Benarkah Harga Rumah Dapat Jatuh Akibat Banjir

Table of Contents

Saat ini tingkat peminatan properti terus meningkat dengan beberapa program baru yang digodong pemerintah seperti memberikan DP nol rupiah. Tidak heran jika sekarang ini sangat tingkat peminatan properti sangat tinggi. Beberapa orang menjadikan resiko banjir dapat menurunkan harga jual atau beli dari rumah tersebut, namun benarkah demikian. Kali ini segalaserbaserbi akan membahas tentang hal ini.

Rumah bajir sering terjadi saat musim hujan tiba, khususnya akhir tahun seperti sekarang ini, sangat sering terjadi banjir. Jika kalian adalah salah satu yang berniat menjual rumah saat ini, maka sangat penting untuk kalian melihat harga properti dengan memperimbangkan kondisi tersebut. Khususnya curah hujan yang tinggi dapat menyebabkan hal-hal yang tidak kita inginkan.

Ada banyak resiko yang dapat terjadi saat terjadinya banjir seperti, tembok menjadi rusak, kecoa keluar dari lubang pembuangan air, ular dapat masuk ke dalam rumah, dan masih banyak lagi. Untuk menghindari risiko kalian dapat membeli produk Asuransi

Salah satu pengalaman terjadi banjir yang saat ini paling sering kita temukan adalah di kawasan Jakarta. Resiko banjir masuk dalam kategori kewaspadaan yang perlu diperhatikan. Oleh karena itu harga beberapa perumahan di Jakarta bisa terpengeruhi secara langsung pada resiko ini.


Rumah Sering Banjir, Apa Pengaruhnya Dengan Harga Properti ?

Yang pertama kalian perlu tahu adalah bahwa rumah yang sering terjadi banjir dapat mempengaruhi nilai dari properti tersebut. Saat ini tidak heran jika banyak konsumen yang sangat selektif untuk membeli properti. Khususnya di kawasan yang sering terjadinya banjir. Meski begitu, biasanya nilai properti dapat naik kembali setelah melewati musim hujan.

Risiko-risiko seperti banjir yang merupakan peristiwa alam sangat sulit untuk kita hindari, dengan membuat kawasan perumahan menjadi lebih tinggi dapat mencegah atau mengurangi dampak dari banjir. Meski begitu dalam beberapa kasus air tetap dapat naik, khususnya jika saluran pembuangan limbah disekitar kawasan kalian tersumbat atau jarang dibersihkan.

Kebanyakan konsumen pada masa banjir akan sulit melakukan survey untuk menemukan hunian yang mereka inginkan. Oleh karena itu penjualan properi disaat kondisi cuaca yang kurang menentu dapat mempengaruhi harga jual atau beli hunian tersebut.

Jadi risiko banjir memang dapat mempengaruhi harga jual atau beli properti, namun hal ini hanya belangsung sementara saja, karena risiko banjir merupakan risiko yang tidak dapat kita hindarkan. Khususnya, di kawasan ibu kota, dimana konsumen sangat teliti dalam mengambik keputusan untuk membeli hunian.


Perimbangan Dalam Membeli Rumah atau Hunian

Jika kalian berniat untuk membeli rumah atau hunian, jangan terlalu menitikberatkan kekahwatiran kalian pada risiko terjadinya banjir ini. Karena risiko ini masih dapat kalian hindari atau minimalisir. Selain itu untuk lokasi hunian yang strategis dari tahun ke tahun, sering sekali tetap memiliki peminat yang banyak.

Lokasi yang strategis dapat menjadi alasan bagi suatu properti untuk tetap diminati, selain itu lokasi yang strategis ini tidak akan berdampak buruk untuk jangka waktu yang lama selain itu kebutuhan properti atau memiliki hunian akan terus meningkat sepanjang waktu.