Jenis Peluang Usaha Menguntungkan di Kawasan Industri Pabrik dan Perumahan

Table of Contents

Hai sobat segalaserbaserbi, banyak dari Kita mungkin pernah berpikir atau kepikiran akan pertanyaan ini. Jenis peluang usaha apa yang bagus di kawasan industri pabrik dan perumahan. Saat ini sudah ada banyak usaha yang dapat Anda lakukan di kawasan industri pabrik dan perumahan. Buktinya dapat dilihat bahwa industri pabrik dan perumahan menyumbang pertumbuhan ekonomi Indonesia sebanyak hampir 30%. Saat ini pemerintah telah mengambil langkah positif untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah dengan harapan semakin banyak lapangan pekerjaan.

Meski begitu, beberapa masyarakat khususnya petani merasakan dampak negatif dari adanya kawasan industri yang sudah ada, mereka merasa tersingkir dan kehilangan mata pencaharian untuk hidup bahkan frustasi karena tidak ada lahan untuk bercocok tanam di sawah dan ladang. Sementara itu bekerja sebagai buruh pabrik sulit diterima karena perusahaan hanya menerima karyawan yang masih muda dan berpendidikan itupun penyeleksiannya sangat ketat. Pemikiran seperti ini dapat menghambat pemerataan ekonomi indonesia sendiri, disini lah orang Indonesia harus jeli dalam menyikapi antara positif dan negatif adanya industri dan perumahan masuk ke daerah-daerah.


Mencari Ide Bisnis Menjanjikan di Kawasan Industri

Mencari ide bisnis yang menjanjikan khususnya di kawasan industri tidalah susah. Ide bisnis dapat Anda temukan dimana saja. Anda dapat mencoba dari Bisnis Startup, Contoh dan Bagaimana Cara Mengembangkannya. Bahkan sebaiknya Anda lebih kreatif dalam membuat usaha sendiri seperti membuka warung kuliner di pinggiran jalan, bengkel atau pompa bensin mini, dan masih banyak lagi ide bisnis lainnya yang sesuai. Hal utama dalam bisnis adalah bagaimana modal kecil dapat Anda putar untuk mendapatkan pendapatan (income) yang bisa mencukupi dan terus berkembang.

Baca juga: Mengenal Bisnis Startup, Contoh dan Bagaimana Cara Mengembangkannya

Sebagai manusia yang diberikan kecerdasan, kita harus pandai menyikapi hal ini. Tidak sekedar menghindari persoalan yang ada atau frustasi tapi anggap sebagai sebuah ujian bagi kita, seberapa jauh kita dapat manfaatkan ladang industri sebagai potensi bisnis yang menguntungkan, karena semakin banyak orang yang datang yang memerlukan konsumsi atau keperluan sehari-harinya.

Berikut ini contoh peluang usaha menjanjikan di tengah kawasan industri yang patut Anda coba, diantaranya ada juga jenis usaha yang tidak perlu modal besar dan tempat luas.


Warung Pinggir Jalan

Besama dengan semakin banyaknya kebutuhan manusia saat ini, kita seiring menemui banyaknya pendatang yang ingin beristirahat atau makanan, sehingga bisnis kuliner dapat dijadikan salasatu peluang bisnis yang menguntungkan. Tidak hanya itu saja, karena banyaknya pekerja buruh di sekitar kawasan Industri maka kebutuhan warung kopi juga pasti memiliki peminat yang banyak. Kedua jenis usaha ini memiliki potensi yang bagus di sekitar kawasan industri dan perumahan.

Banyak sekali jenis kuliner yang bisa Anda pilih dari mulai masakan untuk sarapan, makan siang dan makan malam, jajanan khas hingga kedai kopi semuanya sering diserbu oleh para karyawan. Membuka usaha warung makan dan jajanan merupakan bisnis yang tidak memerlukan pendidikan formal atau modal besar. Tapi disini Anda dituntut pintar memilih lokasi dengan tepat, pilih akses ramai dalam lingkungan industri atau komplek perumahan.

Baca juga: Tips Menjalankan Bisnis dari Jarak Jauh Yang Efektif dan Efisien

Bengkel

Di daerah yang banyak kawasan Industri, pasti akan banyak kendaraan yang mondar mandir seperti kendaraan angkut, dan kendaraan karyawan yang pulang pergi kerja. Karena sibuknya orang-orang untuk bekerja, maka usaha bengkel service di kawasan ini akan menjadi pilihan yang bagus. Disamping lokasi yang dekat dengan tempat kerja, kebutuhan pemeliharaan kendaraan di kawasan industri sangat dibutuhkan.

Jika Anda berniat membuka usaha bengke, beberapa hal yang anda butuhkan seperti memiliki pengalaman seputar otomotif dan memiliki suplier suku cadang kendaraan yang terpercaya. Selain itu juga penting untuk mencari lokasi jalur ramai yang memiliki potensial sering dilalui kendaraan, disana dapat dibuka usaha tambal ban. Selain keahlian, Anda juga memerlukan modal utama membuka bengkel seperti perlengkapan utamanya kunci pas, Compressor dan lain sebagainya. Untuk merintis usaha ini tidaklah mudah, karena keahlian juga diperlukan, meski begitu usaha ini memiliki potensi yang besar khususnya di kawasan industri dan perumahan.


POM Bensin Mini

Bisnis lainnya yang tidak kalah penting adalah penyediaan pom bensin mini. Bisanya bisnis ini tidak akan booming jika di dalam kota, yang mana sangat banyak pos station pengisian bahan bakar. Saat ini, dengan menyediakan penjualan bensin eceran juga memiliki banyak peminat dan ini cukup bagus untuk Anda manfaatkan.


Kontrakan

Bisnis lainnya yang cukup menjanjikan adalah membuka kontrakan. Kontrakan merupakan investasi menguntungkan dan menjanjikan karena properti merupakan investasi awet bermodal satu kali dan puluhan tahun dapat mendatangkan penghasilan oleh karena itu kontrakan termasuk dalam kategori usaha tabungan. Saat ini perumahan dan perindustrian merupakan ladang usaha yang berpotensial. Bisnis kontrakan juga dikenal sangat menguntungkan karena pemilik tidak hanya sekedar mendapatkan uang dari penyewa rumah, namun pada lingkungan kontrakan bisa sekalian membuat toko atau warung menjadi rame oleh penghuni kontrakan lainnya.


Catering

Bisnis Catering juga merupakan bisnis yang menjanjikan pada daerah industri dan perumahan. Catering penyediaan makanan berdasarkan harian. Biasanya untuk kawasan industri tertentu, disediakan Catering yang menunya bisa beragam dari hari senin hingga hari jumat. Meski begitu bisnis ini juga membutuhkan modal, biasanya pemilik bisnis menyediakan modal agak gedean, kecuali jika pemilik usaha sudah pemesanan pemesanan secara besar pada satu pabrik. Cara memulai bisnis katering adalah dengan menyiapkan dapur sebagai sarana memasak, lalu memiliki koki yang berpengalaman dan memiliki izin usaha katering agar jika Anda menawarkan proposalnya mudah di terima oleh perusahaan maupun perkantoran.

Baca juga: Hal-Hal Yang Perlu Dihindari Bagi Pebisnis Pemula Agar Tidak Bangkrut

Bisnis Laudry atau Cuci kiloan

Usaha lainnya yang tidak kalah menarik dan banyak peminatnya adalah usaha laundry atau cuci kiloan. Mungkin dari Anda ada yang berpikir bahwa usaha ini tidak akan terlalu diminati. Namun kita tidak dapat pungkiri saat ini usaha laundry semakin berkembang di kota maupun di lingkungan industri dan perumahan karena orang lebih memilih menggunakan jasa Laudry daripada mencuci sendiri selain itu untuk beberapa jenis pakaian memerlukan perhatian yang extra, sehingga usaha ini cukup laris. Biasanya bisnis laundry bekerjasama dengan pihak agen yang menyediakan paket peralatan laundry lengkap, sehingga tidak perlu membeli alat-alat cuci, cukup menyediakan tempat strategis. Keuntungan usaha laundry.


Depot Air isi Ulang

Yang berikutnya adalah usaha depot air isi ulang. Saat ini, dibeberapa wilayah sedang mengalami kesulitan air ledeng. Oleh sebab itu usaha depot air isi ualang ini, dikawasan manapun memiliki prospek yang cukup baik. Depot air isi ulang juga banyak dibutuhkan di kawasan industri dan. Dengan semakin banyaknya orang, maka semakin banyak juga konsumsi air. Modal yang dibutuhkan dalam membuka bisnis depot air isi ulang tidaklah kecil, sedikitnya diatas 10 juta. Meski begitu Anda masih dapat meminimalkannya jika bekerjasama dengan perusahaan Air air minum yang memerlukan agen.


Sarana Hiburan

Dengan banyaknya kawasan industri dan perumahan, kebutuhan akan tempat refreshing menjadi meningkat. Hal ini tidak heran karena sebagian besar pekerja yang berada di kawasan industri banyak yang memilih untuk refreshing. Berdasarkan hal tersebut, maka jenis usaha yang menyediakan sarana tempat hiburan refreshing berpotensi menguntungkan. Beberapa sarana hiburan yang dapat dijadikan ide usaha seperti membuat kolam pemancingan, Penjualan ikan hias, dan tempat hiburan keluarga lainnya yang bersifat hiburan pelepasan lelah.


Jual Beli Barang Bekas

Dengan maraknya pabrik dan bangunan tempat industri mendorong semakin banyak barang limbah yang perlu di kelola secara baik dan hati-hati. Dikarenakan hal tersebut, maka membukan usaha jual beli barang rongsokan menjadi salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan. Banyak orang yang menganggap remeh jenis usaha ini, meski begitu ada juga orang yang sukses dengan jenis bisnis ini.

Itulah beberapa pilihan bisnis yang dapat Anda jalankan ditengah sulitnya mencari kerja di kawasan industri dan perumahan. Mungkin masih ada banyak lagi peluang usaha berpotensial lainnya. Anda dapat mencoba jenis usaha yang menurut Anda memiliki potensi yang cukup baik.