Hukum Penawaran Serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya

Table of Contents

Konsep penawaran

Penawaran adalah proses atau kegiatan dimana terjadi pertemuan antara penjual dan pembeli untuk melakukan pertukaran antara barang atau jasa dengan sejumlah nilai bisa berupa uang atau benda lain yang setara nilainya,


Penawaran pada dasarnya berkaitan dengan penyediaan dan penjualan barang atau jasa. Kegiatan ekonomi dalam pemerintahan dapat dilihat dari sudut pandang konsumen-nya. Penawaran sendiri berhubungan dengan pemenuhan kebutuhan konsumen (permintaan) akan barang.


Oleh karena penawaran berhubungan dengan kebutuhan konsumen, maka barang atau jasa yang merupakan hasil produksi akan dijual kepada konsumen dengan tingkat harga tertentu.


Penjual atau produsen akan menawarkan barang sebanyak-banyaknya saat harga barang tersebut naik, sehingga semakin tinggi harga barang maka semakin banyak uang yang ditawarkan.



Hukum Penawaran

Hukum penawaran berbunyi bahwa makin tinggi harga suatu barang, makan makin banyak pula jumlah barang yang ditawarkan.


Hal ini berlaku juga sebaliknya bahwa makin rendah harga suatu barang, maka semakin sedikit jumlah barang yang ditawarkan.


Faktor yang tidak dapat mengubah Hukum Penawaran

Ada beberapa faktor yang dianggap tidak dapat di ubah oleh hukum penawaran diantaranya adalah:

Biaya Produksi

Seperti yang kita ketahui bahwa penjual menginginkan agar penjualan barang dapat menutupi biaya produksi yang sudah dikeluarkan.


Teknologi

Keadaan teknologi yang dimiliki oleh suatu instansi atau perusahaan juga menentukan besar kecilnya kapasitas produksi pada perusahaan yang bersangkutan. Hal ini menandakan bahwa itu berlaku terhadap besar kecilnya barang yang ditawarkan di pasar.

Harapan Keuntungan

Setiap penjual tentu mempunyai keinginan yang berbeda-beda dalam menarik keuntungan dari penjualan barang atau jasa.

Kebutuhan Akan Uang

Kebutuhan akan uang dari produsen merupakan hal yang sensitif, terutama jenis kebutuhan akan uang yang sifatnya mendesak, seperti untuk membayar upah, membayar utang, dan sebagainya.

Harapan Harga Masa Depan

Bagi penjual yang memiliki keuangan yang cukup kuat, tentu saja dapat menunda penjualan barang hingga harga menjadi lebih tinggi dari harga pasar.

Tujuan-tujuan tertentu

Adanya kebijakan-kebijakan tertentu yang harus dipenuhi. Seperti menentukan harga sebenarnya bukan berarti harga yang dikehendaki, tapi karena mempunyai tujuan tertentu.



Faktor-Faktor yang Menyebabkan Hukum Penawaran Tidak Berlaku

Dalam kurva penawaran umumnya akan digambarkan kenaikan dari kiri bawah ke kanan atas. Keadaan ini tidak selalu terjadi seperti itu, ada beberapa hal yang dikecualikan dalam hukum penawaran.


Beberapa hal yang menyebabkan hukum penawaran tidak berlaku.

Terjadinya Kurva Penawaran yang Vertikal

Kurva penawaran yang vertikal menunjukkan bahwa berapa pun harga barang, tidak akan mempengaruhi jumlah barang yang ditawarkan.


Terjadinya Kurva Penawaran yang Horizontal

Kurva penawaran horizontal, artinya untuk membuat lebih banyak barang yang ditawarkan tidak mesti dengan menaikkan harga. Hal ini dilihat dari beberapa proses produksi yang dilakukan dalam jangka panjang, dimana kenaikan produksi tidak menyebabkan kenaikan biaya produksi.


Terjadinya Kurva Penawaran yang Lengkung Membalik

Dalam kasus ini, kurva penawaran mempunyai kemiringan negatif. Hal ini terjadi karena setelah mencapai tingkat upah tertentu, penawaran tenaga kerja justru mengalami penurunan.



faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran

Seperti halnya permintaan, ada juga faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran.


Beberapa faktor yang mempengaruhi penawaran adalah:

Harga Barang itu Sendiri

Hukum ini berlaku dimana jumlah barang yang ditawarkan dipengaruhi oleh harga barang itu sendiri, apabila harga barang naik maka jumlah barang yang akan ditawarkan akan bertambah.

Harga Barang Lain

Bila harga barang lain menurun maka, jumlah suatu barang yang ditawarkan dapat bertambah.

Biaya Produksi

Apabila terjadi kenaikan biaya produksi, maka perusahaan akan memproduksi dan menjual barang menjadi lebih sedikit.

Kemajuan Teknologi

Kemajuan teknologi sendiri dapat mempengaruhi pada jumlah barang yang ditawarkan. Misalnya dengan adanya mesin atau alat yang lebih efisien untuk memproduksi barang, maka pengusaha akan menambah jumlah barang yang akan diproduksi.


Kurva penawaran akan bergeser ke kanan, yang artinya jumlah barang yang ditawarkan akan lebih banyak pada harga barang yang tetap dengan turun-nya biaya produksi.


pergeseran kurva penawaran

Pergeseran penawaran sendiri adalah perubahan kuantitas barang atau jasa yang dijual, sebagai akibat dari pengaruh faktor-faktor lain selain kenaikan harga penawaran. Artinya jumlah barang atau jasa yang dijual menjadi lebih banyak akibat adanya kenaikan harga.