Apa Hubungan Antara Konfigurasi Elektron dengan Tabel Periodik

Table of Contents

Apa Hubungan Antara Konfigurasi Elektron dengan Tabel Periodik

Setelah kalian mengenal baik tabel periodik unsur dan telah belajar mengenai sifat-sifat unsur dalam tabel periodik. Kalian pasti sudah mengetahui bahwa ternyata unsur-unsur pada tabel periodik berdasarkan kemiripan sifat-sifatnya.


Materi kali ini, kita akan melihat hubungan antara tabel periodik unsur dengan konfigurasi elektron suatu unsur untuk menentukan letak unsur tersebut dalam tabel periodik.



Supaya jelas, kita ambil contoh pada unsur golongan IA dan IIA. Semua unsur pada golongan IA memiliki konfigurasi elektron terluar ns1 sedangkan semua unsur golongan IIA memiliki konfigurasi elektron terluar ns2.


Nilai n disini adalah nomor periode unsur tersebut dalam tabel periodik.

Elektron terluar dari golongan IA dan IIA terletak pada sub-kulit s, oleh karena itu golongan 1A dan IIA disebut juga unsur blok s.

Berdasarkan tabel periodik unsur, kita dapat ketahui bahwa:
  • Unsur golongan IIIA memiliki konfigurasi elektron terluar ns2np1.
  • Unsur golongan IVA memiliki konfigurasi elektron terluar ns2np2.
  • Unsur golongan VA memiliki konfigurasi elektron terluar ns2np3.
  • Unsur golongan VIA memiliki konfigurasi elektron terluar ns2np4.
  • Unsur golongan VIIA memiliki konfigurasi elektron terluar ns2np5.
  • Unsur golongan VIIIA memiliki konfigurasi elektron terluar ns2np6.

Catatan:
Nilai n disini menunjukkan nomor periode unsur tersebut dalam tabel periodik. Sehingga semua unsur golongan IIIA sampai dengan golongan VIIIA menempati sub-kulit p. Oleh karena itu, unsur-unsur golongan IIIA - VIIIA sering disebut juga sebagai unsur blok p.

Unsur-unsur golongan IB sampai dengan golongan VIIIB memiliki konfigurasi elektron terluar ns2 (n - l )dx. Oleh karena itu, unsur-unsur golongan IB sampai dengan golongan VIIIB disebut juga unsur blok d .


Unsur-unsur golongan IB sampai dengan golongan VIIIB kita sebut juga unsur transisi (atau logam transisi).


Semua unsur deret Lantanida dan Aktinida memiliki konfigurasi elektron terluar ns2 (n - l )dx ( n - 2 )fy dan disebut juga unsur blok f.