Cara Menggunakan Aplikasi Task Scheduler Windows
Sebelumnya telah dijelaskan fungsi dari task scheduler. Kali ini kita akan belajar cara menggunakan task scheduler ini.
Untuk menggunakan aplikasi task scheduler, pertama-tama kita perlu membuka program task scheduler terlebih dahulu. Untuk membuka aplikasi task scheduler dapat dilakukan dengan cara berikut ini.
- Pada windows 7 kebawah, klik Start Menu, pilih All Programs, pilih Accessories, pilih System tools dan terakhir Task Scheduler. Pada windows 8/10 klik menu start lalu cari Windows Administratives Tool dan pilih Task Scheduler
- Klik start menu, pada text box search program, ketik kata kunci taskschd, maka program task sheduler akan ditampilkan
Komponen Pada Task Scheduler
Dalam jendela task scheduler Windows, kita dapat melihat terdapat tiga panel, diantaranya adalah sebagai berikut:- Task Scheduler Library
Task Scheduler Library berisi fitur yang membantu pengguna untuk melakukan navigasi diantara semua tugas yang ada. - Task Scheduler Summary
Task Scheduler Summary, merupakan bagian pada task scheduler yang memperlihatkan informasi tentang tugas-tugas penting yang sudah dibuat. - Actions
Actions berfungsi untuk membuat, menghapus, mengimport tugas, menjalankan mengaktifkan dan menon-aktifkan tugas dan mengatur beberapa propertis untuk tugas yang spesifik.
Ada juga menu Task Status, yang berisi penjelasan daftar semua tugas-tugas yang telah dimulai pada periode waktu tertentu dan statusnya.
Kalian dapat mengklik pada kotak drop-down dari sisi kanan panel untuk memilih jangka waktu: 'jam terakhir', 'terakhir 24 jam', '7 hari terakhir' atau '30 hari terakhir. Nilai default adalah '24 jam terakhir'.
Panel active task menjelaskan tentang daftar tugas yang sedang diaktifkan atau masih berjalan dan belum berakhir.
Untuk setiap tugas, kalian dapat melihat Task Name, Next Run Time yang ditentukan berdasarkan tanggal dan waktu, trigger dan lokasi filnya. Aksi Klik pada tombol Refresh di bagian bawah layar digunakan untuk memperbarui Task Scheduler Summary.