Kelainan atau Penyakit pada Sistem Regulasi Manusia

Table of Contents

Kelainan dan Penyakit Pada Sistem Regulasi Manusia

Secara umum kelainan atau penyakit pada sistem regulasi manusia dapat meliputi saraf, endokrin dan pengindraan. Dalam setiap sistem tersebut tentu saja pasti akan ada saatnya saat memiliki kelainan atau penyakit. Untuk lebih mengenal tentang kelainan dan penyakit yang dapat terjadi pada sistem regulasi, simak penjelasan di bawah ini.



Kelainan penyakit Pada Sistem Regulasi

Kelainan atau penyakit pada sistem regulasi antara lain adalah sebagai berikut.
  1. Radang dingin
    Radang dingin adalah keadaan dimana aliran darah tidak sampai pada bagian tubuh yang terserang sehingga bagian tubuh itu dapat mati.
  2. Strok
    strok adalah sebutan untuk cerebrovascular accident (CVA) atau cerebral apoplexy) merupakan kerusakan otak akibat tersumbatnya atau pecahnya pembuluh darah di otak.
  3. Poliomielitis
    Poliomielitis adalah penyakit saraf yang disebabkan oleh infeksi virus yang menyerang neuron motor (sistem saraf pusat pada otak) dan medula spinalis.
  4. Epilepsi
    Epilepsi adalah suatu keadaan, bukan suatu penyakit, serangan muncul jika otak, atau bagian dari otak tiba-tiba berhenti bekerja sebagaimana mestinya selama beberapa saat.
  5. Parkinson
    parkinson adalah penyakit yang disebabkan kurangnya neurotransmitter dopamin pada dasar ganglion. Penyakit parkinson ditandai oleh gejala tangan gemetaran sewaktu istirahat tapi hilang sewaktu tidur, sulit bergerak, otot menjadi kaku, otot muka kaku menimbulkan kesan seolah-olah bertopeng, mata sulit berkedip, serta langkah kaki menjadi kecil dan kaku.
  6. Transeksi
    Transeksi adalah kerusakan seluruh atau sebagian segmen tertentu pada medula spenalis. Seperti jatuh bersamaan hancurnya tulang belakang.
  7. Sklerosis ganda
    Sklerosis ganda adalah penyakit pada sistem saraf pusat, dimana orang yang mengidap penyakit ini mengalami pengurangan mielin dan gangguan pada kemampuan saraf untuk menghantarkan impuls elektrik dari dan menuju ke otak.
  8. Dermatitis
    Dermatitis adalah penyakit yang ditandai dengan kulit berwarna memerah membengkak dan gatal-gatal yang merupakan penyakit peradangan pada kulit.
  9. Nyeri
    Nyeri adalah perasaan tidak enak yang mengisyaratkan kepada kita tentang adanya cedera pada tubuh kita.
  10. Eksem
    Eksem adalah sejenis gangguan pada kulit, bagian kulit yang terkena eksem akan melepuh, kering dan pecah-pecah dan timbul benjolan-benjolan kecil