Cara Penggunaan Kata だの~だの (dano~dano) Dalam Bahasa Jepang

Table of Contents

Kata だの~だの (dano~dano) digunakan untuk menyatakan berbagai contoh atau daftar, dengan arti dan, dan yang lain, atau seperti. Pola ini sering digunakan untuk menunjukkan bahwa ada banyak hal yang relevan dalam konteks tertentu.

Pola Penggunaan Kata だの~だの (dano~dano)

Berikut ini adalah pola penggunaan kata だの~だの (dano~dano):

[Kata benda/Frasa] + だの (dano) + [Kata benda/Frasa] + だの (dano)

だの~だの (dano~dano) digunakan untuk menyebutkan beberapa contoh atau hal yang relevan.

Contoh Penggunaan Kata だの~だの (dano~dano) Dalam Kalimat

Berikut ini beberapa contoh penggunaan kata だの~だの (dano~dano) dalam kalimat:

映画だの音楽だのが好きです。
Eiga dano ongaku dano ga suki desu.
Saya suka film dan musik, dan sejenisnya.

スポーツだの勉強だの、どれも大事です。
Supōtsu dano benkyō dano, dore mo daiji desu.
Olahraga, belajar, dan sebagainya, semuanya penting.

旅行だの食べ物だのが楽しみです。
Ryokō dano tabemono dano ga tanoshimi desu.
Saya menantikan perjalanan dan makanan, dan yang lainnya.

本だの雑誌だのを読むのが好きです。
Hon dano zasshi dano o yomu no ga suki desu.
Saya suka membaca buku dan majalah, dan lain-lain.

友達だの家族だのと過ごす時間が大切です。
Tomodachi dano kazoku dano to sugosu jikan ga taisetsu desu.
Waktu yang dihabiskan bersama teman dan keluarga sangat berharga.

写真だの絵だのを見て楽しむ。
Shashin dano e dano o mite tanoshimu.
Saya menikmati melihat foto dan lukisan, dan sejenisnya.

お菓子だのケーキだのを作るのが好きです。
Okashi dano kēki dano o tsukuru no ga suki desu.
Saya suka membuat kue dan makanan manis, dan yang lain.

勉強だのアルバイトだの、どちらも忙しいです。
Benkyō dano arubaito dano, dochira mo isogashii desu.
Belajar dan pekerjaan paruh waktu, keduanya membuatku sibuk.

音楽だのダンスだのを楽しむ。
Ongaku dano dansu dano o tanoshimu.
Saya menikmati musik dan menari, dan sebagainya.

料理だのお菓子だのを作るのが楽しい。
Ryōri dano okashi dano o tsukuru no ga tanoshii.
Menyiapkan masakan dan makanan penutup sangat menyenangkan.

カメラだのスマホだので写真を撮る。
Kamera dano sumaho dano de shashin o toru.
Saya mengambil foto dengan kamera dan smartphone, dan lainnya.

ゲームだの映画だのを楽しむのが好きです。
Gēmu dano eiga dano o tanoshimu no ga suki desu.
Saya suka menikmati permainan dan film, dan sejenisnya.

イベントだのパーティーだのに参加するのが好き。
Ibento dano pātī dano ni sanka suru no ga suki.
Saya suka ikut serta dalam acara dan pesta, dan lain-lain.

旅行だのアウトドアだのが楽しみです。
Ryokō dano autodoa dano ga tanoshimi desu.
Saya menantikan perjalanan dan aktivitas luar ruangan, dan sebagainya.

クラブだのサークルだので友達が増えた。
Kurabu dano sākurudano de tomodachi ga fueta.
Saya mendapat lebih banyak teman melalui klub dan lingkaran, dan lain-lain.