Yang Material Plastik Yang Bagus PE, PP, atau HDPE

Table of Contents

Hi sobat segalaserbaserbi, apakah Anda pernah mendengar tentang material plastik HDPE. Yup ini dapat Anda temukan di meja atau kursi. Kebanyakan orang-orang yang menggunakan bahan material plastik ini, karena perawatannya yang cenderung lebih mudah, selain itu kualitas dari bahannya juga sangat kokoh dan tidak cepat rusak dibangingkan material kayu atau serbuk.

Meja dan kursi dari material plastik ini, biasanya sangat ramah lingkunga, bahkan Anda tidak perlu kahwatir tentang tempat penyimpanannya. Karena bahan plastik ini biasanya dapat dilipat dan disimpan pada celah-celah antar lemari. Sangat praktis bukan?

Meskipun sangat praktis, Anda mesti tahu membedakan yang mana kualitas yang sesuai, karena penggunaan bahan plastik untuk meja dan kursi ini tidak semua menggunakan bahan yang kokoh. Untuk itu disini saya akan memberikan penjelasan antara beberapa bahan plastik yang sering digunakan dan yang mana memiliki ketahanan yang terbaik. yuk simak artikel saya dibawah ini.


Perbedaan Plastik PP dan PE

Pertama-tama saya akan membedakan perbedaan bahan plastik PP dan PE. Plastik PE (Polyethylene) dan PP (Polypropylene) adalah dua jenis plastik yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Keduanya merupakan plastik dengan fungsi dan kualitas yang bagus. Meski begitu, dalam hal penerapan Anda harus tahu perbedaan antara keduanya, agar sesuai dengan kebutuhan Anda.

PE atau (Polyethylene) merupakan material plastik yang memiliki sifat elastis. PE memiliki ketahanan suhu panas hingga maksimum 80 derajat celcius, dengan material yang lebih murah dari PP, PE sering digunakan untuk membuat produk yang perlu fleksibilitas dan ketahanan terhadap tekanan. Contoh penearapan plastik PE adalah pada pipa air, kantong plastik, dan tutup botol.

Berbeda dengan PE, PP (Polypropylene) memiliki bahan yang lebih kaku dan tahan banting. PP memiliki ketahanan suhu yang lebih tinggi, yaitu mencapai 100 derajat celcius, sehingga menjadikan material ini lebih unggul. Umumnya, material PP sering kita temukan pada botol deterjen, wadah makanan, dan peralatan medis. PP juga menjadi pilihan yang lebih baik untuk membuat produk yang membutuhkan transparansi seperti botol minuman dan kosmetik. Disamping itu, PP lebih mudah didaur ulang dibandingkan dengan PE.


Perbedaan Plastik PP dan HDPE

Apakah bahan plastik HDPE (high density polyethylene) sama dengan PP (polypropylene)?

Tentu saja jawabannya adalah Tidak. Yang membedakan PP dan HDPE terletak pada kepadatannya, suhu, dan ketahanannya terhadap UV. PP memiliki densitas yang lebih rendah dibanding HDPE. Oleh karena itu, penerapan HDPE lebih sering kita temukan pada cetakan dengan bobot lebih rendah. PP dan HDPE, sama-sama memberikan ketahanan kimia dan ketahanan UV yang dapat dikatakan baik. Meski begitu, PP masih membutuhkan stabilisasi melalui aditif. Oleh sebab itu, HDPE lebih disukai di banyak industri, karena ketahanannya yang lebih baik terhadap UV dibandingkan PP, yang merupakan karakteristik utamanya.


Bagaimana membedakan antara plastik HDPE dan PP

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, HDPE dan PP memiliki banyak kesamaan, seperti kepadatan, kontrol suhu, ketahanan UV, dan lainnya. Nah, yang bikin bingung untuk membedakan kedua bahan tersebut adalah saat pengadaan bahan untuk manufaktur atau proyek tertentu. Anda dapat membedakan HDPE dan PP secara mudah, dikarenakan hasil akhir dari kedua bahan tersebut sangat mencolok perbedaannya. PP merupakan bahan resin termoplastik yang merupakan campuran dari etena dan propena, sehingga bahan ini lebih fleksibel dan densitasnya lebih rendah dari pada HDPE. HDPE biasanya kita temukan berwarna putih susu atau putih bersih.


plastic

Manfaat plastik HDPE

HDPE dikenal sebagai bahan plastik serbaguna yang memiliki ketahanan yang unggul pada daya tahan dan kekuatan bahannya. HDPE bisa menjadi pilihan yang sangat sesuai untuk bahan plastik dengan kekuatan besar yang dapat menahan berbagai faktor tekanan yang berbeda. Sebab, HDPE ini dapat dibuat kaku dan fleksibel. HDPE juga menjadi pilihan yang sesuai, karena ketahanannya terhadap jamur, lumut, dan korosi. Saat ini, penerapan HDPE banyak digunakan untuk aplikasi sanitasi, dan untuk penggunaan konstruksi. HDPE terkenal sebab dapat mempertahankan bobot idealnya dibandingkan dengan jenis plastik lain, selain itu sifatnya yang lebih stabil, padat, dan keras.

Saat ini penerapan penggunaan HDPE banyak kita temukan pada pembuatan meja, seperti Meja dari Ace Informa berupa meja taman dan meja lipat. Hal ini tidak diherankan karena ketahanan bahan yang bagus dan daya tahan bobot yang kuat.


Manfaat plastik PP

PP merupakan bahan plastik yang sangat cocok untuk pembuatan mesin injeksi. PP sering kita temukan dalam bermacam-macam hal, mulai dari cetakan injeksi bahan bakar, suku cadang otomotif, tali, karpet, dan beberapa jenis pakaian. Bahan plastik PP merupakan bahan komersial dengan harga terjangkau. Keunggulan dari bahan ini teletak pada daya tahannya terhadap bahan kimia, seperti basa dan asam. Selain itu, plastik PP juga lebih ringan dibandingkan jenis plastik lainnya.