Macam-Macam Sistem Kekebalan Pada Tubuh Manusia

Table of Contents

Pengenalan Sistem Kekebalan

Jika kita berbicara tentang sistem kekebalan, tidak lain tidak bukan pasti identik dengan imunisasi. Tapi kali ini kita akan melihat sistem kekebalan tubuh alami dan buatan. Dalam tubuh kita tidak semua antigen yang masuk dapat dihancurkan oleh leukosit atau sel darah putih. Untuk antigen yang gagal dihancurkan oleh sistem pertahanan tubuh ini, pada akhirnya akan menyerang sel-sel tubuh hingga penderita menjadi sakit, misal contohnya adalah cacar. Secara umum sistem kekebalan dalam tubuh dapat di bagi ke dalam dua, yaitu sistem kekebalan alami dan sistem kekebalan buatan. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan di bawah ini.


Baca juga: Leukosit bergranula dan Leukosit tidak bergranula

Sistem Kekebalan Alami

Ketika tubuh terserang suatu penyakit, seperti campak. Tubuh akan membentuk antibodi untuk melawan campak, jika antibodi tersebut berhasil mengalahkan campak, tubuh akan membentuk antibodi yang lebih kuat untuk melawan campak, agar jika suatu saat campak menyerang lagi, tubuh sudah dapat mencegahnya.


Dengan dibentuknya antibodi yang lebih kuat, maka dapat menyebabkan tubuh menjadi kebal (imun) terhadap campak itulah sebabnya tubuh tidak akan terserang campak dua kali.


Kekebalan (imunitas) terhadap suatu penyakit yang dimiliki tubuh tanpa perlakuan dari luar ini dinamakan kekebalan alami atau kekebalan pasif.


Contoh kekebalan alami adalah kebalnya bayi terhadap beberapa penyakit setelah menyusu pada hari pertama. Di dalam air susu ibu tersebut terkandung kolostrum yang kaya antibodi dan mineral. Kekebalan pada bayi ini dapat bertahan beberapa hari sampai beberapa minggu.

Bagaimana cara tubuh dapat mengingat dan mengenali antigen yang menyerang sebelumnya ?

Tubuh memiliki sel-sel khusus yang bertugas untuk mengenali antigen yang tepat yang disebut sel-sel memori. Pengingat dan pengenalan terhadap antigen ini merupakan ciri khas sistem kekebalan tubuh. Ciri lain yang dapat di kenali oleh sel-sel memori adalah kekhususan yang berarti suatu antibodi hanya cocok untuk antigen tertentu. Sebagai contoh antibodi cacar hanya cocok untuk antigen cacar dan tidak cocok untuk antigen lainnya.


Sistem Kekebalan Buatan

Tahukah kamu bahwa kekebalan yang dimiliki tubuh dapat disesuaikan dengan keinginan kita. Misalnya, kita dapat menyuruh tubuh untuk membuat antibodi penghancur antigen polio, tuberculosis, dan lainnya melalui pemberian vaksin.


Vaksin merupakan bibit penyakit yang telah atau sudah dilemahkan. Proses pemberian vaksin dalam tubuh disebut vaksinasi. Cara memberikan vaksin adalah, jadi jika menginginkan tubuh memproduksi antibodi tetanus, kita harus menyuntiknya bakteri tetanus yang telah dilemahkan ke dalam tubuh. Vaksin tetanus yang telah masuk ke tubuh akan dianggap tubuh sebagai penyakit, sehingga tubuh akan memproduksi antibodi untuk menghancurkan penyakit tetanus tersebut. Akibatnya tubuh akan kebal terhadap tetanus jika suatu saat penyakit tersebut menyerang.


Kekebalan yang dibuat oleh tubuh dengan pemberian vaksin ini dinamakan kekebalan buatan atau kekebalan aktif.

Perlu di ingat, bahwa tidak semua penyakit dapat dicegah dengan cara pemberian vaksinasi. Masih banyak penyakit yang masih tahan terhadap perusakan oleh antibodi. Contoh penyakit yang masih belum mempunyai vaksin yang efektif saat ini adalah AIDS dan malaria.


Mengapa sulit mencari vaksin yang efektif bagi virus

Salah satu sebab sulitnya mencari vaksin yang efektif adalah karena virus memiliki sifat yang cepat berubah.


Vaksin yang umum digunakan selama ini diantaranya adalah vaksin DPT untuk mencegah penyakit dipteri - pertusis - tetanus - BCG untuk mencegah TBC, vaksin tetanus, dan campak.