Bagaimana Cara Atau Prosedur Membeli Rumah Lelang atau Sitaan Bank

Table of Contents

Hai, sobat segalaserbaserbi, sebelumnya telah kami telah menjelaskan bahwa membeli rumah lelang hasil sitaan Bank lebih menguntungkan. Disini akan dibahas bagaimana cara atau prosedur membeli rumah lelang Bank. Membeli rumah lelang bank adalah pemikiran yang cerdas dan banyak memberikan keuntungan. Keuntungan ini tidak hanya pada tempat tinggal tapi juga pada pada propertinya.

Untuk membeli rumah lelang Bank, ada beberapa tahapan atau prosedur yang perlu Anda lewati atau lalui. Prosedur-prosedur ini diantaranya adalah


Mengumpulkan Informasi Tentang Rumah Lelang Tersebut

Yang paling pertama adalah Anda perlu mengumpulkan informasi-informasi tentang rumah lelang tersebut. Informasi itu dapat Anda peroleh dari Bank yang melakukan lelang terhadap rumah tersebut. Beberapa informasi yang penting ANda peroleh seperti informasi tentang lokasi rumah, berapa luas tanah, berapa luas bangunan, berapa harga limit yang ditetapkan oleh Bank.

Tidak hanya itu juga Anda juga perlu mencari tahu bahwa rumah tersebut apakah ada tunggakan biaya atau tidak, seperti biaya listrik, air, dan sebagainya. Anda juga perlu mengecek harga lelang dengan harga pasar, untuk mempertimbangkan keputusan kalian, lalu survey ke lokasi rumah lelang tersebut.


Pelajari Ketentuan Lelang

Yang berikutnya tidak kalah penting adalah pelajari secara teliti dan cermat tentang aturan atau ketentuan yang berlaku pada proses lelang tersebut. Perlu Anda ingat bahwa setiap Bank mungkin memiliki aturan dan prosedur yang berbeda-beda khususnya dalam proses pelelangan. Hal yang tidak kalah penting seperti pahami batas waktu pendaftaran, jumlah uang jaminan yang harus diserahkan, dan langkah-langkah atau prosedur-prosedur dalam proses lelang.


Setor Uang Pendaftaran Lelang

Yup.. Jangan lupa ya, untuk melakukan setor uang untuk pendaftaran lelang. Jika Anda terlambat atau lupa menyetorkan uang pendaftaran, maka Anda tidak akan terdaftar sebagai peserta lelang. Agar dapat mengukuti lelang, Anda harus mendaftarkan diri sebagai peserta lelang. Untuk dapat menjadi peserta lelang, Anda harus menyetor uang pendaftaran. Uang pendaftaran ini biasanya berkisar antara 20% sampai 50% dari harga limit yang telah ditentukan oleh pihak Bank.


Ajukan Penawaran

Selama proses berlangsungnya lelang, Anda memiliki Hak untuk mengajukan penawaran harga. Yang perlu kalian perhatikan adalah, pastikan penawaranmu lebih tinggi dibanding harga limit yang telah ditetapkan. Dalam tahapan ini, Anda akan bersaing dengan peserta lelang lainnya untuk mendapatkan harga penawaran yang terbaik.


Menunggu Hasil Lelang dan Melunasi Rumah

Proses terakhir adalah Anda menunggu hasil dari lelang, jika Anda dinyatakan sebagai pememang lelang dengan penawaran yang tertinggi, maka Anda harus segera melunasi harga rumah yang disepakati sesuai dengan batas waktu yang telah ditentukan oleh Bank. Hal ini sangat penting untuk menunjukkan bahwa Anda serius untuk membeli rumah lelang tersebut. Dan proses pelelangan rumah ini dapat berjalan dengan lancara antara Anda dengan Bank.