Cara Penggunaan Kata が早いか (ga hayai ka) Dalam Bahasa Jepang

Table of Contents

Kata が早いか (ga hayai ka) digunakan untuk menyatakan bahwa sesuatu terjadi dengan cepat setelah suatu kondisi atau situasi tertentu. Ini sering digunakan untuk menunjukkan bahwa tindakan atau peristiwa terjadi segera setelah sesuatu yang lain.

Pola Penggunaan が早いか (ga hayai ka)

Pola penggunaan kata が早いか (ga hayai ka) adalah:

Kata Kerja (~ masu) + が早いか (ga hayai ka)
が早いか (ga hayai ka) menunjukkan bahwa tindakan dilakukan segera setelah situasi tertentu.

Contoh Penggunaan が早いか (ga hayai ka) Dalam Kalimat

Beberapa contoh kalimat yang menggunakan kata が早いか (ga hayai ka) adalah:

電話をかけたが早いか、彼が来た。
Denwa o kaketa ga hayai ka, kare ga kita.
Segera setelah saya menelepon, dia datang.

ご飯を作ったが早いか、子供たちがテーブルに集まった。
Gohan o tsukutta ga hayai ka, kodomotachi ga tēburu ni atsumatta.
Segera setelah saya memasak nasi, anak-anak berkumpul di meja.

彼女が出かけたが早いか、雨が降り始めた。
Kanojo ga dekaketa ga hayai ka, ame ga furi hajimeta.
Segera setelah dia pergi, hujan mulai turun.

宿題を終えたが早いか、友達からメッセージが来た。
Shukudai o oeta ga hayai ka, tomodachi kara messēji ga kita.
Segera setelah saya menyelesaikan PR, pesan dari teman datang.

仕事を始めたが早いか、クライアントから電話があった。
Shigoto o hajimeta ga hayai ka, kuraianto kara denwa ga atta.
Segera setelah saya mulai bekerja, ada telepon dari klien.

家を出たが早いか、バスが到着した。
Ie o deta ga hayai ka, basu ga tōchaku shita.
Segera setelah saya keluar dari rumah, bus tiba.

試験を受けたが早いか、結果が出た。
Shiken o uketa ga hayai ka, kekka ga deta.
Segera setelah saya mengikuti ujian, hasilnya keluar.

本を読み終えたが早いか、友達が遊びに来た。
Hon o yomi oeta ga hayai ka, tomodachi ga asobi ni kita.
Segera setelah saya selesai membaca buku, teman datang bermain.

映画を見始めたが早いか、隣の人が寝てしまった。
Eiga o mihajimeta ga hayai ka, tonari no hito ga nete shimatta.
Segera setelah saya mulai menonton film, orang di sebelah saya tertidur.

外に出たが早いか、雪が降り始めた。
Soto ni deta ga hayai ka, yuki ga furi hajimeta.
Segera setelah saya keluar, salju mulai turun.

歌い始めたが早いか、観客が拍手した。
Utai hajimeta ga hayai ka, kankyaku ga hakushu shita.
Segera setelah saya mulai bernyanyi, penonton bertepuk tangan.

仕事を終えたが早いか、友達に会った。
Shigoto o oeta ga hayai ka, tomodachi ni atta.
Segera setelah saya menyelesaikan pekerjaan, saya bertemu teman.

彼が到着したが早いか、パーティーが始まった。
Kare ga tōchaku shita ga hayai ka, pātī ga hajimatta.
Segera setelah dia tiba, pesta dimulai.

新しいゲームを始めたが早いか、友達が参加した。
Atarashii gēmu o hajimeta ga hayai ka, tomodachi ga sanka shita.
Segera setelah saya mulai permainan baru, teman ikut bergabung.

仕事を片付けたが早いか、休憩をとった。
Shigoto o katazuketa ga hayai ka, kyūkei o totta.
Segera setelah saya menyelesaikan pekerjaan, saya istirahat.