Fakta Tentang Hari Natal Di Jepang

Table of Contents

Hari Natal Di Jepang

Berbeda dengan negara-negara lain, Jepang merayakan hari natal dengan cukup istimewa, meskipun hari natal sendiri tidak dikenal sebagai sebuah acara keagamaan di Jepang. Berikut ini adalah beberapa hal tentang perayaan natal di Jepang.



Fakta Perayaan Natal Di Jepang

Beberapa hal yang menarik tentang perayaan natal di Jepang adalah sebagai berikut.



Natal Sebagai Hari Berbagi Kebahagiaan

Perayaan hari Natal di Jepang, secara umum tidak terlihat seperti sebuah acara keagamaan, meskipun natal sendiri merupakan acara keagamaan untuk memperingati hari lahirnya Yesus Kristus.


Maksudnya bagaimana ?

Orang Jepang merayakan hari natal seperti waktu untuk membagi kebahagiaan bagi keluarga, teman, atau pacar. Oleh karena itu malam natal lebih cocok disebut sebagai perayaan.



Malam Natal Sebagai Hari Romantis

Perayaan natal di Jepang lebih sering digunakan untuk berbagi kebahagiaan. Tidak heran malam natal terkenal sebagai hari romantis, dimana para pasangan meluangkan waktu bersama dan bertukar hadiah bahkan lebih meriah dibandingkan hari valentine.



Malam Natal Penuh Hiasan Di Jalan

Salah satu hal yang sangat menarik pada hari natal adalah bahwa banyaknya dekorasi natal di jalan. Bahkan para muda mudi lebih sering menghabiskan waktu berjalan di sepanjang jalan sambil melihat dan menikmati cahaya kelap-kelip dari lampu natal.



Rumah Makan Penuh

Pada malam natal, orang-orang akan keluar untuk menikmati pemandangan indah di sepanjang jalan, tak heran bahwa seluruh rumah makan akan penuh dan sulit untuk memesan meja pada saat malam natal.



Makanan Terpopuler

Saat natal di Jepang, hampir semua rumah makan akan penuh, meskipun begitu ada salah satu rumah makan yang menjadi terpopuler saat Natal di Jepang, yaitu Ayam goreng. Jadi bisa dipastikan KFC akan sibuk saat malam natal.


Mengapa KFC menjadi menu terpopuler saat natal ?

KFC menjadi menu terpopuler saat natal di Jepang, berawal pada tahun 1974. Dimana KFC membuat slogan yang menyatakan Kentucky for Christmas! atau Kurisumasu ni wa kentakkii ! ( クリスマス は ケンタッキイ ). Nampaknya slogan itu mengingatkan warga Jepang bahwa ada yang kurang saat natal jika belum memakan KFC.



Kue Natal Terpopuler Di

Kue natal yang paling populer saat natal di Jepang, bukanlah kue dengan banyak hiasan buah, melainkan sponge cake yang didekorasikan dengan buah arbei atau strawberry dan whipped cream.



Libur Sekolah

Meskipun hari natal bukan merupakan hari raya, namun saat natal sekolah sering diliburkan. Disamping itu alasan diliburkannya adalah menyambut hari libur kaisar di jepang yang jatuh pada tanggal 23 desember dan itu juga dikenal sebagai istirahat tahun baru sekolah.



Musik Saat Natal

Musik yang sering diputar di Jepang saat menyambut natal adalah Beethoven's Ninth Symphony dan ditutup dengan "Ode to Joy".



Kegiatan Populer Saat Natal

Hal populer lain yang sering dilakukan saat natal di Jepang adalah mengunjungi Tokyo Disneyland (1983) dan menikmati parade serta dekorasinya.


Musim natal di Tokyo Disneyland dimulai sejak minggu kedua bulan november hingga hari natal atau 25 desember dan pada tanggal 26 desember seluruh dekorasi natal akan disingkirkan dan memulai menyambut tahun baru sebagai perayaan terbesar di Jepang.