagai contoh seperti reservasi tiket, market place, dan lain sebagainya. Bagaimana, apakah sobat segalaserbaserbi sudah cukup mengerti.

Setelah memahami makna dari startup, kita juga harus memahami unsur atau ciri yang dimiiliki oleh bisnis strartup ini. Ciri-ciri bisnis startup adalah
  • Merupakan usaha baru atau berkembang yang dirintis sekitar dua sampai empat tahun lalu
  • Mempunyai mitra kerja
  • Memanfaatkan teknologi informasi internet
  • Memanfaatkan media berupa situs web atau aplilasi
Baca juga: Tips Menjalankan Bisnis dari Jarak Jauh Yang Efektif dan Efisien

Saat ini bisnis jenis startup sangat di apresiasi oleh pemerintah Indonesia, hal ini bukan tanpa alasan, karena bisnis startup telah menyumbang pengembangan ekonomi yang cukup besar. Hal ini tidak terbatas pada pembukaan lapangan kerja saja, tapi juga membantu membuka potensi masyarakat Indonesia dalam berbisnis. Beberapa contoh yang menjadi sorotan dukungan bisnis startup seperti Jasa ojek online, pesan tiket pesawat-hotel, jual beli barang itu sangat pesat, dan berjualan online di market place. Tidak heran jika saat ini kaum milenial lebih tertarik untuk mengembangkan bisnis startup, soalnya sangat menjanjikan.

Bisnis startup sudah sangat lama ada. Khususnya di ranah Internasional sudah banyak negara maju dan berkembang yang mengembangkan jenis usaha startup seperti Amerika Serikat, Jepang dan negara-negara di Eropa. Di Indonesia sendiri, bisnis startup dikenal sejak 1980 yang dimulai dari Kaskus dan Urbanesia.

Perkembangan usaha jenis startup ini tidak hanya sebatas itu, salah satu kota yang mengfokuskan perkembangan usaha jenis startup ini adalah kota Surabaya. Bisnis startup sudah menarik perhatian walikota Surabaya, Ibu Tri Rismaharini. Hal ini terlihat dengan program Co-working space bagi pelaku usaha startup. Bisnis startup yang saat ini sukses berkembang di kota Surabaya adalah cari kost, jasa antar barang, kirim makanan, agenda kota, donor darah, agen voucher, dan masih banyak lagi.


Contoh Bisnis Startup Yang Berkembang Saat Ini

Beberapa contoh startup yang saat ini dapat dikatakan terkenal atau trend di Indonesia, diantaranya adalah

Reservasi tiket

Mungkin Anda sudah sering mendengar aplikasi untuk memesan tiket. Beberapa yang saat ini sangat terkenal atau sering dibicarakan orang-orang seperti traveloka, tiket.com, pegipegi, aladin, dan masih banyak lagi. Jenis usaha startup ini dikhususkan untuk pemesanan tiket secara online terpercaya yang mampu melayani reservasi tiket pesawat wisata hotel untuk di Indonesia dan Internasional seperti Malaysia, China, Hong Kong, Australia dan banyak lagi.

Dengan adanya jenis startup ini, maka para pelanggan menjadi lebih gampang dan mudah dalam pemesanan, reschedule penerbangan, pergantian tiket hingga mendapatkan harga tiket yang paling murah.


Ojek online

Jenis starup yang lainnya adalah aplikasi ojek online. Startup ini sudah beberapa kali mendapat penghargaan, karena startup ini telah menyumbang lapangan kerja yang cukup besar dan meningkatkan perputaran ekonomi yang cukup baik. Contoh startup ini adalah Gojek, Grab, Maxim, dan masih banyak lagi. Perkembangan startup jenis ini yang saat ini paling banyak diminati, sebagai contoh Gojek. Gojek memiliki beberapa keunggulan seperti ojek motor, ojek mobil, pengiriman barang kurir makanan dan barang, dan pembayaran Gopay.

Baca juga: Hal-Hal Yang Perlu Dihindari Bagi Pebisnis Pemula Agar Tidak Bangkrut

Toko online

Startup yang tidak kalah terkenalnya adalah toko online atau market place. Dengan hadirnya startup ini, maka sangat membantu pengusaha kecil untuk memiliki toko sendiri tanpa biaya atau modal yang besar, Anda sudah dapat melakukan jual beli dari jarak jauh. Startup ini sangat menarik karena merupakan salah satu startup terbaik pengembang ekonomi saat ini. Beberapa startup yang tergolong dalam toko online seperti Bukalapak, Shoppe, Tokopedia, Lazada, Blibli, dan masih banyak lagi. Bagi kalian yang baru memulai bisnis saya sarankan ada baiknya jika Anda mencoba menjalankan bisnis ini.


Aplikasi Pembelajaran

Saat ini tingkat kebutuhan akan pendidikan sangat tinggi. Hal ini dibarengi dengan luasnya ilmu pengetahuan sehingga sangat penting bagi kita untuk dapat memperoleh akses terhadap ilmu pengetahuan secara lebih mudah dan cakupan yang luas. Salah satu penyumbang pendidikan adalah dengan adanya Internet, meski begitu masih ada beberapa ilmu pengetahuan yang tidak dapat kita pahami sendiri. Ada beberap bisnis startup yang menyumbang besar dalam bidang pendidikan adalah Ruang Guru. Ruang Guru merupakan startup jenis Aplikasi untuk bimbingan belajar, Aplikasi ini sangat terkenal saat ini, karena membantu dalam meningkatkan minat belajar siswa.

Untuk mengembangkannya bisnis Startup tidaklah mudah, tentu saja selaga jenis bisnis pasti memiliki resiko kegagalan. Yang paling penting adalah selalu update dan tetap mengikuti jaman dan pandai-pandai melihat kebutuhan masyarakat umum karena dengan begitu startup akan semakin disukai dan tidak ada matinya.


Tips Memulai Bisnis Startup

Lalu bagaimana strategi yang dapat kita lakukan untuk memulai sebuah bisnis startup? Jika Anda ingin mencoba menjalankan bisnis startup ini ada beberapa tips yang dapat membantu anda, yaitu


Riset Masalah Dalam Masyarakat Saat Ini

Yang pertama adalah Anda dapat melalukan riset terhadap problema yang dihadapi saat ini di Masyarakat. Coba cari tahu apa saja kendala yang dialami atau dihadapi di lingkungan kalian. Sebagai contoh karena adanya virus korona saat ini, maka sulit melakukan pembelanjaan secara tatap muka. Oleh sebab itu dengan memanfaatkan probelma tersebut, kalian dapat membuat aplikasi belanja online untuk daerah Anda.


Mengenali Ekosistemnya

Dalam memulai usaha bisnis berbasis startup ini, Anda harus memperhatikan ekosistem bagaimana bisnis ini dapat jalan. Anda dapat mencari masukan atau saran pengetahuan dari ahlinya seperti melakukan percakapan dengan owner startup yang berhasil, melakukan pendekatan secara verbal untuk dapat mengetahui apa saja tips keberhasilan dari owner tersebut, dan masih banyak lagi yang dapat kalian lakukan untuk mempelajari bisnis yang ingin Anda rintis.


Modal Usaha

Anda juga harus memiliki modal untuk bisnis Anda. Sebut saja anda tertarik untuk melakukan bisnis jualan kebutuhan pokok, lalu dimana Anda akan mendapat kebutuhan pokok tesebut jika tidak menggunakan modal usaha. Untuk beberapa kasus ada juga yang memulai bisnis starup secara digital, untuk jenis usaha jasa yang tidak memperjualkan barang fisik juga memerlukan modal, misalnya untuk pembelian paket internet, Hp, atau perangkat komputer yang anda gunakan untuk menghasilkan jasa yang ada buat.


Memiliki Visi dan Misi Yang Kuat

Saya percaya bahwa semua lini bidan usaha atau bisnis, harus memiliki fisi dan misi yang kuat. Jika anda memulai usaha tanpa visi dan misi, maka usaha anda sama dengan nol. Coba saja jawab untuk apa bisnis Anda ini dirintis jika Anda tidak memiliki visi dan misi. Yang paling sederhana adalah visi menjadi toko yang terkenal, misi untuk mendapat keuntungan. Jika Anda ingin lebih berusaha lagi, tidak ada salahnya jika visi dan misi Anda buat menjadi lebih luas lagi, misalnya misi menjadi suplier terbesar di Indonesia. Ini tidak ada salahnya, selama Anda tetap berpegang kuat dengan visi dan misi yang Anda buat, dengan begitu usaha untuk mencapai itu akan terbayarkan.


Team dan Investor

Jenis bisnis yang besar tentu saja tidak dapat dijalankan sendirian, Anda butuh sebuah rekan atau teman untuk bersama-sama membangun dan menjalankan bisnis tersebut. Untuk membuat team yang kuat Anda memerlukan dorongan entah itu dari orang-orang yang memikiki kemampuan, investor yang membantu menanamkan modal usaha, hingga supplayer yang terpercaya. Ingatlah Anda harus berhati-hati dan lindungi bisnis ketika sudah berkembang, karena ketika usaha yang dirintis berkembang, akan ada banyak tawaran investor yang ingin bergabung dan berkerja sama untuk menanamkan modal yang besar. Jadi Anda harus memilih dengan tepat.