Mengenang sosok bernama Søren Peter Lauritz Sørensen dan Dampaknya Bagi Bidang ilmu Kimia

Table of Contents
Mengenang sosok bernama Søren Peter Lauritz Sørensen dan Dampaknya Bagi Bidang ilmu Kimia

Siapakah Søren Peter Lauritz Sørensen

Almarhum Søren Peter Lauritz Sørensen adalah seorang kimiawan asal Denmark. S.P.L. Sørensen lahir pada tangal 9 Januari 1868 dan meninggal pada 12 Februari 1939. S.P.L. Sørensen lahir dikenal karena jasanya yang menemukan konsep pH atau lebih dikenal sebagai derajat keasaman. Penemuan Bapak Sørensen sangat berperan penting saat ini, khususnya untuk menentukan asam dan basanya suatu unsur atau senyawa kimia.

Bapak Sorensen

Bapak Sørensen memperkenalkan bahwa pentingnya konsentrasi ion hidrogen pada suatu senyawa, sehingga Dia menciptakan konsep skala pH sebagai alat ukur saat itu. Pertama kali Bapak Sørensen memperkenalkan notasi skala pH adalah dengan menggunakan 2 metode pengukuran keasaman. Metode pertama berdasarkan reaksi elektrode yang dihasilkan pada suatu senyawa. Sedangkan metode kedua menggunakan perbandingan warna sampel dan serangkaian indikator yang digunakan sebelumnya.

ph

Apakah pH itu

pH atau potential of hydrogen adalah satuan ukur tingkat konsentrasi ion hidrogen dalam sebuah larutan. Salah satu alat peraga yang biasanya kita temukan disekolah untuk mengukur kadar asam basah atau pH adalah menggunakan kertas lakmus. Skalanya pengukuran nilai pH dimulai dari 1 sampai 14 dengan batas netral berada di angka 7.


kertas lakmus

Suatu larutan dikatakan sebagai larutan asam, jika indikator nilai pH-nya berada di bawah angka 7 dan sering kita sebut sebagai larutan basa. Jika nilai indikator larutan pH-nya berada pada angka 7, maka itu disebut sebagai larutan netral. Dan apabila nilai indikator pH-nya berada di atas angka 7 maka disebut sebagai larutan asam. Lalu bagaimana dengan larutan yang nilai indikator pHnya berada dibawah angka satu atau diatas angka empat belas?

Untuk larutan yang memiliki kadar pH kurang dari 1 atau lebih dari 14, disebut sebagai larutan superasam atau superbasa. Untuk dapat mengukur kadar larutan asam atau basa, Anda dapat menggunakan alat peraga berupa kertas pH atau kertas lakmus. Jadi apakah Anda sudah mengetahui peranan dari Bapak S.P.L. Sørensen.